doorman

Nakama pongo, apakah mengetahui apa arti dari Doorman? Mungkin pernah lihat ada orang yang berdiri selalu di depan hotel menanti kehadiran tamu yang datang? Orang itu yang di sebut dengan doorman.

 

PENGERTIAN DOORMAN

Doorman atau doorgirl merupakan seseorang yang bekerja untuk menyediakan layanan keamanan dan kesopanan dalam sebuah bangunan, baik perumahan apartemen, hotel maupun mall. Doorman berada di bawah koordinasi bagian Front Office Department.

Pekerjaan seorang doorman sesungguhnya lebih penting dibandingkan yang dipikirkan banyak orang. Seorang doorman umumnya adalah orang pertama yang ditemui ketika seseorang memasuki sebuah gedung.

Doorman bertugas memberikan kesan pertama yang baik dapat membuat tamu atau penghuni gedung merasa nyaman dan aman. Memiliki rasa humor yang baik juga dapat menjadi nilai tambah bagi seorang doorman.

 

TUGAS SEORANG DOORMAN

Doorman secara umum bertugas membukakan pintu  lobby untuk para tamu yang ingin masuk ataupun keluar hotel. Tugas seorang doorman akan beragam, tergantung pada jenis penempatan, luas dan ukuran bangunan, serta shift kerja. Adapun tugas doorman yang lebih detail adalah sebagai berikut:

  • Menyambut dan membukakan pintu mobil untuk tamu yang datang.
  • Memberi senyum dan salam dengan ramah.
  • Menyapa dan membukakan pintu lobby untuk tamu hotel baik yang akan memasuki hotel atau yang keluar hotel.
  • Memberikan petunjuk arah kepada tamu.
  • Memberikan informasi beserta gambaran mengenai suatu tempat, acara yang tengah maupun akan berlangsung.

 

JOB DESKRIPSI / JOB DESCRIPTION DOORMAN:

Sebagai doorman atau doorgirl, job description yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Membantu membuka dan menutup pintu mobil milik tamu yang baru saja tiba dan akan meninggalkan hotel, mall, maupun apartemen
  • Mengawasi lalu lintas di pintu masuk hotel
  • Memanggil taksi atau driver untuk tamu bila diperlukan
  • Bekerja sama dengan bellboy untuk menurunkan serta menaikkan barang bawaan tamu menuju maupun dari kendaraan tamu, atau membantu menurunkan dan menaikan barang bawaan tamu ke dan dari troli
  • Membuka dan menutup pintu kendaraan yang ditumpangi tamu baik ketika tiba ataupun saat akan meninggalkan tempat.
  • Membantu mengatasi masalah jika tamu menemui kesulitan.
  • Berpenampilan rapi dan menarik.
  • Menemani tamu, mempromosikan layanan dan fasilitas hotel.
  • Menangani segala permintaan, pertanyaan, komentar, serta keluhan tamu dengan sopan dan cekatan.
  • Memarkir mobil tamu di tempat parkir.

 

KALIMAT-KALIMAT YANG DI UCAPKAN DOORMAN KEPADA TAMU

Menjadi seorang doorman juga harus mengetahui bahasa Jepang yang bisa menarik perhatian tamu atau memberikan kesan yang baik pertama kali terhadap hotel tersebut. Berikut kalimat-kalimat yang di ucapkan doorman saat menyambut tamu datang ke hotel.

Ucapan Selamat Datang Dalam Bahasa Jepang

Berikut akan dipaparkan ucapan salam selamat datang dalam bahasa Jepang yang biasa digunakan petugas hotel maupun restauran.

  • Irassahaimase

(Selamat datang)

  • Youkoso irasshaimashita

(Selamat datang)

Agar lebih gampang nakama pongo memahami bagaimana doorman bercakap-cakap dengan tamu, berikut akan dipaparkan percakapan doorman dengan tamu.

Kaiwa 1

Doorman    : Irasshaimase, otomari desuka.

(Selamat datang di hotel kami. Apakah anda akan                                            menginap?)

Okyakusama: Hai, sou desu.

(Iya, begitu)

Doorman    : Onimotsu o omochi shimasu. Furonto e douzo.

(Biarkan saya yang membawa barang anda. Mari silahkan                             ke   front office.)

Okyakusama: doko desuka

(dimana?)

Doorman    : Beruboui ga goannai shimasu.

(Bellboy yang akan mengantar anda)

 

Kaiwa 2

Doorman         : Youkoso irasshaimashita.

(selamat datang di hotel kami)

Okyakusama   : yaa, arigatou, gurubu tsuaa desu ga…

(ya, terima kasih. Tapi kami dari group tour)

Doorman         : hai, wakarimashita. Kochira e douzo.

(ya, saya mengerti. Masi silahkan ke sini)

Okyakusama   : hai (iya)

Doorman         : Beruboui o yobimasu. Robii ni ohairi kudasai.

(saya akan memanggil bellboy. Silahkan masuk ke loby)

Okyakusama   : arigatou (Terima kasih)

Doorman         : douzo goyukkuri

(silahkan istirahat)

 

Menanyakan Kedatangan Tamu Dalam Bahasa Jepang

kedatangan tamu

Biasanya menanyakan tujuan kedatangan tamu ini saat doorman mengucapkan salam sambutan kepada tamu sebagai pembuka pembicaraan dan mengetahui tujuan dari tamu datang ke hotel tersebut. Berikut akan di paparkan kalimat untuk menanyakan kedatangan tamu dalam bahasa Jepang.

  • Otomari shitai desu ka

(Apakah anda ingin menginap?)

  • Tomaru tsumori desu ka

(Apakah anda ingin menginap?)

  • Tomarou to omoimasu ka

(Apakah anda bermaksud ingin menginap?)

 

Menawarkan Bantuan Dalam Bahasa Jepang

menawarkan bantuan

Hal ini mungkin sudah lumrah di dengar oleh setiap petugas di hotel. Berikut akan dipaparkan kalimat menawarkan bantuan dalam bahasa Jepang.

  • Onimotsu o omochi shimasu

(Akan saya bawakan koper anda)

  • Nani o tesudaimashou ka

(Apa yang bisa saya Bantu?)

 

Mengantar Tamu Dalam Bahasa Jepang

Setelah mengetahui tujuan tamu datang ke hotel, kemudian doorman akan mengarahkan tamu untuk menuju front office. Berikut akan di paparkan kalimat dalam bahasa Jepang.

  • Furonto e douzo

(Silahakan ke front office)

  • Berubooi ga goannai shmasu

(Bellboy akan mengantar anda)

  • Berubooi o yobimasu ga robii ni omachi kudasai

(Saya akan memamnggil bellboy,silahkan anda menunggu di loby)

 

Mengucapkan Kalimat Yang Enak Di Dengar Tamu Dalam Bahasa Jepang

Saat akan mengakhiri kegiatan biasanya pegawai hotel mengucapkan kalimat yang enak didengar oleh tamu agar tamu merasa berkesan. Berikut paparan kalimat yang enak di dengar tamu dalam bahasa Jepang.

  • Hai , wakarimashita

(Ya , saya sudah mengerti)

  • Hai ,kashikomarimashita

(Ya , saya sudah mengerti)

  • Douzo goyukkuri onegaishimasu

(Silahkan menikmati layanan kami)

  • Mata oide kudasai

(Sampai datang lagi ke tempat kami)

  • Onegai itashimasu

(Mohon dengan amat sangat)

 

Penawaran Bantuan Memanggil Taksi Dalam Bahasa Jepang

memanggil taksi

Doorman juga bisa dimintai bantuan untuk memanggilkan taxi. Berikut paparan kalimat penawaran bantuan memanggil taxi dalam bahasa Jepang.

  • Sumimasen, takushi o irimasu ka

(Maaf, apakah anda membutuhkan taksi)

  • Takushii ga hoshii desu ka

(Maaf, apakah anda menginginkan taksi)

  • Takushii o yobimasu ka

(Apakah mau saya panggilkan taksi)

 

Agar lebih memudahkan nakama pongo mengetahui bagaimana cara memesankan taksi kepada tamu, berikut akan di paparkan percakapan saat memesankan taksi tamu dalam bahasa Jepang.

Okyakusama   : takushii onegaishimasu.

(tolong panggilkan taksi)

Doorman         : dochira made desuka

(mau pergi kemana?)

Okyakusama   : eapouto made desu.

(ke airport)

Doorman         : Hai, wakarimashita. Kochira e de omachi kudasai.

(iya, saya mengerti. Silahkan anda menunggu di sini)

Okyakusama   : arigatou (terima makasih)

Doorman         : okuruma ga kimashita. Douzo onori kudasai.

(taksinya sudah datang. Silahkan naik)

 

Menyatakan Taksi Datang Pada Tamu Dalam Bahasa Jepang

Saat taksi yang dipesan sudah datang, doorman wajib memberikan informasi terhadap tamu. Berikut paparan kalimat menyatakan taksi datang pada tamu dalam bahasa Jepang.

  • Takushii ga kimashita

(Taksi sudah datang)

  • Takushii ga mairimashita

(Taksi sudah datang)

 

Menanyakan Tempat Dalam Bahasa Jepang

denah

Biasanya tamu akan cenderung bertanya tempat jalan-jalan daerah dekat sana kepada doorman. Berikut paparan kalimat menanyakan tempat dan cara menjawab pertanyaan dari tamu berikut.

 

Apabila tamu mau menanyakan tempat untuk jalan-jalan biasa bertanya:

  • Menzeiten wa doko desu ka

(Toko bebas kena pajak dimana ?)

  • Suupaa wa doko desu ka

(Supermarket disebelah mana?)

  • Sanpo shitai desu ga, shopping sentaa wa doko desu ka

(Saya ingin jalan-jalan, pusat perbelanjaan disenelah mana?)

 

Sebagai doorman bisa menjawab dengan :

  • Chiizu ga attara chotto osetsumei shimasu

(Jika anda punya peta, akan saya tunjukkan)

  • Suupaa wa achira desu, koko kara miemasu

(Supermarket ada disana , terlihat dari sini)

  • Koko kara achira e massugu itte, hitotsume no shingo migi ni magatte sore kara sochira kara massugu itte, hidari gawa ni ookii biiru ga arimasu, sono biru wa suupaa desu

(Dari sini nakama pongo lurus menuju ke arah sana, lampu lalu lintas pertama nakama pongo belok ke kanan kemudian dari situ menuju lurus, disebelah kiri jalan ada gedung besar, gedung itu adalah supermarket)

Berikut akan dipaparkan percakapan doorman dengan tamu terkait menanyakan nama tempat.

Doorman         : ohayou gozaimasu

(selamat pagi)

Okyakusama   : sumimasen ga, menzeiten wa doko desuka.

(maaf, duty free shop di sebelah mana ya?)

Doorman         : massugu itte kudasai, migi no kado ni arimasu.

(dari sini silahkan anda jalan terus. Toko tersebut ada di                               pojok kanan jalan)

Okyakusama   : arigatou. Shoppingu sentaa wa doko desuka

(terima kasih. Shoping center ada di sebelah mana?)

Doorman         : hidari nimagatte, massugu itte kudasai.

(Silahkan anda belok ke kiri, kemudian lurus aja)

Okyakusama   : hai, arigatou

(iya, terima kasih)

 

Nakama pongo sekarang sudah tahu kan bagaimana tugas doorman dan juga kalimat melayani tamu doorman dalam bahasa Jepang. Semangat belajar terus ya! Sekian dulu artikel dari saya, semoga bermanfaat ya! Selain itu silahkan baca artikel terkait tentang bahasa Jepang pariwisata dalam website wikipedia berikut dan kalian juga bisa membaca artikel Menangani tamu Checkout dalam bahasa Jepang dalam link website.

MENANGANI CHECK OUT DALAM BAHASA JEPANG
BAHASA JEPANG MELAYANI TAMU UNTUK BELLBOY

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *