budget ke jepang

Sebagai negara yang banyak menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia, Jepang memang menjanjikan segudang destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Namun tentunya sebelum pergi ke Jepang banyak persiapan pergi ke Jepang yang harus dilakukan. Salah satu persiapan yang sangat penting sebelum pergi ke Jepang adalah budget ke Jepang.

Merencanakan budget ke Jepang memang sangat penting dan teliti dilakukan mengingat Jepang yang merupakan negara maju membuat segala sesuatu di Jepang relative lebih mahal daripada di Indonesia.

Mempersiapkan budget ke Jepang juga sangat berguna agar kamu hanya akan mengeluarkan budget seperlunya dan terhindar dari biaya-biaya yang tida terduga. Budget ke Jepang juga perlu direncanakan dengan matang agar perjalanan kamu ke Jepang menjadi lebih efektif dan efisien.

Terus gimana cara hitung budget ke Jepang biar kita nggak tekor nantinya pas di Jepang?. Berikut rincian budget ke Jepang dan apa-apa saja yang akan mengharuskan kamu mengeluarkan uang di Jepang (disclaimer: rincian budget ke Jepang ini berlaku untuk tahun 2020-2021, kedepannya bisa lebih murah atau lebih mahal).

  1. Tiket Perjalanan

Budget ke Jepang yang pertama tentunya akan kamu alokasikan untuk tiket perjalanan ke Jepang. Disini diasumsikan menggunakan maskapai penerbangan AirAsia yang menggunakan rute penerbangan dari Jakarta ke Surabaya.

Jika kamu memesan tiket pulang pergi setidaknya kamu akan dikenakan biaya tariff normal kira-kira Rp. 5.500.000 tanpa bagasi. Namun tentunya kamu bisa membeli tiket saat ada promo hingga mendapatkan harga tiket Rp. 3.200.000 lengkap pulang pergi.

Selain menggunakan jasa penerbangan AirAsia ada beberapa penyedia penerbangan yang mematok harga murah yang bisa kamu coba seperti Scoot dan Jetstar.

Buat kamu yang ingin mendapatkan full-service bisa menggunakan penerbangan garuda Indonesia dengan tariff promo penerbangan pulang pergi kira-kira sebesar Rp. 6000.0000.

Masih ada kok opsi penerbangan lainnya seperti Singapore Airelines, Malaysia Airlines, JAL atau ANA yang rata-rata memiliki harga antara 4.5 juta – 7 juta untuk perjalanan pulang pergi.

  1. Penginapan

Ini juga tidak kalah penting untuk diperhitungkan dengan baik di rencana budget ke Jepang kamu. Sebelum memperhitungkan penginapan sebagai budget ke Jepang, kamu harus mengetahui gambaran hotel dan penginapan di Jepang.

Hotel dan penginapan di Jepang khususnya di Jepang kebanyakan memiliki kamar yang berukuran kecil dan dikhususkan untuk menginap satu orang dan memiliki tempat tidur satu orang. Hal ini dikarenakan hotel di sana banyak dimanfaatkan oleh para warganya sebagai tempat tinggal saat melakukan business trip.

Jika diasumsikan kamu akan tinggal di hotel dengan rating bintang dua, kamu akan memperoleh kamar dengan single bed seharga 3000-5000 yen (Rp. 390.000 – Rp. 650.000 dengan kurs 1 yen = Rp. 130) atau jika kamu ingin memesan kamar dengan ukuran tempat tidur untuk dua orang setidaknya kamu haru merogoh kocek antara 6000-8000 yen.

Jika kamu ingin mendapatkan harga lebih murah untuk menginap dua orang atau lebih kamu dapat menyewa rumah atau apartemen melalui layanan airbnb. Harga sewa rumah atau apartemen di Tokyo sekitar USD 50-80 per malam untuk dua orang dengan sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti dapur yang terdapat kompor dan microwave.

  1. Makan Dan Minum

Ya kali pergi ke Jepang nggak mikir makan dan minumnya nanti gimana hehe. Selain destinasi wisata yang beragam dan menarik, di Jepang juga banyak kuliner khas Jepang yang patut dicoba.

Tapi tentunya demi memaksimalkan perencaan budget ke Jepang kamu, maka disini kita akan membahas makanan-makanan Jepang yang standar saja. Sekali makan di Jepang setidaknya kamu akan menghabiskan 400-600 yen dengan menu makanan berat yang mengeyangkan seperti beef bowl, ramen atau nasi kari. Jika kamu tidak mau repot-repot makan direstoran, kamu juga bisa membeli bento box siap makan dari supermarket dengan harga sekitar 300-700 yen.

Untuk minum kamu nggak perlu terlalu khawatir, biasanya kamu akan mendapatkan minuman gratis refill sepuasnya saat makan di restoran-restoran Jepang.

  1. Transportasi

Jepang terkenal dengan penggunaan kereta api sebagai tranportasi umumnya. Maka dari itu sangat penting memasukkan biaya tranportasi umum sebagai bagian dari perencanaan budget ke Jepang.

Jika masih satu wilayah dan ingin bepergian biasanya kamu akan dikenakan charge sebesar 200 yen dalam sekali perjalanan menggunakan kereta bawah tanah. Namun kamu juga akan mendapatkan harga lebih murah jika menggunakan subway pass.

Namun jika kamu memiliki rencana bepergian ke kota lainnya di Jepang dari Tokyo kamu bisa menggunakan kereta shinkansen yang terkenal cepat itu ke Osaka misalnya dengan biaya 13.000 yen sekali perjalanan.

 

Gimana bisa kira-kira sendiri nggak sih berapa biaya yang kamu keluarkan jika ingin berlibur ke Jepang?. Kalau kamu ingin menghemat budget ke Jepang, tidak ada salahnya kamu mencoba belajar bahasa Jepang.

Dengan begitu kamu tidak perlu menyewa tour guide yang lumayan mahal dalam menemani perjalanan menyenangkan kamu saat di Jepang. Selain itu kamu juga menjadi lebih bebas tanpa ragu mengeksplor Jepang yang eksotis.

Butuh program belajar bahasa Jepang yang efektif?. Pongo Exclusive jawabannya. Kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat dari pada biasanya.

Ingin Pergi Ke Jepang ?. Ketahui Dulu 5 Persiapan Pergi Ke Jepang Ini
Ingin Liburan Ke Jepang ? Cari Tahu Dulu Tips Membuat Rencana Perjalanan Ke Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *