Nakama pongo hari ini kita akan membahas terkait kebiasaan orang Jepang saat baru bangun pagi yang sangat unik. Sebelumnya mau tanya nih! Kalau nakama pongo baru bangun tidur di pagi hari apa yang dilakukan? Apa langsung cek status sosial media orang di handphone kalian atau buat status di sosial media atau kalian langsung mandi dan bersiap beraktifitas nih! Jawaban kalian pasti bermacam-macam, tapi yang pasti kalian akan ke toilet terlebih dahulu saat baru bangun bukan!

Negara sakura Jepang sebagian besar baru bangun pagi memiliki kebiasaan unik lho yang mungkin jarang dilakukan oleh warga negara Indonesia. Saat mengetahui hal unik yang dilakukan masyarakat Jepang, nakama pongo akan heran pada mereka, tapi hal yang dilakukan sangat bermanfaat. Agar lebih jelas lagi berikut akan dipaparkan kegiatan masyarakat Jepang di pagi hari saat baru bangun tidur.

 

Kebiasaan Orang Jepang Saat Baru Bangun Pagi


Kebiasaan orang Jepang awal saat baru membuka matanya itu yaitu pasti menuju ke toilet sama seperti warga Indonesia dan meminum air putih, namun setelah itu kebiasaan yang warga Indonesia jarang lakukan dalam kegiatan sehari-hari yang wajib dilakukan oleh warga Jepang. Berikut akan dipaparkan beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh warga Jepang.

 

Kebiasaan Baru Bangun Pagi Melihat Handphone


Kebiasaan ini mungkin sama dengan warga Indonesia, yaitu pertama orang Jepang akan melihat handphone mereka dahulu. Namun berbeda tujuan untuk melihat handphone ya! Jika warga Indonesia melihat handphone itu untuk melihat status orang lain pada pagi ini, atau melihat gosip apa yang terdapat pada sosial media agar tidak tertinggal bukan. Lain halnya dengan warga Jepang, mereka melihat handphone bertujuan untuk mengetahui informasi jam keberangkatan kereta dari jam berapa sampai jam berapa menuju tempat yang akan dituju hari ini. Jadi orang Jepang sudah mempunyai jadwal kegiatan selama 1 bulan, maka jika nakama pongo akan membuat janji dengan orang Jepang harus dari minimal 1 bulan sebelumnya agar tidak terlambat membuat janji dan jangan sampai di langgar ya karena terkesan tidak sopan dan membuat orang itu membuang waktunya. Misalnya mereka akan pergi ke wilayah A hari ini, maka saat bangun tidur mereka akan membuka handphone mereka untuk mengecek jadwal keberangkatan kereta dari stasiun yang akan dinaiki di titik awal keberangkatan sampai ke tujuan A. Selain itu mereka juga sudah mengecek dari stasiun tujuan lokasi A untuk kembali lagi ke stasiun titik awal mereka naik tadi pagi. Jadi semua sudah ada jadwal dan tidak bisa seketika jadwal. Jangan heran bahwa kadang ada pepatah “waktu adalah uang” ya itu yang dimaksud jadi jangan pernah buang-buang waktu orang lain yang sudah meluangkan waktu untuk bertemu dengan nakama pongo ya!

 

Selai itu juga berguna saat melihat handphone akan diperlihatkan juga jika kereta akan mengalami keterlambatan karena cuaca atau ada orang yang meninggal bunuh diri di rel kereta. Hal seperti ini sudah biasa dilakukan di Jepang bagi orang depresi berat. Walaupun sudah diinformasikan oleh pemerintah agar jangan bunuh diri di rel kereta agar tidak mengganggu fasilitas umum dan memberatkan keluarga yang ditinggalkan, namun masih tetap saja ada orang yang bunuh diri di rel kereta.

Jika bunuh diri di rel kereta pihak keluarga yang ditinggalkan selain sedih kehilangan orang yang mereka sayang, namun juga harus membayar denda dari pemerintah untuk mengganti kerugian negara karena telah mengganggu fasilitas umum. Hal ini seperti pepatah ya “sudah jatuh tertimpa tangga” ya begitulah kira-kira. Maka dari itu banyak orang juga bunuh diri di rel kereta dengan menghilangkan identitas dahulu baru melakukan bunuh diri agar tidak memberatkan pihak keluarga yang ditinggalkan.

 

Kebiasaan Baru Bangun Pagi Menonton Televisi


Mungkin nakama pongo juga ada yang baru bangun sudah menghidupkan televisi untuk melihat acara yang ada di televisi seperti film kartun kesukaan, gosip, drama dan lain-lain. Bahkan pada zaman ini yang semua serba online mungkin akan menonton televisi dengan topik pembelajaran yang sudah di rekomendasi oleh guru di sekolah.

 

Berbeda dengan kebiasaan di Jepang, mereka menghidupkan televisi sebelum melakukan aktifitas diluar rumah untuk mengetahui ramalan cuaca hari ini dan kejahatan apa yang terjadi saat diberitakan kemarin malam jika kemarin malam tidak sempat menonton berita itu. Tujuannya menonton ramalan cuaca pagi hari sebelum beraktifitas agar mereka bisa mempersiapkan diri mereka dari rumah. Misalnya berita cuaca menunjukkan bahwa jam 1 siang nanti dan turun hujan yang sangat deras sampai malam hari, maka warga Jepang akan membawa payung, jas ujan dan memakai sepatu boad saat pergi pagi hari ke kantor. Mungkin kalian akan heran dan akan melihat aneh melihat orang yang berjalan dengan fasion seperti itu pada pagi hari dengan cuaca yang cerah bukan, namun warga Jepang serempak menggunakannya karena ramalan cuaca di Jepang hampir 100 % akan terjadi, jadi walaupun pagi diramalkan cerah, mereka akan memakai boad dan pakaian seperti yang dipakai oleh pembawa berita cuaca tadi pagi.

 

Sambil menonton berita terkait cuaca satu hari ini, warga Jepang juga bisa menentukan model baju seperti apa yang akan dipakai beraktifitas dalam satu hari ini. Jika diramalkan akan panas 30 derajat satu hari ini, maka dari rumah warga Jepang akan menggunakan pakaian yang benar-benar tipis dan adem saat digunakan beraktifitas seharian.

Selain itu ramalan cuaca ini sangat bisa menaikkan omset penjualan bekal atau disebut bentou di Jepang. karena pada saat cuaca yang diramalkan buruk maka orang-orang yang bekerja akan sangat malas untuk mendatangi restoran atau warung-warung makan siang. Mereka akan mencari jalan praktis dengan membeli bentou di store terdekat, bahkan ada juga yang membeli saat perjalanan ke kantor. Orang Jepang terbiasa membeli makanan sendiri saat makan siang, tidak pernah orang Jepang menyuruh office boy membeli makan siang buat mereka sendiri atau pun meminta bantuan dengan teman kantornya walaupun mereka mempunyai jabatan yang tinggi di perusahaan itu.

 

Jika saat menonton televisi pagi yang mengatakan ada kejahatan pada saat malam hari perampokan didaerah B sekitar pukul berapa, maka warga Jepang akan berhati-hati saat akan melewati jalan tersebut dan akan mencari jalan alternatif yang lainnya agar aman dari kejahatan yang terjadi selama mereka melakukan aktifitas. Jadi, di Jepang juga tidak terlalu aman ya, ada beberapa kejahatan hanya saja tidak separah kejahatan yang dilakukan di Indonesia.

 

Selain berita tentang kejahatan yang terjadi semalam di Jepang, televisi juga menyiarkan beberapa tentang  kisah inspiratif yang membuat kita menjadi lebih bersyukur dalam menjalankan aktifitas seharian ini. Contoh berita kisah inspiratif itu seperti misalnya, berita tentang seorang yang menolong orang yang sedang kesusahan, kemudian ada anak-anak sekolah yang menjadi volunter untuk pembersihan lingkungan dan kisah tentang anak-anak SMA yang membudidayakan barang-barang daur ulang menjadi barang-barang yang bisa dimanfaatkan bagi keseharian orang banyak.

 

Berita kisah insiparif ini walaupun tidak dijelaskan secara panjang lebar namun membuat bagi yang menonton merenung dan membuat kita berfikir untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi dan membuat nilai-nilai positif bagi anak-anak. Kisah inspiratif ini juga mengajarkan anak-anak dari usia dini untuk melakukan hal yang baik. Dari berita kisah inspirasi ini juga anak-anak akan belajar untuk melakukan yang baik selama kehidupannya, maka dari itu didikan anak saat TK maupun SD di sekolah itu bukan mereka harus pintar dalam pelajaran di sekolah, namun mereka dididik untuk saling tolong menolong antara sesama, saling menghormati dan menghargai, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan di sekolah, mandiri, jujur dan lain-lain. Maka tidak heran kalau melihat anak masih TK sudah belajar ke sekolah sendiri dan sudah pandai naik kereta sendiri tanpa rasa ragu.

Nakama pongo sampai disana artikel tentang kebiasaan orang Jepang setiap pagi saat baru bangun tidur ya! Selain itu bisa juga baca artikel terkait etika orang Jepang pada situs website wikipedia dan artikel terkait budaya orang Jepang lainnya pada link situs berikut

MAKNA BUDAYA ORIGAMI DI JEPANG
BUDAYA ORANG JEPANG YANG UNIK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *