minuman

Nakama pongo masih ingat kemarin kita membahas artikel tentang apa? Ya benar sekali, kemarin kita membahas artikel tentang makanan dan masakan dalam bahasa Jepang, selain itu juga dibahas sedikit tentang keunikan orang Jepang makan yang banyak orang belum mengetahuinya bukan!. Pada hari ini artikel kita ini akan membahas tentang kosa kata minuman dalam bahasa Jepang, pola kalimat menyatakan keinginan dan tidak lupa juga memberikan contoh percakapan tentang cara menyampaikan keinginan untuk meminum sesuatu kepada orang lain, tujuannya agar nakama pongo lebih mudah memahami cara penggunaan kosa kata minuman tersebut dan memahami cara mengungkapkan keinginan dalam bahasa Jepang. Nakama pongo berapa banyak mengetahui kosa kata tentang minuman dalam bahasa Jepang nih! Mungkin hanya mengetahui yang paling terkenal yaitu minumas khas Jepang Ocha dan sake bukan!

Bahasa Jepang minuman adalah nomimono (飲み物), sedangkan kata kerja untuk minum adalah nomu (飲む). Sebagai contoh, kohii o nomimashou yang artinya mari minum kopi. Partikel o di depan kata kopi merupakan sebagai penanda objek, sedangkan akhiran mashou memiliki arti kalimat ajakan. Kosakata tentang hidangan, baik makanan maupun minuman sangat penting untuk dihafalkan sejak awal belajar bahasa Jepang. Hal itu dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari selalu bertemu dengan yang namanya makan dan minum.

Alasan nakama pongo menghafal kosa kata makanan, masakan dan minuman dalam bahasa Jepang adalah agar nakama pongo saat berkunjung ke Jepang bisa memilih menu dengan benar dan tidak salah pilih, selain itu jika nakama pongo bekerja di Jepang bagian restaurant saat menjadi juru masak maupun menjadi waiter/ waitress di restaurant Jepang agar tidak melakukan kesalahan saat menerima pesanan dari tamu dan tidak mendapatkan komplin dari tamu, karena saat tamu komplin itu bukan komplin secara pribadi namun menggunakan nama perusahaan atau nama restaurant dan hotel yang mereka kunjungi maka itu nakama pongo wajib menghafalkan kosa kata makanan, masakan dan minuman dalam bahasa Jepang secara perlahan tetapi pasti ya!

Melayani tamu

Dari pengalaman saat menjadi waitres di Hakkaido, Sapporo pada awal kerja di suatu restaurant bintang 3 saat menghadle tamu di Jepang ada kesalahan dalam menanggapi dan mengartikan bahasa Jepang tamu saat meminta minuman karena pembelajaran yang didapatkan dari pelatihan di Indonesia ternyata mengajarkan bahasa Jepang daerah Tokyou jadi kosa kata sangat berbeda dengan daerah Sapporo, Hokkaido, namun untung saja tamu tersebut memahami dan memaklumi itu semua selain itu senior disana banyak membantu dalam mengartikan maksud dari pesanan tamu jika kurang memahami.

 

Kosa Kata Minuman Dalam Bahasa Jepang

kosa kata minuman

Daftar nama makanan bahasa Jepang telah dibahas sebelumnya dan berikut merupakan nama aneka minuman di Jepang. Mari simak kosa kata minuman dalam bahasa Jepang dengan baik pada tabel dibawah berikut!

 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
飲み物 = nomimono Minuman
水 = mizu Air
お湯 = oyu Air panas
アイスコーヒー = aisu koohii Es kopi
ホットコーヒー = hotto koohii Kopi panas
お茶 = ocha Teh hijau
紅茶 = koucha Teh merah
牛乳 = gyuunyuu Susu sapi
ココア = kokoa Cokelat
コーラ = koora Coca-cola
アイスクリーム = aisu kuriimu Es krim
ジュース = juusu Jus
オレンジジュース = orenji juusu Jus jeruk
トマトジュース = tomato juusu Jus tomat
りんごジュース = ringo juusu Jus apel
ぶどうジュース = budou juusu Jus anggur
アルコール = arukooru Alkohol
お酒 = osake Sake
ビール = biiru Bir
黒ビール = kuro biiru Bir hitam
缶ビール = kan biiru Bir kaleng
瓶ビール = bin biiru Bir botol
赤ワイン = aka wain Anggur merah
白ワイン = shiro wain Anggur putih
シャンパン = shanpan Sampanye
ブランデー = burandee Brendi
ウィスキー = wisukii Wiski
ジントニック = jintonikku Jin tonikum
カクテル = kakuteru Koktail
ウォッカ = whokka Vodca
Tounyuu Susu kedelai
Tansan inryou Minuman bersoda
Souda/ tansan-sui Minuman soda
Meron souda Soda melon
Remon sukasshu Soda lemon
Sofuto dorinku Minuman ringan

 

Pola Kalimat Ingin Meminum

pola kalimat minum

Berikut akan dijelaskan pola kalimat untuk menanyakan ingin meminum minuman apa.

Pola kalimat 1

 

Nani o Nomimasu + tai = Nani o nomitai desuka

 

Jadi kata nomimasu (minum) jika ingin mengutarakan keinginan untuk meminum kata ~masu dihilangkan “nomimasu “ menjadi “nomi” kata yang dihilangkan digantikan dengan kata “tai”, kemudian dijadikan sesuatu menjadi kata “nomitai” yang memiliki arti ingin minum.

 

Pola kalimat 2

 

Nomimasu + shou = nomimashou

 

Pola kalimat ke-2 ini merupakan pola kalimat untuk menunjukkan kalimat ajakan yang mengharuskan dan tidak bisa ditolak oleh lawan bicara. kata “Nomimasu + shou = nomimashou diartikan “ayo minum” lawan bicara tidak dapat menolak dan harus dilakukan.

Percakapan/ Kaiwa Ingin Meminum

percakapan minuman

Agar lebih jelas dan mudah untuk di pahami, berikut akan dipaparkan dalam bentuk percakapan dalam bahasa Jepang atau di sebut Kaiwa saat mengungkapkan suatu keinginan meminum sesuatu dengan lawan bicaranya. Simak baik-baik percakapan berikut!

 

A: Atsui desu ne (panasa ya)

B: A-san, nani o nomitai desuka. (saudara A, mau minum apa?)

A: meron souda o nomitai desu. (ingin minum soda melon)

B: atama ga ii ne. (ide yang bagus)

Jaa, mimashou (yuk minum)

 

Nah, itulah daftar nama-nama minuman dalam bahasa Jepang beserta artinya masing-masing. Kemudian juga dipaparkan penjelasan tentang pola kalimat untuk mengungkapkan keinginan untuk meminum sesuatu dan dijelaskan juga dalam bentuk kaiwa atau percakapan dengan tema mengungkapkan keinginan meminum sesuatu agar lebih mempermudah memahami cara penggunaan kosa kata dan pola kalimat tentang minuman tersebut, karena anak zaman sekarang lebih mudah mempelajari sesuatu itu melalui beberapa contoh kosa kata, pola kalimat dan percakapan. Kalau nakama pongo sistem belajar yang bagaimana lebih gampang atau mudah untuk memahami suatu materi yang di dapatkan nih! Cara belajar setiap orang agar mampu memahami pelajaran yang didapatkan memang berbeda-beda sesuai mood masing-masing orang dan juga sesuai dengan karakter orang masing-masing juga.

Semoga dapat menambah kosakata dalam belajar bahasa Jepang. Jika belum ada yang disebutkan, nakama pongo bisa melihat lebih lengkap melalui website wikipedia terkait artikel tentang kategori minuman Jepang dan nakama pongo juga bisa melihat artikel lainnya terkait kosa kata makanan dan masakan dalam bahasa Jepang melalui situs website

Semoga artikel edukasi bahasa Jepang diatas bermanfaat bagi nakama pongo terutama pada nakama pongo yang bekerja dibagian restaurant di Jepang, jadi tidak ada kesalah pahaman dalam memahami maksud dan tujuan saat berkomunikasi dengan tamu lagi. Tetap semangat untuk belajar bahasa Jepang ya nakama pongo!

Makanan, Masakan, dan Cara Makan Sehari-Hari Orang Jepang
Macam-Macam Makanan di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *