persiapan pergi ke jepang

Jepang merupakan negara yang sangat eksotis yang membuat negara matahari terbit tersebut banyak dikunjungi orang-orang dari seluruh dunia. Sebelum pergi ke Jepang tentunya ada beberapa persiapan pergi ke Jepang yang harus para traveller siapkan.

Biasanya orang-orang yang pergi ke Jepang ingin menikmati liburannya atau sekedar berwisata. Jepang memang memiliki segudang destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi serta kebudayaannya yang menarik untuk diikuti.

Selain sekedar beriwisata biasanya orang-orang pergi ke Jepang untuk merasakan kerja di Jepang ataupun kuliah di Jepang. Sebagai negara maju Jepang memang memiliki kualitas pendidikan dan tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Apapun alasannya untuk pergi ke Jepang, melakukan persiapan pergi ke Jepang yang matang harus dilakukan. Dengan melakukan persiapan pergi ke Jepang kamu akan menjadi lebih aman, nyaman, tenang serta tanpa masalah saat pergi ke Jepang hingga kembali ke tanah air. Dengan melakukan persiapan pergi ke Jepang juga akan membuat perjalanan ke Jepang kamu lebih efektif dan efisien.

Untuk itu persiapan pergi ke Jepang harus kamu ketahui dan kamu laksanakan dengan baik.

Terus apa aja persiapan pergi ke Jepang yang harus dilakukan?. Berikut ulasan tentang 5 persiapan pergi ke Jepang

  1. Siapkan Paspor dan Visa

Persiapan pergi ke Jepang yang pertama yang harus dilakukan tentunya adalah menyiapkan dokumen paspor dan visa kamu seperti layaknya kamu pergi mengunjungi negara luar lainnya.

Paspor sebagao persiapan pergi ke Jepang berfungsi sebagai identitas kamu jika di Jepang maupun jika kamu mengunjungi negara lain. Di Jepang kamu juga harus membawa paspor kemanapun kamu berkunjung. Jangan sampai kamu ditahan saat bepergian di Jepang karena tidak memiliki paspor sebagai penanda identitas

Pastikan kamu membuat dan menyiapkan paspor jauh-jauh hari sebelum kamu pergi ke Jepang. Setidaknya siapkan paspor yang memiliki masa kadaluarsa 6 bulan sebelumnya.

Selain paspor sebagai persiapan pergi ke Jepang, kamu juga harus menyiapkan visa. Kamu bisa memilih paspor berjenis single entry maupun multiple entry dan khusus multiple entry kamu harus sudah pernah mengunjungi Jepang sebelumnya.

Oh ya, untuk kamu yang memliki paspor elektronik seharusnya kamu tidak memerlukan visa, cukup melaporkan saja.

  1. Tentukan Destinasi Wisata Atau Tempat-tempat yang Ingin Kamu Kunjungi

Membuat rencana perjalanan merupakan persiapan pergi ke Jepang yang sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan, khususnya buat kamu yang pergi ke Jepang hanya dalam rangka berwisata.

Membuat rencana perjalanan juga akan menentukan seberapa besar budget yang harus kamu keluarkan jika pergi ke Jepang nantinya. Untuk bisa bepergian kemana-mana biasanya di Jepang menggunakan transportasi umum seperti kereta.

Di Jepang ada banyak kereta yang beroperasi, baik kereta trem, kereta gantung, kereta api bawah tanah, maupun monorail. Biaya untuk menggunakan tranportasi di Jepang pun cenderung mahal, jika kamu tidak merencanakan rute perjalanan dengan baik dan salah naik kereta malah menambah biaya yang tidak perlu.

  1. Menukarkan Mata Uang Menjadi Yen

Ya nggak mungkin kali kamu pergi ke minimarket di Jepang dengan uang rupiah Indonesia. Menukarkan mata uang tentunya merupakan persiapan pergi ke Jepang yang wajib dilakukan.

Pastikan kamu memperhitungkan seberapa besar budget yang harus kamu siapkan sesuai dengan rencana perjalanan kamu nantinya. Tentunya jika kamu akan banyak bepergian di Jepang dan mengunjungi tempat akan memerlukan budget yang lebih besar.

Minimal biaya yang kamu harus siapakan cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sehari-hari seperti makanan, transportasi, serta penginapan.

Satu hal lagi yang harus kamu ingat, segala sesuatu di Jepang cenderung lebih mahal jika dibandingkan di Indonesia, jadi jangan mengukur budget yang kamu butuhkan nantinya dengan standar kehidupan kamu sekarang di Indonesia. Jangan malas untuk mencari informasi seputar harga makanan, penginapan serta transportasi di Jepang. Setidaknya kamu harus menyiapkan 1000 yen atau 1,2 juta perhari di Jepang.

  1. Persiapkan Perlengkapan Elektronik Dan Jaringan Internet

Persiapan pergi ke Jepang selanjutnya sangat penting mengingat kita tidak bisa lepas dari alat-alat elektronik dan kebutuhan jaringan internet.

Kamu harus siapkan colokkan pipih dua lubang yang kebanyakan digunakan di Jepang. Selain itu kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan internet di Jepang.

Layanan seluler di Jepang tidak seperti Indonesia yang menggunakan SIM Card yang selanjutnya bisa melakukan top up sesuka hati. Jika ingin menggunakan layanan seluler, orang Jepang atau warga negara asing yang menetap di Jepang dalam waktu yang tidak sebentar biasanya melakukan kontrak yang berlangsung selama dua tahun ke provider seluler di Jepang.

Namun untuk para traveller yang hanya pergi ke Jepang dalam waktu yang relative lebih singkat cukup menggunakan layanan Wifi yang disediakan di tempat penginapan atau tempat lainnya.

Namun jika kamu menginginkan akses internet kemanapun kamu pergi, kamu cukup menggunakan wi-fi router mobile atau SIM Card (data only) yang biasanya penyedia travel menyediakan layanan penyewaan kedua benda penting tersebut.

  1. Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang sangatlah penting sebagai persiapan pergi ke Jepang. Apalagi jika tujuan kamu pergi ke Jepang untuk kuliah ataupun bekerja. Untuk kamu yang hanya ingin sekedar berwisata ke Jepang juga sangat penting untuk belajar bahasa Jepang, setidaknya mengetahui kata dan kalimat yang digunakan sehari-hari untuk memudahkan kamu jika harus berkomunikasi dengan orang Jepang yang kebanyakan tidak bisa menggunakan bahasa inggris.

Jika kamu belajar bahasa Jepang setidaknya kamu tidak perlu menyewa jasa tour guide yang relative mahal.

Tertarik untuk belajar bahasa Jepang sebagai persiapan pergi ke Jepang nantinya?. Kamu bisa belajar bahasa Jepang di program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive.

Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive sangat praktis. Kamu akan belajar langsung bagaimana kalimat-kalimat yang digunakan sehari-hari di Jepang. Kamu juga bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

 

Ingin Menjadi Interpreter Bahasa Jepang?. Kenali Dulu Modal Untuk Menjadi Interpreter Bahasa Jepang
Ingin Pergi Ke Jepang ? Hitung Dulu Budget Ke Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *