bahasa Jepang Slank

Bahasa Jepang yang biasa didapatkan di sekolah nakama pongo mungkin bahasa Jepang dalam bentuk “sonkeigo” atau bentuk sopan bahasa Jepang, tidak ada sekolah yang mengajarkan bahasa Jepang slank atau yang biasa nakama pongo ketahui itu bahasa Jepang gaul.

 

Bagi nakama pongo yang baru mendengar bahwa terdapat bahasa Jepang slank, pasti heran bukan, ya bahasa Jepang juga mempunyai bahasa slank atau bahasa Jepang gaul sama dengan bahasa Indonesia ya!

 

Tetapi bahasa Jepang slank atau bahasa Jepang gaul tidak bisa digunakan kepada orang yang lebih besar usianya daripada nakama pongo, orangtua, bahkan orang yang baru nakama pongo kenal ya! Karena itu terkesan tidak sopan.

 

Bahasa Jepang slank atau bahasa Jepang gaul ini biasanya digunakan pada teman sebaya nakama pongo, anak kecil dan kepada orang yang sudah lama kenal dan juga harus akrab dengan orang tersebut ya!

 

Jika nakama pongo menggunakan bahasa Jepang yang formal saat berbincang-bincang dengan teman Jepang yang sudah sangat akrab dengan nakama pongo, maka nakama pongo wajib menggunakan bahasa Jepang gaul atau bahasa Jepang slank agar tidak ditertawakan karena terlalu kaku menggunakan bahasa Jepang.

 

KosaKata Bahasa Jepang Slank

kosakata slank

Berikut akan dipaparkan kosakata bahasa Jepang slank atau bahasa Jepang gaul yang wajib nakama pongo ketahui untuk memudahkan nakama pongo bergaul dengan teman di Jepang dan terkesan tidak terlihat kaku dalam pertemanan.

  1. Ahou

Kata ini berarti “tolol” kosakata ini terkesan sangat tidak sopan jika dikatakan di daerah Tokyou, namun pada daerah Osaka kosakata ini merupakan suatu ledekan atau candaan.

 

  1. Aitsu

Kosakata ini berarti “orang itu” namun kosakata ini sangat kurang sopan. Nakama pongo sering mendengar kosakata itu dalam anime. Nakama pongo mungkin juga pernah mendengar kosakata “koitsu” yang artinya orang ini.

 

  1. Ano

Kosakata ini biasanya digunakan pada saat nakama pongo berfikir sebelum ingin mengatakan sesuatu. Kosakata ini terkesan masih terlihat sopan. Kadang juga digunakan pada saat ingin memulai bertanya dengan orang lain.

 

  1. Are

Kosakata ini berarti “itu” namun saat kaget biasanya orang Jepang mengucapkan kata “are” untuk mengekspresikan kekaguman atau kaget dengan suatu kejadian.

 

  1. Atashi

Kosakata ini sama dengan kosakata “watashi” yang berarti saya. Kosa kata ini sering digunakan pada anime, biasa digunakan kepada orang yang sudah dekat.

 

  1. Baito

Kosakata ini singkatan dari kosakata “arubaito” yang artinya kerja paruh waktu.

 

  1. Baka

Kosakata ini sama dengan kosakata “ahou” yang berarti “tolol”, namun pada daerah kansai ini merupakan suatu penghinaan. Jika sudah akrab sekali biasanya kosakata ini disebutkan pada saat bercanda.

 

  1. Betsu ni

Kosakata ini memiliki arti “ tidak apa-apa” biasanya digunakan saat merespon suatu pertanyaan.

 

  1. Choudai

Kosakata ini biasanya digunakan pada saat meminta tolong dengan teman, misalnya “katte choudai” yang memiliki arti tolong belikan.

 

  1. Chikuso/ kusso

Kosakata ini memiliki arti “sialan” biasanya diungkapkan saat merasakan kekesalan.

 

  1. Chotto ii

Kosakata berikut memiliki arti “boleh saya bicara sebentar?”. Kosakata ini biasanya digunakan saat akan memulai berbicara.

 

  1. Chou

Kosakata ini memiliki arti “ super….” Atau “….banget” contohnya seperti “chou kawaii” yang memiliki arti “imut banget”

 

  1. Chotto matte

gomen

Kosakata ini mungkin sudah banyak nakama pongo mendengarnya baik dalam pelajaran di sekolah maupun di anime bukan. Arti kosakata ini yaitu “tolong tunggu sebentar” biasanya digunakan saat berbicara dengan teman. Jika nakama pongo sebagai seorang karyawan atau staff salah satu hotel, restoran dan tempat wisata lainnya jangan pernah mengatakan kosakata ini terhadap tamu, karena terkesan kurang sopan.

 

  1. Dame

dame

Kosakata ini memiliki arti “payah” namun biasanya juga digunakan saat melarang dengan tegas dengan nada sedikit tinggi “dame” yang memiliki arti “jangan”

 

  1. Etto

Kosakata ini sama dengan kosakata “ano” yang memiliki arti “hmm” saat akan memulai berbicara atau sedang berfikir untuk berbicara selanjutnya.

 

  1. Faito

ganbatte

Kosakata ini biasanya digunakan untuk memberi semangat kepada teman nakama pongo yang sedang berjuang atau melakukan sesuatu dengan berteriak mengucapkan “faito” yang memiliki arti “fight”. Kosakata ini sama dengan kosakata “ganbatte”.

 

  1. Gomen ne

gomen

Kosakata ini juga sering muncul pada anime dan juga nakama pongo mendapatkannya pada saat belajar bahasa Jepang di bangku sekolah. Kosakata ini memiliki arti “ maaf ya”, namun jangan gunakan ini kepada orang lebih tua dan guru.

 

  1. Haraheta

tsuita

Kosakata ini memiliki arti “aku lapar nih” kosakata ini sangat tidak sopan jadi sebaiknya jangan digunakan pada saat berbicara dengan orang yang lebih tua.

 

  1. Hidoi

Kosakata ini memiliki arti “kejam/ jahat/ buruk/ kejam”

 

  1. Hora

Kosakata ini memiliki arti “lihat” jadi biasanya kosakata ini digunakan saat kaget melihat sesuatu atau merasa senang sambil berteriak kosakata “hora” yang artinya “ayo lihat”

 

  1. Iya/ iyada

Kosakata ini memiliki arti “tidak” biasanya digunakan untuk menolak.

 

  1. Jaa ne

Kosakata ini memiliki arti “sampai ketemu lagi” sama dengan kata “bye” biasanya digunakan kepada teman.

 

  1. Kimochi warui

Kosakata ini memiliki arti “perasaan yang sedang tidak enak” biasanya diucapkan pada saat sedang sakit atau bisa juga digunakan pada saat merasa jijik saat melihat sesuatu. Bahasa gaul dari kosakata ini biasa disebut “kimoi”

 

  1. ~kure

Kosakata ini memiliki arti “tolong”. Kosakata ini sama dengan kata “kudasai”. Misalnya “tatte kure” yang memiliki arti “tolong berdiri”

 

  1. Maa ne

Kosakata ini memiliki arti “lumayan” kosakata ini biasa digunakan untuk menjawab suatu pertanyaan yang nakama pongo tidak ingin menjawabnya.

 

  1. Maji de

Kosakata ini memiliki arti “benaran?/ serius?”, kosakata ini merupakan bahasa Jepang gaul dari “honto ni?” biasanya digunakan untuk menanyakan suatu kepastian. Namun jika dirubah menjadi lebih pendek, bisa diucapkan dengan kata “maji?”

 

  1. Mendokusai

Kosakata tersebut memiliki arti “mengganggu saja/ menjengkelkan”

 

  1. Muzui

muzui

Kosakata ini merupakan bahasa Jepang gaul dari kosakata “muzukashi” yang berarti “sulit”

 

  1. Nani utten no?

Kosakata ini merupakan kosakata dialek osaka yang memiliki arti “apa yang kau lakukan?”

 

  1. Omae

Kosakata ini memiliki arti “elu”. Kosakata ini biasanya digunakan oleh laki-laki karena terkesan sangat kasar.

 

  1. Ryoukai

Kosakata ini berarti “mengerti” yang merupakan kata gaul dari “wakarimashita”

 

  1. Shikata ga nai

Kosakata ini memiliki arti “apa boleh buat/ tidak ada pilihan lain” biasanya diucapkan dalam kata “shou ga nai”

 

  1. Shimatta

Kosakata ini memiliki arti “sialan/tidak”

 

  1. Sugee

Kosakata ini memiliki arti “hebat” karena ini merupakan kosakata gaul dari “sugoi”

 

  1. Urusai

Kosakata ini memiliki arti “berisik/ ribut” kosakata yang lebih kasar yaitu “uruse”

 

  1. Uso

Kosakata ini memiliki arti “bohong/ gak mungkin” namun jika menyebutkan pembohong adalah “usotsuki”

 

Sekian beberapa artikel tentang kosakata bahasa Jepang gaul yang wajib tahu, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat nakama pongo dan bisa menambah wawasan tentang bahasa Jepang terutama dalam bahasa Jepang slang atau biasa disebut dengan bahasa Jepang gaul.

 

selain itu agar lebih mengetahui pengetahuan bahasa Jepang lainnya nakama pongo bisa baca lewat website berikut ini terkait dengan bahasa asing dalam bahasa Jepang yang terdapat pada wikipedia selain itu juga bisa baca artikel lainnya tentang percakapan sehari-hari bahasa Jepang melalui website berikut 

 

Alasan Disiplin Waktu di Jepang
Cara Mudah Lulus JLPT N5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *