Reservasi dalam bahasa Jepang

Tamu resevasi bukanlah tamu yang sembarangan masuk ke suatu tempat ataupun tempat menginap. Mereka melakukan reservasi dengan tujuan agar dapat menikmati waktu istimewa bersama dengan oran yang mereka sayang seperti orangtua, pasangan, anak-anak mereka dan keluarga besar mereka yang sengaja dipilih dengan banyak harapan yang mereka akan dapatkan di hotel tersebut.

Pihak hotel pun harus memberikan suatu fasilitas yang membuat tamu puas akan pelayanan yang diberikan karena tamu juga telah memberikan kepercayaan penuh terhadap hotel kalian sehingga mereka memilih hotel kalian untuk menginap.

Selain memberikan pelayanan terbaik kepada tamu, kalian juga perlu belajar bagaimana berbahasa yang sopan terhadap tamu saat tamu melakukan reservasi pertama kali ke hotel kalian, jangan sampai karena salah dalam berbicara, kalian membuat tamu tersebut merasa tersinggung. Kali ini kita akan mempelajari kalimat yang boleh diucapkan dan kalimat yang tidak boleh diucapkan ke tamu saat melakukan reservasi. Simak dengan baik-baik ya!

 

RESERVASI LEWAT TELEPON DALAM BAHASA JEPANG

reservasi lewat telepon

Kalian perlu mengetahui bagaimana cara berbicara lewat telepon dengan tamu terutama saat reservasi, karena melalui telepon kita tidak dapat melihat mimik wajah, bahasa tubuh dari masing-masing. Berikut kalimat yang harus kalian ucapkan saat tamu melakukan reservasi melalui telepon.

 

Salam Saat Berbicara di Telepon dalam Bahasa Jepang

Kalimat salam berikut hanya digunakan pada saat menerima reservasi melalui telepon, jadi kalian tidak bisa menggunakan kalimat salam saat bertemu langsung dengan tamu,

Kalimat 1

Moshi moshi, Indonesia no hoteru desu keredomo, ari to moushimasu ga, dochira sama desu ka.

(halo, saya ari dari hotel Indonesia. Ada yang bisa saya bantu?)

 

Kalimat 2

Moshi moshi, Indonesia hoteru no ari desu ga dochira sama desu ka

(Halo, saya ari dari hotel Indonesia, ada yang bisa dibantu?)

 

SAAT RESERVASI SECARA LANGSUNG DALAM BAHASA JEPANG

reservasi secara langsung

Salam saat bertemu dengan tamu langsung berbeda dengan salam saat lewat telepon ya, berikut penjelasannya.

  • Ohayou gozaimasu

(selamat pagi)

  • Konnichiwa

(Selamat siang)

  • Konbanwa

(selamat sore / malam)

  • Oyasumi nasai

(selamat tidur)

  • Sayounara

(selamat tinggal)

  • Mata kimasu

(sampai datang lagi)

 

Cara Menawarkan Bantuan Kepada Tamu Dalam Bahasa Jepang

cara menawarkan bantuan ke tamu

Menawarkan bantuan juga ada bahasa Jepang dari yang biasa sampai bahasa Jepang bentuk sopan. Silahkan disimak kaliamat baik-baik.

  • Nani ga gozaimasu ka

(ada apakah?)

 

  • Nani o shimashou ka。

(ada apakah?)

 

  • Nan deshou ka

(Apa yang bisa saya bantu?)

 

Cara Menyakan Nama Tamu Dalam Bahasa Jepang

Cara menanyakan nama tamu pun ada tata caranya, jadi kalian tidak bisa berbicara dengan cara seadanya saja ya. Perhatikan berikut kalimat cara menanyakan nama tamu dalam bahasa Jepang dari cara menanyakan nama tamu bentuk biasa sampai yang paling sopan.

  • Okyaku sama no onamae wa dochira sama desu ka

(Tuan Tamu namanya siapa?)

 

  • Okyaku sama no namae wa nan deshou ka

(Tuan Tamu namanya siapakah?)

 

  • Sumimasen, onamae onegaishimasu

(Mohon maaf, tolong sebutkan namanya)

 

Cara Menawarkan Jenis Kamar Dalam Bahasa Jepang

cara menjelaskan jenis kamar

Jenis kamar di hotel banyak pilihannya, ada berupa kamar single, double, triple dan sebagainya. Jika kalian pernah bekerja di perhotelan pasti tidak asing lagi tentang nama-nama kamar yang tersedia. Tetapi jenis kamar disetiap hotel itu berbeda-beda ya, kali ini yang akan dijelaskan adalah kamar yang pada umumnya ada di setiap hotel. Silahkan simak baik-baik cara menawarkan jenis kamar kepada tamu dalam bahasa Jepang dari bahasa Jepang bentuk biasa dan bahasa Jepang bentuk sopan agar kalian tidak salah mengucapkannya.

Pada saat tamu akan menginap biasanya mengucapkan kata, sebagai berikut:

  • Sumimasen tomaritain desu ga, heya ga mada arimasu ka

(Permisi saya ingin menginap ,apakah masih ada kamar?)

 

  • Tomaru tsumori desu keredomo heya ga mada arimasu ka

(Permisi saya bermaksud mau menginap ,apakah masih ada kamar?)

 

  • Tomarou to omoimasu ga heya ga mada arimasu ka

(Permisi saya berencana mau menginap ,apakah masih ada kamar?)

 

Jawaban Kalian Sebagai Petugas, yaitu sebagai berikut:

  • Hai, oheya ga mada arimasu.

Kochira wa futsuu to derakkusu to suwito to daburu ruumu ga arimasu ga,

donna heya ga hoshii desu ka

(Ya , kamar masih ada)

(Disini tersedia kamar standar, deluxe, istimewa dan kamar ganda)

(Kamar yang bagaimana yang tuan inginkan)

 

  • Hai , mada gozaimasu .

Kochira wa futsuu to derakkusu to suwito to daburu ruumu ga arimasu ga,

donna heya ga yoroshii desu ka

(Ya , kamar masih ada)

(Disini tersedia kamar standar, deluxe, istimewa dan kamar ganda)

(Kamar yang bagaimana yang tuan inginkan)

 

  • Hai , mada gozaimasu keredomo ,

Kochira wa futsuu to derakkusu to suwito to daburu ruumu ga arimasu ga,

donna heya ga suki desu ka

(Ya , kamar masih ada)

(Disini tersedia kamar standar, deluxe, istimewa dan kamar ganda)

(Kamar yang bagaimana yang tuan inginkan)

 

  • Kochira wa futsu toka suutsu toka bijineesu ga arimasu

Donna heya ga suki deshou ka

(Disini tersedia kamar standar, istimewa dan bisnis/ekonomi

Kamar yang bagaimana yang tuan inginkan)

 

Cara Menanyakan Pilihan Tamu

Setelah kalian menjelaskan jenis kamar dengan tamu, kalian wajib menanyakan jenis kamar yang diinginkan tamu untuk mereka menikmati liburan mereka di hotel tersebut. Cara menanyakan pilihan tamu dari bentuk biasa sampai bentuk sopan, sebagai berikut:

  • Dochira no ruumu ga hoshii desu ka

(Kamar mana yang tuan inginkan?)

 

  • Dochira no hoo ga hoshii desu ka

(Yang manakah yang tuan inginkan?)

 

  • Donna ruumu ga irimasu ka

(Kamar yang mana yang tuan butuhkan)

 

Cara Menginformasikan Harga Kamar Dalam Bahasa Jepang

Setelah tamu memilih jenis kamar yang mereka inginkan, kalian wajib menjelaskan harga kamar kepada tamu agar tamu juga mengetahui berapa harga kamar masing-masing jenis kamar dalam satu malam. Berikut cara menginformasikan harga kamar dari bentuk biasa sampai bentuk sopan dalam bahasa Jepang.

Biasanya tamu bertanya:

  • Ichinichi de ikura desu ka

(Satu hari ( biaya  kamar ) berapa?)

 

  • Ippaku de ikura desu ka

(Satu malam ( beaya  kamar ) berapa?)

 

  • Futsuka de ikura desu ka / nihaku de ikura desu ka

(Dua hari/malam ( beaya  kamar ) berapa?)

 

Petugas menjawab:

  • Futsuu ruumu wa Ichinichi juu man rupia desu / futsuu ruumu ippaku juu man rupia desu

(Kamar biasa satu hari 100 ribu rupiah/ Kamar biasa satu malam100 ribu rupiah)

 

  • Futsuu ruumu wa ichinichi goman yen desu / futsuu ruumu wa ippaku goman yen desu

(Kamar biasa satu hari 50 ribu rupiah / Kamar biasa satu hari/ malam 50 ribu rupiah)

 

  • Ichinichi ichiman yen desu

(Satu hari 10 ribu yen)

 

  • Ippaku ichiman yen desu

(Satu malam 10 ribu yen)

 

  • Daburu ruumu wa ichinichi ippaku ichiman yen desu

(Kamar double satu hari satu malam 10 ribu yen)

 

  • Daburu ruumu wa ichinichi ichiman yen desu, kono ryoukin wa zenbu de asa gohan to ruumu saabisu ga haitte imasu

(Kamar double satu hari satu 10 ribu yen, beaya ini semua sudah termasuk sarapan pagi dan pelayanan kamar)

 

Cara Menanyakan Jumlah Kamar yang Dibutuhkan Dalam Bahasa Jepang

Setelah memberikan harga kamar kepada tamu, pastinya tamu sudah menentukan jumlah kamar yang akan dipesan. Berikut akan dijelaskan cara menanyakan jumlah tamu yang akan dipesan dalam bahasa Jepang.

  • Oheya ga ikutsu irimasu ka

(Tuan ingin membutuhkan berapa kamar?)

 

  • Oheya wa nanshitsu yoroshii desu ka

(Tuan menginginkan berapa kamar?)

 

  • Okyaku sama wa ikutsu irimasu ka

(Tuan ingin membutuhkan berapa kamar?)

 

Cara Menanyakan Lama Menginap Dalam Bahasa Jepang

Setelah tamu menentukan jumlah kamar yang ingin dipesan, kalian bisa melanjutkan bertanya kepada tamu berapa lama rencana mereka untuk menginap di hotel dalam bahasa Jepang.

  • Tomeruno wa itsu kara itsu made deshou ka

(Menginapnya mulai kapan sampai kapan ?)

 

  • Itsu kara itsu made tomarou to omoimasu ka

(Rencananya Menginap mulai kapan sampai kapan ?)

 

  • Nannichi gurai tomaritai desu ka

(Rencana ingin Menginap mulai berapa hari ?)

 

  • Nanpaku gurai tomaritai desu ka

(Rencananya  ingin Menginap berapa malam ?)

 

  • Nanpaku gurai tomarou to omimasu ka

(Anda bermaksud ingin Menginap berapa malam ?)

 

Cara Akan Memeriksa Ketersediaan Kamar Dalam Bahasa Jepang

Sebelum memastikan pesanan kamar tamu, kalian wajib memeriksa terlebih dahulu kamar yang tersedia agar tidak mengecewakan tamu. Berikut cara mengungkapkan jika kalian akan memeriksa ketersediaan kamar dalam Bahasa Jepang.

  • Chootto oheya o chekku shimasu ga, shibaraku omachi kudasai

(saya mau mengecek kamar, tolong tunggu sebentar)

 

  • Oheya o chekku shimasu ga, sousou omachi kudasai

(saya mau mengecek kamar, tolong tunggu)

 

  • Oheya wa mada arimasu ga, otomari shimasu ka

(Kamarnya masih ada , apakah tuan akan menginap?)

 

  • Oheya ga junbi shimasu ga, otomari shimasu ka

(Kamarnya masih ada , apakah tuan akan menginap?)

 

Cara Menanyakan Cara Pembayaran Dalam Bahasa Jepang

Setelah pasti ada kamar yang dipesan tamu masih tersedia, kalian bisa langsung menanyakan bagaimana cara pembayaran kamarnya melalui cash atau kredit. Berikut akan dijelaskan cara menanyakan pembayaran ke tamu dalam bahasa Jepang.

  • Doushite ryoukin o haraimasu ka

(Dengan cara bagaimana Tuan akan membayar biaya?)

 

  • Genkin ka kurejitto kaado de haraimasu ka

(Tuan akan membayar biaya dengan cara kontan atau kartu kredit?)

 

Cara Mengulangi Reservasi Kepada Tamu Dalam Bahasa Jepang

Setelah selesai pemesanannya, kalian wajib mengulang reservasi dari tamu. Berikut cara mengulangi reservasi kepada tamu dalam bahasa Jepang.

  • Oyoyaku suru koto wa chotto chekku shimasu

(Saya coba mengecek pesana tuan)

 

  • Ii desu ka , sore de ii desu ka

(Apakah sudah benarkah? seperti itu kah?)

 

  • Yoroshii desu ka

(Sudah cocokkah ? sudah benarkah ?)

 

Cara Menutup Reservasi Dalam Bahasa Jepang

Setelah semua reservasi tamu lengkap, kalian sebagai staf harus melakukan salam penutup. Berikut akan dijelaskan bagaimana bahasa Jepang dari bahasa biasa dan bahasa bentuk sopan untuk menutup reservasi dalam bahasa Jepang.

  • Makoto ni Doumo arigatou gozaimashita

(Terima kasih sedalam-dalamnya)

 

  • Okyaku sama no otomari ni iku koto o omachi shimasu

(Saya menunggu kedatangan tuan Tamu untuk menginap)

 

Sekarang kalian sudah tahu bukan cara reservasi yang sopan dalam bahasa Jepang. Jadi, sekian dulu artikel terkait cara reservasi dalam bahasa Jepang ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian khususnya dalam bahasa Jepang.

Kalian bisa juga baca artikel terkait pariwisata di Jepang pada situs website wikipedia  , selain itu kalian bisa juga baca artikel terkait profesi di bidang pariwisata dalam bahasa Jepang

PROFESI DI BIDANG PARIWISATA DALAM BAHASA JEPANG
CARA MENANGANI KASUS TAMU HOTEL DALAM BAHASA JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *