kaizen Apa itu Kaizen?, apakah kamu pernah mendengar dengan istilah Kaizen?. Mungkin dianatara kamu ada yang lebih tahu atau pernah mendengar apa itu Kaizen. Kaizen sendiri adalah sebuah istilah yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti perbaikan atau perubahan menjadi yang lebih baik dengan cepat secara terus menerus. Secara terminologi sendiri Kaizen adalah sebuah filosofi dan metode yang bertujuan untuk mencapai perubahan yang lebih baik lagi. Kaizen sendiri secara penerapannya banyak diterapkan dalam budaya berorganisasi dan manajemen pada perusahaan-perusahaan di Jepang. Jadi Kaizen merupakan suatu metode praktis yang fokusnya pada tindakan-tindakan yang mengarah ke perbaikan menuju lebih baik dari sebelumnya dalam menjalankan proses operasional perusahaan baik di bidang development, manufaktur, marketing maupun bidang manajemen. Banyak perusahaan-perusahaan di Jepang yang sudah membuktikan efektifitas Kaizen bagi budaya organisasi di perusahaan. Adapun beberapa yang menjumpai kegagalan dikarenakan perusahaan sendiri yang belum berkomitmen penuh menjadikan Kaizen sebagai landasan strategi perusahaanya. Jadi udah tahu apa itu Kaizen, sekarang mari kita ketahui fakta-fakta menarik mengenai Kaizen yang harus kamu ketahui.
  1. Usaha Untuk Menumbuhkan Rasa Senang Di Setiap Saat
Fakta Kaizen yang pertama ternyata sangat berseberangan dari gambaran dunia kerja yang umumnya kita kenal selama ini yaitu stress, penuh tekanan, dan lain sebagainya. Prinsin dari Kaizen memang bertujuan agar para penggunanya dapat merasa senang dan bahagia setiap hari. Khususnya ketika suatu tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Misalnya kamu memiliki goal dalam sehari mampu mengerjakan 10 artikel dalam 10 jam sehari. Namun karena merasa keberatan melihat angkanya kamu pun terus menjumpai kegagalan dan tidak mencapai goal. Laluk kamu mulai menulis satu artikel dalam dua jam, lalu di pekan berikutnya kamu tingkatkan intensitasnya tiga artikel dalam dua, dan seterusnya hingga akhirnya kamu mencapai goal yang kamu harapkan. Tentu akan muncul perasaan senang dan puas karena kamu mencapai target yang kamu harapkan. Dengan begitu tidak ada yang namanya badmood  yang berakibat produktifitas kamu menurun. Dengan perasaan senang dan positif tentunya akan meningkatkan produktifitas dan output yang dihasilkan pun akan memiliki kualitas yang baik.
  1. Terkenal Dengan Istilah “Prinsip Satu Menit”
Apa kamu bingung denga fakta Kaizen yang kedua ini?. Maksud dari prinsip satu menit sendiri bermakna bahwa setiap perubahan besar dimulai dari perubahan-perubahan kecil yang terus berkelanjutan. Perubahan kecil ini diharapkan dapat diterapkan oleh semua orang bahkan untuk orang pemalas. Misalnya kamu ingin menjadi seorang programmer yang handal, maka kamu alokasikan waktumu minimal 3 jam sehari untuk belajar ngoding. Namun karena kamu merasa berat dengan goal tersebut, kamu alokasikan waktumu satu menit sehari, tentu akan terasa jauh lebih ringan. Namun jangan nyaman pada nominal yang kecil tersebut, kamu harus meningkatkan intensitas waktu mu setiap hari hingga kamu sampai di goal yang kamu harapkan dan merasa biasa ngoding selama 3 jam sehari.
  1. Berlandaskan Sikap Konsisten
Satu lagi prinsip dalam Kaizen yang menjadi pondasi utama adalah konsistensi. Sama hal nya ketika kamu sedang menjalani program diet, kamu akan memperoleh hasil yang kamu harapkan jika kamu konsisten dalam menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga dan selalu makan makannan yang bernutrisi. Sama halnya Kaizen untuk memperoleh tujuan yang ingin kamu capai kamu harus melakukan langkah-langkah yang menjadi pondasi tujuan tersebut secara rutin setiap hari. Kamu juga harus melakukan kegiatan-kegiatan tersebut di waktu yang sama setiap hari.
  1. Membuat Pelakunya Dilatih Untuk Disiplin dan Konsisten
Jika kamu mau bersungguh-sungguh dan punya komitmen yang tinggi maka kamu akan merasakan dampak positif dan perubahan luar biasa pada dirimu terutama sikap disiplin dan konsisten. Mulanya kamu hanya menerapkan Kaizen pada satu goal. Setelah kamu puas dan merasa senang akan hasil yang dicapai maka kamu akan merasa bahwa Kaizen bisa kamu terapkan ke tujuan-tujuan kamu lainnya yang ingin kamu capai. Ucapkan selamat tinggal dengan rasa malas kalau kamu sudah bersahabat baik dengan Kaizen.
  1. Dapat Diterapkan Pada Perusahaan
Fakta Kaizen yang terakhir tentunya adalah Kaizen sangat mungkin diterapkan di perusahaan baik yang berskala kecil maupun yang sudah beromset miliaran. Hal ini tentu sudah dibuktikan dengan keberhasilan banyak perusahaan-perusahaan di Jepang. Salah satu contohnya adalah perusahaan otomotif asal Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia dalam memproduksi mobil adalah Toyota. Di lingkungan kerja persuhaan otomotif tersebut terdapat system yang bernama Toyota Production System (TPS) yang dibangun dengan dua komponen yaitu Jidoka dan Just In Time (JTS). Jidoka sendiri dibangun dengan mengadopsi metode Kaizen. Jidoka berisi perbaikan, evaluasi, serta peningkatan kualitas produksi. Kegiatan positif tersebut dilakukan setiap hari sehingga sering disebut juga Daily Improvement. Kesimpulan… Kaizen hanyalah sebuah metode yang membantu kita untuk bisa mencapai target dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Yang lebih berperan penting dari ini semua adalah komitmen dan kemauan yang kuat untuk terus berubah menjadi lebih baik lagi. Jika komitmen yang kuat tersebut didukung oleh metode pengembangan diri yang terbukti ampih seperti Kaizen maka akan melahir individu yang berkualitas.  
4 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Jepang
6 Strategi Penerapan Kaizen Di Kehidupan Sehari-Hari: Bawa Perubahan Positif Pada Dirimu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *