pekerjaan dalam bahasa Jepang

Pekerjaan/ profesi minasan sekarang apa? Kalian ingin menjadi apa untuk masa depan anda? Semua orang memiliki cita-cita, masa depan dan impian ingin menjadi profesi seperti apa. Hari ini kita akan membahas terkait tentang profesi/ pekerjaan di bidang pariwisata dalam bahasa Jepang.

Minasan, terkait tentang pekerjaan (Shigoto / しごと), ternyata di Jepang untuk mencari pekerjaan juga tergolong susah. Namun, walaupun pekerjaan di perusahaan Jepang susah, mereka masih bisa part time dengan bayarannya per jam, tapi ya gaji yang didapatkan saat bekerja part-time lebih dikit daripada kerja di kantoran atau perusahaan juga.

Banyak orang Jepang biasanya setelah lulus kuliah atau SMA para lulusan pasti antri untuk wawancara kerja dengan pakaian yang sangat rapi, yaitu pakaian hitam putih dan berdasi, jika pakaian untuk pria juga diwajibkan pakai jas hitam, dengan sepatu hitam juga. Para pelamar harus

berpenampilan menarik dan serapih mungkin saat akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan di Jepang dan tidak kalah juga dengan displin akan ketepatan waktu saat panggilan wawancara di suatu perusahaan.

Kalau kalian pernah lihat film berjudul rich man poor woman, dalam kisah disana ada sedikit gambaran bagaimana orang Jepang bersusah payah mencari kerja. Ada juga yang puluhan kali ditolak wawancara 100 kali dan gagal , dia sampai bunuh diri karena terlalu lama menahan rasa malu.

Minasan, yang paling seru di drama tersebut ada seorang wanita yg sama juga bolak balik gagal dalam wawancara kerja untuk mencapai impiannya menjadi sebuah peneliti, namun setelah puluhan kali ditolak akhirnya dia bisa mendapat pekerjaan. Semangatnya yang tidak menyerah sangat patut ditiru!

Nama Profesi bidang pariwisata khususnya dalam Bahasa Jepang sangat diperlukan untuk kalian yang mempelajari bahasa Jepang di bidang pariwisata. Saat ini Bahasa Jepang sudah cukup banyak diminati dan dipelajari di berbagai sekolah formal, mulai dari tingkat SMA hingga Perkuliahan. Tentu saja, berkatnya Layak untuk mengetahui macam-macam Profesi dalam Bahasa Jepang dan terjemahannya.

Selain untuk sekadar menambah wawasan, mengetahui jenis pekerjaan dalam bahasa Jepang atau Asia yang populer ini akan membantu kita untuk mengikuti perkembangan di bidang teknologi, mengingat di Indonesia juga banyak barang/ peralatan yang berasal dari Negeri Sakura ini. Jadi, barang-barang impor dari Jepang banyak yang menggunakan bahasa Jepang, baik dari segi merek, panduan dan spesifikasi produk.

Berikut akan dipaparkan secara detail profesi atau pekerjaannya apa saja yang terdapat di dalam bidang pariwisata. Simak baik-baik melalui tabel dan paparan berikut:

Pekerjaan/ Profesi di Bidang Media Dalam Bahasa Jepang

Profesi di bidang media dalam bahasa Jepang

Adapun beberapa jenis pekerjaan atau profesi di bidang media dalam bahasa Jepang. Jika dalam kampus pariwisata ini digunakan pada Program Studi MICE. Berikut akan dipaparkan berupa tabel profesi dibidang media sebagai berikut:

 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Jaanarisuto Jurnalis
Kisha Wartawan
Shinbun-kisha Wartawan koran
Henshuu-sha Editor
Raitaa Writer
Anaunsaa Penyiar
Repoutaa Reporter
Eiga-kantoku Sutradara film
Haiyuu/ Joyuu Aktris
Danyuu Aktor
Seiyuu Pengisi suara
Kashu Penyanyi
Aidoru Idol
Tarento/ geinou-jin Talent
Aatistuo Artis
Moderu Model
Shikai MC/ Pembawa acara
Desuku jokkii Disjoki
Komedian/ owarai geenin Komedian
Ongaku-kan Musisi

Geijutsu-kan

Seniman

 

Pekerjaan Profesi/ Pekerjaan di Bidang Bisnis

bisnis dalam bahasa Jepang

Adapun beberapa jenis pekerjaan atau profesi di bidang bisnsi dalam bahasa Jepang. Jika dalam kampus pariwisata ini digunakan pada Program Studi Bisnis. Berikut akan di paparkan berupa tabel profesi atau pekerjaan  dibidang bisnis sebagai berikut:

 

BAHASA JEPANG BAHASA INDONESIA
Kei’eisha Pengusaha
Shachou Kepala kantor
Buchou Kepala bagian
Kachou Kepala seksi
Kaikei-shi Akuntan
Zeiri-shi Konsultan pajak
Kaisha-in Karyawan kantor
Eigyou Orang sale
Hisho Sekretaris
Seishain Pekerja tetap
Keiyaku-shain Pekerja kontrak
Hanen-shain Pekerja outsousce
Arubaito Pekerja paruh waktu
Mushoku Pengangguran
Puro Profesional
Amachua Amatir
Kakari Petugas

 

Pekerjaan Profesi di Bagian Perhotelan Dalam Bahasa Jepang

Profesi perhotelan dalam bahasa Jepang

Adapun beberapa jenis pekerjaan atau profesi di bidang perhotelan dalam bahasa Jepang. Jika dalam kampus pariwisata ini digunakan pada Jurusan Hospitaliti. Berikut akan di paparkan berupa tabel profesi atau pekerjaan  dibidang hospitaliti sebagai berikut:

 

BAHASA JEPANG BAHASA INDONESIA
Furunto gakkari/ Uketsuke Front Office
Beruuboi Bellboy
Uetaa Waiter
Manejaa Manejer
Okyakusama Tamu
Ruumusaabisu Room service
Hausukiipaa / otetsudai House keeper
Doaman Doorman

 

POLA KALIMAT CARA MENANYAKAN PROFESI/PEKERJAAN

Saat memperkenalkan diri pertama kali saat bertemu dengan orang lain biasanya kalian akan memperkenalkan nama, usia, asal, tempat tinggal dan pekerjaan atau profesi kalian. Terutama saat kalian menjadi salah staff dan harus memperkenalkan diri kepada tamu, Maka dari itu hari ini kita akan mempelajari cara menanyakan profesi atau pekerjaan dalam bahasa Jepang.

Cara untuk menanyakan profesi/ pekerjaan bahasa Jepang itu sangatlah sederhaan, yaitu sebagai berikut:

[Pekerjaan/ Peofesi + desu] atau [Pekerjaan/ Profesi + o shite imasu]

Perbedaannya adalah, jika pola kalimat [Pekerjaan/ Peofesi + desu] merupakan pola kalimat lebih sederhana, namun masih terkesan sopan. Sedangkan pola kalimat [Pekerjaan/ Profesi + o shite imasu] juga merupakan kalimat bentuk sopan, namun terkesan lebih sopan jika kita berbicara dengan tamu. Agar lebih jelas lagi, mari kita coba denga beberapa contoh kalimat dibawah ini:

 

Pola Kalimat [Pekerjaan/ Peofesi + desu]

  • Watashi wa manejaa desu.

(saya seorang manejer)

  • Uketsuke desu.

(Front office)

 

Pola kalimat [Pekerjaan/ Peofesi + dewa arimasen/jaa nai]

  • Watashi wa maneejaa dewa arimasen/ jaa arimasen.

(saya bukan seorang manejer)

  • Uketsuke dewa arimasen/ Jaa arimasen

(bukan seorang front office)

 

Pola Kalimat [Pekerjaan/ Profesi + o shite imasu]

  • Watashi wa maneejaa o shite imasu

(saya menjadi manejer)

  • Watashi wa uetaa o shite imasu

(saya menjadi waiter)

 

Pola Kalimat [Pekerjaan/ Profesi + o shite imasen]

  • watashi wa maneejaa o shite imasen.

(saya bukan menjadi manejer)

  • Uetaa o shite imasen.

(Bukan seorang waiter)

 

Menyatakan Tempat Kerja

tempat kerja

Jika kalian ingin menyatakan tempat kerja dalam bahasa Jepang dengan menggunakan pola kalimat [tempat bekerja] + de + hataraite imasu. Arti partikel “de” itu adalah “di” untuk keterangan tempat, sedangkan hataraite artinya dalam bahasa Indonesia “bekerja”.

Contoh kalimat [tempat bekerja] + de + hataraite imasu

  • Watashi wa Bali no hoteru de hataraite imasu.

(saya bekerja di hotel Bali)

  • Watashi wa daigaku de hataraite imasu.

(saya bekerja di universitas)

 

Menanyakan dan menyatakan Pekerjaan atau Profesi Dalam Bahasa Jepang

Terdapat 4 kalimat cara menanyakan pekerjaan atau profesi dalam bahasa Jepang. Perbedaannya adalah pada pola kalimat “[Nan no/ donna] o shigoto shite irun desuka” merupakan kalimat menanyakan bentuk hormat daripada pola kalimat dan pola “[nan no/ donna] o shigoto nasatte iru no desuka” lebih memberikan rasa sangat hormat daripada penggunaan pola kalimat ”[nan no/ donna] o shigoto sarete irun desuka”. Sedangkan pola kalimat “go-shokyugou wa” merupakan singkatan dari “go-shokugyou wa nan desuka” yang digunakan untuk bertanya “profesi”

Dalam menjawab dari pertanyaan yang di atas tersebut, kalian bisa menggunakan “[pekerjaan] desu”, “[pekerjaan/profesi] shite imasu” atau bisa dengan [tempat kerja] + de + hataraite imasu”. Jadi kalian tidak perlu mengucapkan kata “watashi” di depan kalimat saat akan menjawab pertanyaan dari lawan bicara. Berikut akan dijelaskan dengan beberapa contoh kalimat.

 

  • Contoh kalimat 1

A: Nan no shigoto shite irun desuka

(apakah pekerjaan anda?)

B: Maneejaa desu. Bari de hataraite imasu.

( seorang manejer. Bekerja di Bali)

 

  • Contoh kalimat 2

A: nan no shigoto o nasatte iru no desuka

(anda pekerjaannya apa?)

B: nihon de Kei’eisha o shite imasu

(menjadi seorang pengusaha di Jepang)

 

  • Contoh kaliamat 3

A: Shitsurei desuga, go shokugyou wa nan desuka

(maaf, profesi anda apa?)

B: hisho desu.

(sekretaris)

 

Minasan, setelah membaca artikel di atas terkait profesi atau pekerjaan dan pola kalimat menanyakan dan menyatakan profesi atau pekerjaan dalam bahasa Jepang khususnya dalam bidang pariwisata, kalian sudah mengetahui sekarang bahasa Jepang profesi atau pekerjaan khususnya dalam bahasa Jepang. Artikel diatas membuat kalian mendapatkan wawasan yang baru terkait profesi atau pekerjaan khususnya dalam bidang pariwisata dalam bahasa Jepang.

Minasan sekian artikel tentang edukasi bahasa Jepang hari ini, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel terkait bahasa Jepang pada situs website wikipedia.

kalian juga bisa baca artikel terkait materi edukasi bahasa Jepang lainnya dalam situs waktu dalam bahasa Jepang  dan tentang nama-nama hari dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat.

PERAYAAN DI JEPANG DAN TANGGAL DALAM BAHASA JEPANG
PENGUCAPAN KEPADA TAMU SAAT MELAYANI RESERVASI DALAM BAHASA JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *