jalan kaki

Sudah tidak heran lagi jika melihat orang-orang Jepang melakukan aktifitas dengan berjalan kaki seharian bukan! Jalan kaki kini menjadi sebuah budaya di negara Jepang pada saat ini maka tidak heran lagi kalau negara Jepang mempunyai udara yang sangat bersih dan segar tanpa polusi udara yang membuat bernafas pun susah.

Nakama pongo kalau mau pergi ke suatu tempat atau belanja ke warung terdekat naik kendaraan atau berjalan kaki ? Biasanya orang Indonesia sebagian besar walaupun cuman jalan sampai depan gang rumah saja naik kendaraan bukan . Bahkan anak zaman sekarang baru duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) sudah bisa mengendarai sepeda motor . Ngeri-ngeri sedap ngeliatnya dan bikin geleng-geleng kepala ngeliatnya . Kadang terlintas di pikiran saya “kenapa ya orangtuanya mengizinkan anak masih kecil mengendarai kendaraan sendiri seperti itu ? Memang orang tua nya kemana ya ? ” tetapi saya tetap berfikiran positif “oh mungkin orang tua nya sibuk jadi tidak bisa mengantar anaknya kerumah temannya “.

 

Suatu hari keluarga saya dari Jepang ke Indonesia untuk liburan beberapa hari , kami melihat anak kecil mengendarai sepeda motor dengan kecepatan lumayan , tidak sengaja keluarga saya nyeletuk dengan keheranan “ee… anak kecil disini naik sepeda motor ? memang dibolehkan ? ” kemudian saya pun menjawab “sebenarnya tidak boleh karena masih kecil , tetapi di Indonesia sudah banyak anak kecil yang mengendarai kendaraan sendiri di jalan raya ” berkomentar lagi ” mereka sudah punya SIM ? ” tanya karena saking herannya ya ! “belum boleh punya SIM karena masih belum umur ” menjawab sambil tersenyum

Wajar ya karena di negara sakura semua aturan yang dibuat itu selalu dipatuhi oleh warga nya jadi tidak ada yang berani melanggar peraturan yang sudah dibuat . Orang Jepang juga lebih banyak melakukan rutinitas dengan berjalan kaki, Jadi melihat orang yang hanya pergi di dekat rumahnya menggunakan kendaraan itu , orang Jepang sambil tersenyum geleng-geleng kepala heran .
Jika orang Indonesia pertama kali pergi ke Jepang maka akan heran melihat orang Jepang yang banyak berjalan kaki dan bersepeda , selain itu nakama pongo juga akan diperlihatkan dengan orang-orang Jepang yang wara wiri dengan cepat dan terlihat sangat sibuk.

 

Kadang saya pun berfikir kenapa ya orang Jepang senang berjalan kaki walaupun lumayan perjalanannya agak jauh , tapi mereka selalu semangat berjalan kaki dengan cepat . Ternyata jawabannya karena berjalan kaki itu sekalian olahraga bisa jaga kesehatan juga . Tapi benar juga ya sambil olah raga . Tetapi kalau di Indonesia kita pergi ke kantor masing-masing dengan berjalan kaki itu pasti warga Indonesia terheran-heran dan banyak yang kasian sampai menawarkan tumpangan .

Kalau di kantor bisa mandi setelah berjalan kaki jauh , keringetan terus mandi dulu di kantor baru bekerja mungkin akan enak ya! Sepertinya enak kehidupan seperti itu tetapi budaya jalan kaki di Indonesia terkesan aneh maka itu tidak ada orang Indonesia berjalan kaki seperti di negara Jepang.

 

Orang Jepang Hobi Jalan Kaki

Pada dasarnya aktifitas jalan kaki merupakan hobi dari orang Jepang , kemudian lama kelamaan menjadi suatu kebiasaan sehari-hari dan pada akhirnya sampai saat ini menjadi suatu kebudayaan orang Jepang itu tersendiri .

Di Jepang juga ada siaran jalan-jalan , namun dalam siaran tersebut ada artis yang melakukan perjalanan tapi benaran jalan kaki ya bukan sekedar istilah saja lho! Jadi artis ini akan berjalan mencari halte bus , naik bus kemudian berjalan kaki lagi mencari stasiun untuk naik kereta sampai akhirnya di perjalanan bertemu dengan warung atau restoran yang unik kemudian mereka mampir untuk makan dan menjelaskan tentang restoran itu . Selain itu selama perjalanan mereka menjelaskan tempat-tempat yang mereka lewati sepanjang perjalanan.

Melihat siaran itu benar-benar membuat bahwa jalan kaki itu sangat menyenangkan , bisa menikmati pemandangan yang dilewati sepanjang jalan . Selain itu juga bisa mengurangi polusi udara jadi udara yang dihirup selalu segar.

 

Orang Jepang melakukan hal ini karena sudah dilatih dari mereka duduk bangku SD , karena saat mereka SD sudah diharuskan pergi ke sekolah dengan berjalan kaki sendiri tanpa kendaraan . Anak-anak biasanya akan jalan bergerombol bersama-sama melewati jalan yang sudah ditentukan oleh sekolahnya sebelumnya anak-anak dibagi dahulu menjadi sebuah kelompok sehingga memudahkan dalam pembagian rute dan pengawasan dari pihak sekolah dan pihak orangtua.

 

Orangtua tidak khawatir saat anak mereka pergi ke sekolah sendiri karena setiap anak sudah dibekali dengan alarm yang mirip dengan HP yang digantungkan di leher anak itu , jika terjadi sesuatu dengan anak tersebut maka alarm tersebut akan berbunyi seperti mobil ambulance yang sangat keran . Alarm itu akan terhubung dengan pihak keluarga secara otomatis . Keren bukan!

 

Berjalan kaki bukan merupakan Big Deal lagi bagi masyarakat Jepang . Bahkan di Jepang tidak pernah ada yang menempelkan pamflet di jalan-jalan bahwa jalan kaki itu akan membuat badan kalian sehat namun jalan kaki memang benar-benar sudah menjadi suatu budaya di Jepang.

 

Coba nakama pongo perhatikan kalau pergi ke stasiun kereta api, disana terdapat tangga dan eskalator bisa nakama hitung yang mana lebih banyak digunakan orang eskelator atau tangga ? pasti sama rata banyaknya pejalan kaki yang menggunakan eskalator dan tangga . Orang Jepang menaiki tangga dan eskalator dengan sangat cepat , walaupun menaiki eskalator tetapi mereka juga berjalan cepat saat di eskalator . Jadi jika ke Jepang saat nakama pongo naik eskalator jangan ditutupi semua jalan di eskalator ya , tetapi nakama pongo harus tetap berdiri disebelah kiri karena sebelah kanan itu digunakan bagi orang yang mau berjalan cepat saat di eskalator.

Negara Jepang pun sekarang dinobatkan dengan negara jalan tercepat . Nakama pongo pernah tidak berfikir kenapa Jepang memiliki tradisi jalan kaki cepat ? Mau tahu kenapa ? berikut akan dipaparkan alasan Jepan memiliki jalan kaki tercepat .

 

Menghargai Waktu

waktu
Orang Jepang terkenal dengan menghargai waktu seperti pepatah “waktu adalah uang” hal itu terlihat dari orang Jepang melakukan segala aktifitas dengan sigap dan cepat . Alasan untuk tidak mau terlambat membuat orang Jepang terbiasa berjalan dengan cepat dan membuat mereka terbiasa tidak mau menyia-nyiakan waktu saat melakukan kegiatan.

 

Memiliki Kegiatan Lain Yang Harus Segera Di Selesaikan

Orang Jepang terkesan sangat sibuk dalam satu harinya baik bekerja maupun melakukan berbagai aktifitas lainnya. Jadi orang Jepang setelah melakukan dan menyelesaikan satu pekerjaan maka dia akan melakukan pekerjaan yang lainnya . Orang Jepang itu sebenarnya tidak bisa diam tenang setelah pekerjaan yang satu selesai . Tidak heran kalau orang Jepang terkenal sebagai gila kerja.

 

Tidak Ingin Ketinggalan Kereta

Kereta api
Orang Jepang setiap beraktifitas menggunakan kereta setiap harinya , jadi mereka harus segera sampai stasiun sebelum kereta datang , karena saat masuk ke stasiun mereka akan menaiki eskalator atau tangga jadi lumayan memakan waktu . Maka dari itu orang Jepang selalu berjalan dengan cepat dan terkesan sangat sibuk.

Maka jika nakama pongo berjalan di eskalator atau tangga dengan pelan-pelan lebih baik berjalan di sebelah kiri dan menyisakan jalan di kanan kalian untuk orang-orang yang berjalan dengan cepat.

 

Sulit Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM)

surat izin mengemudi di Jepang
Cara membuat surat izin mengemudi di Jepang dengan di Indonesia sangat susah , jadi tidak banyak orang Jepang mempunyai waktu luang untuk membuat surat izin mengemudi di Jepang . Maka dari itu masyarakat Jepang lebih memilih berjalan kaki .

 

Badan Tetap Hangat

saat musim dingin atau musim salju aktifitas berjalan kaki masyarakat di Jepang itu sangat bermanfaat karena dengan berjalan kaki kita bisa sambil menghangatkan badan . Selain itu sambil berjalan kaki juga bisa menikmati udara yang bersih , segar dan memperhatikan lingkungan sepanjang perjalanan.

 

Begitulah keseharian orang Jepang selain bersepeda mereka juga melakukan aktifitas berjalan kaki karena orang Jepang merasa lebih praktis dan lebih cepat karena tidak menunggu bus , tidak mengalami kemacetan dan juga tidak mesti bingung mencari tempat parkir jika akan berhenti di suatu tempat belanja.

 

Nah bagaimana nakama pongo setelah mengetahui alasan orang Jepang berjalan kaki . Nakama pongo mau mempraktekkan langsung atau mau mencoba beraktifitas dengan berjalan kaki di Indonesia ? itu semua pilihan nakama pongo ya! Namun dari artikel yang dipaparkan diatas kita mendapatkan suatu ilmu baru tentang kesehatan dan pengurangan polusi . Semoga bermanfaat ya artikel ini , namun selain itu bisa baca artikel tentang budaya orang Jepang yang selalu dilakukan di pagi hari dalam link berikut dan juga bisa baca artikel tentang budaya masyarakat Jepang pada link wikipedia berikut

Kosa Kata Penting Dalam Bahasa Jepang
Upacara Kedewasaan Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *