kosa kata masakan jepang

Siapa yang tak kenal dengan negara Jepang yang terkenal dengan banyak memiliki budaya yang sangat unik, selain memiliki budaya yang unik Jepang juga memiliki banyak makanan yang khas dan unik-unik juga. Jika bicara makanan di negara Jepang ini pasti tidak akan ada habisnya, karena negara sakura Jepang ini juga terkenal dengan kuliner yang luar biasa. Jika berbicara tentang makanan khas Jepang, pasti yang sering muncul di benak kita adalah sushi, sukiyaki, dan tempura. Namun, sebenarnya ada banyak kuliner Jepang lainnya yang juga telah dikenal luas dan mendunia!

Nakama pongo masih ingat dengan artikel sebelumnya tentang kosa kata makanan dan masakan dalam bahasa Jepang, dalam artikel tersebut banyak kosa kata makanan dan masakan dalam bahasa Jepang yang sering nakama pongo temui di restaurant Jepang. Jika nakama pongo ada yang belum pernah baca artikel terkait makanan dan masakan dalam bahasa Jepang, nakama pongo bisa cari artikel tersebut melalui link situs website berikut ini

Makanan Khas Jepang

Nakama pongo sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui lebih dalam makanan Jepang yang terkenal itu apa saja bukan! ayo simak baik-baik ulasan dibawah ini!

  1. Makanan Jepang Sushi

sushi

Sushi adalah hidangan yang menggabungkan nasi cuka dan makanan laut (meskipun kadang-kadang bahan lain juga digunakan). Ada jenis sushi yang difermentasi, yang dikenal sebagai nare-zushi, tetapi jenis sushi yang paling umum adalah nigirizushi dan temakizushi. Bagi nakama pongo yang tidak suka ikan mentah, ada banyak bahan-bahan lainnya yang tersedia, termasuk udang rebus dan belut panggang. Sushi sudah menjadi makanan umum di Jepang sehingga nakama pongo bisa dengan mudah menemukannya di seluruh negeri, tetapi sushi dari restoran di area elite seperti Ginza atau yang dekat dengan pelabuhan, rasanya akan lebih enak. Sebaliknya, apabila mencari sushi yang murah, nakama pongo bisa mengunjungi kaitenzushi, atau rangkaian restoran sushi lainnya untuk menikmati sushi hanya seharga 100 yen per piring.

 

  1. Makanan Jepang Tempura

tempura

Makanan Jepang tempura umumnya menggunakan makanan laut, sayur-sayuran segar dan bahan-bahan lainnya yang kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung dan mentega, lalu digoreng hingga renyah. Nakama pongo bisa menikmati tempura di berbagai jenis restoran, tetapi apabila nakama pongo ingin rasa terbaik, kami merekomendasikan untuk pergi ke restoran spesialis tempura. Di sana, setiap hidangan akan langsung dibawa ke meja nakama pongo begitu selesai dimasak, bahkan jika nakama pongo memesan banyak!

 

  1. Makanan Jepang Sukiyaki

sukiyaki

Makanan Jepang Sukiyaki adalah hidangan daging dan sayur-sayuran yang direbus di panci besi. Bumbunya dikenal dengan nama warishita, terbuat dari kecap asin dan gula. Ada banyak variasi dalam penggunaan bahan-bahan dan cara makan sukiyaki tergantung pada daerahnya. Beberapa daerah ada yang mencampurkan telur kocok ke dalam bumbu untuk membuat rasa yang lebih ringan di mulut. Apabila nakama pongo ingin menikmati banyak daging sapi, inilah hidangan yang tepat!

 

  1. Makanan Jepang Ramen

ramen

Makanan Jepang Ramen adalah hidangan sup mi yang telah berkembang menjadi sangat populer dan dianggap sebagai buah bibir untuk makanan Jepang. Awalnya, kuah ramen dibuat dari tulang ayam, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, daging sapi, daging babi dan makanan laut juga sering digunakan dalam kuahnya, menciptakan cita rasa yang beragam. Selain rasa khas garam, kecap asin dan miso, sekarang nakama pongo bahkan bisa menemukan ramen dengan rasa kari. Ada pula jenis ramen yang menyajikan mi dan kuahnya secara terpisah, dikenal sebagai tsukemen.

 

  1. Makanan Jepang Nasi kare

nasi kare

Nasi kare sebenarnya berasal dari India, tetapi kari yang kita makan di Jepang memiliki cita rasa unik, dan merupakan hidangan lokalisasi menggunakan kari yang dibawa ke Jepang dari UK. Dibuat dengan daging dan sayuran (wortel, kentang, bawang bombay, dan lain-lain.) yang dibumbui dengan bubuk kari, direbus, dan disajikan dengan nasi. Terkadang makanan gorengan, seperti irisan daging babi, diletakkan di atas hidangan. Meskipun ada beberapa restoran spesialis kari, nakama pongo juga bisa menikmati hidangan ini di restoran reguler.

 

  1. Makanan Jepang Tonkatsu

tonkatsu

Makanan Jepang Tonkatsu menggunakan irisan daging babi yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan telur, dilapisi remah roti, kemudian digoreng dengan minyak. Tersedia pula tonkatsu sirloin dan fillet yang harganya lebih mahal. Meskipun rasanya cukup enak di restoran murah, kami sangat merekomendasikan Anda mencoba tonkatsu di restoran spesialis.

 

  1. Makanan Jepang Soba

soba

Makanan Jepang Soba adalah mi yang terbuat dari tepung soba (soba) dimakan dengan bumbu yang dibuat dari kecap asin dan saus gula, serta diberi topping, seperti telur, tempura atau bahan-bahan lainnya. Mi yang Anda beli dari toko mi soba akan terasa enak, tetapi sangat mahal, jadi sebaiknya Anda mencoba soba di standing restaurant (restoran berkonsep makan sambil berdiri). Hidangan dan topping yang berbeda biasanya dipajang di sebuah lemari kaca di luar restoran sehingga Anda akan lebih mudah memutuskan untuk memesan kari yang diinginkan.

 

  1. Makanan Jepang Udon

udon

Makanan Jepang Udon adalah hidangan mi yang dibuat dari adonan tepung gandum, dan dimakan dengan bumbu yang terbuat dari kecap asin dan gula, mirip dengan soba. Anda dapat menikmati udon di standing soba restaurant, tetapi karena tekstur mi (disebut koshi) adalah faktor kunci dari hidangan ini, kami sangat merekomendasikan Anda memakannya di restoran spesialis udon. Ketika musim dingin, mengapa tidak mencoba mi rebus lezat, yang dikenal dengan nabe yaki udon?

 

  1. Makanan Jepang Karaage

karage

Makanan Jepang Karaage adalah ayam yang dibumbui dengan kecap asin, garam dan berbagai rempah-rempah, dibaluri dengan tepung pati, kemudian digoreng sampai renyah. Bisa dibilang karaage adalah ayam goreng versi Jepang, tetapi rasanya sangat berbeda. Ada banyak variasi rasa lokal, contohnya: ayam nanban di Miyazaki, karaage diselimuti dengan saus tartar. Tebasaki di Nagoya, karaage diselimuti dengan saus manis dan pedas. Kami sarankan Anda untuk mencoba beragam rasa karaage!

 

  1. Makanan Jepang Yakitori

yakitori

Makanan Jepang Yakitori merupakan hidangan yang mirip sate ayam Indonesia, dibumbui dengan garam manis atau kecap asin dan saus barbeque. Biasanya Anda bisa menemukan yakitori di restoran atau bar Jepang, disebut izakaya, tetapi kami merekomendasikan nakama pongo untuk memakannya di restoran khusus yakitori agar dapat menikmati bagian daging ayam yang berbeda dengan harga murah (kecuali Anda pergi ke tempat kelas atas, biasanya dihargai cukup mahal). Selain itu, nakama pongo bisa mencicipi sate babi, atau yakiton dalam bahasa Jepang, yang juga lezat!

 

  1. Makanan Jepang Yakiniku

yakiniku

Makanan Jepang Yakiniku adalah hidangan daging sapi yang dicelupkan dalam saus, kemudian langsung dipanggang di atas api. Kesegaran daging akan menjadi kunci kelezatan hidangan ini. Memanggang daging sedikit saja, nakama pongo bisa menikmati rasa lembut dari daging sapi Jepang. Bagian daging yang paling populer adalah sirloin (disebut dengan rosu dalam bahasa Jepang) dan kalbi (daging berbumbu gaya Korea), tetapi di restoran yakiniku, nakama pongo dapat menikmati berbagai jenis daging yang berbeda. Harga daging yang disajikan tergantung dari kualitasnya, jadi apabila nakama pongo ingin mencoba yakiniku sesungguhnya, kami rekomendasikan untuk pergi ke restoran yakiniku kelas atas.

 

  1. Makanan Jepang Sashimi

sashimi

Makanan Jepang sashimi merupakan Hidangan tradisional Jepang yang menyajikan irisan ikan mentah dalam potongan kecil dan disantap dengan kecap asin. Menambahkan bahan seperti wasabi atau jahe, sashimi akan menjadi lebih lezat. Anda dapat menikmati sashimi di luar Jepang, tetapi level kesegaran ikannya tentu berbeda. Apabila Anda ingin mencoba sashimi dengan harga murah, mengapa tidak menyantapnya di restoran di dekat pelabuhan, tetapi jika Anda bersedia untuk mengeluarkan dana ekstra, berkunjunglah ke restoran sushi atau restoran tradisional Jepang – kami jamin Anda tidak akan kecewa! Oh, atau nakama pongo menginap di ryokan, atau penginapan tradisional Jepang? Nakama pongo mungkin bisa menemukan sashimi pada menu makan malam mereka.

 

  1. Makanan Jepang Shabushabu

shabushabu

Makanan Jepang Shabushabu merupakan hidangan daging dan sayur-sayuran yang direbus dengan air berbumbu bersama konbu dan bahan-bahan lainnya. Saus celup khas untuk shabushabu adalah saus ponzu atau wijen. Kunci dari kenikmatan hidangan ini dapat nakama pongo rasakan ketika merendam daging di dalam air rebusan sebelum memakannya. Nakama pongo bisa memesan keduanya, daging sapi dan daging babi, juga memungkinkan pesanan tambahan. Kami yakin Anda juga ingin mencoba daging babi dalam shabushabu. Ada pula yang menambahkan mi udon ke dalam hidangan shabushabu di saat terakhir menyantapnya. Tidak seperti hidangan lain, nakama pongo tidak bisa menemukan shabushabu di restoran yang bukan spesialisnya, meskipun segelintir restoran sukiyaki terkadang menyediakan shabushabu pada menu mereka.

 

  1. Makanan Jepang Gyutanyaki

gyutanki

Makanan Jepang ini berasal dari Sendai, tempat daging lidah sapi (gyutan) dipersiapkan dengan cara khusus untuk melembutkan daging, oleh sebab itulah nakama pongo hanya bisa menemukannya di restoran spesialis daging lidah sapi. Dalam sajian khas, biasanya Anda akan mendapatkan nasi yang dimasak dengan jelai (mugimeshi) dan sup daging sapi bersama potongan lidah sapi. Mugimeshi, umumnya Anda akan disajikan tororo, atau parutan ubi, serta berbagai acar seperti kol putih atau cabai yang disediakan dalam miso. Berbeda dengan lidah sapi yang ada di restoran yakiniku, lidah sapi di restoran khusus gyutan sangat tebal.

 

  1. Makanan Jepang Gyudon

gyudon

Semangkuk nasi diberi topping daging sapi? Tentu lezat! Gyudon, atau semangkuk daging sapi, telah menjadi hidangan populer di seluruh dunia, tetapi gyudon di Jepang mungkin sedikit berbeda dari yang nakama pongo temukan di tempat lain. Sebagai permulaan, kualitas nasinya saja sudah berbeda. Di restoran gyudon Jepang, nasi yang mereka gunakan mungkin tidak terlalu mahal, tetapi daging sapi yang disajikan dengan nasi Jepang benar-benar pasangan serasi. Kami juga merekomendasikan nakama pongo untuk menuangkan telur kocok di atas daging sapi! Rasanya? Silakan nakama pongo coba sendiri!

 

Demikianlah artikel tentang makanan Jepang yang biasa nakam pongo temui, semoga bisa bermanfaat dan nakama pongo tidak salah lagi saat memesan makanan di restaurant Jepang ya! Agar lebih jelas tentang makanan Jepang, nakama pongo juga bisa baca artikel di situs website wikipedia pada link berikut. Selamat mencoba nakama pongo!

 

Mengenal Kosa Kata, Pola Kalimat dan Percakapan Minuman Dalam Bahasa Jepang
Minuman Jepang Non Alkohol Ternyata Ada di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *