waktu dalam bahasa Jepang

Ima nan-ji desuka Ada yang tahu arti dalam bahasa Indonesia? Benar banget arti dalam bahasa Indonesia “Sekarang jam berapa?” Masih ada yang belum tahu artinya?

 

Kata “ima nan-ji desuka?” adalah pertanyaan untuk menanyakan waktu dalam bahasa Jepang. Seperti menyebutkan Jam, menit, detik, dan jarak tempuh dalam bahasa Jepang tidak hanya sebatas satuan atau penanda waktu saja, namun satuan waktu juga dapat dijadikan topik dalam sebuah percakapan. Tak jarang pula percakapan dibuka dengan menanyakan waktu.

 

Lalu bagaimana caranya menanyakan atau menyatakan jam dalam bahasa Jepang? Mari simak penjelasan dibawah ini daripada kalian semakin penasaran!

 

Jam Dalam Bahasa Jepang

Sebelum mempelajari kata jam dalam bahasa Jepang, kalian harus paham tentang cara menyebutkan angka dalam bahasa Jepang, karena saat kalian menyebutkan jam dalam bahasa Jepang, kalian menyebutkan angka + ji + desu. Berikut akan dipaparkan secara tabel berikut.

tabel jam bahasa Jepang

Angka belasan dalam bahasa Jepang selalu dimulai dengan juu (10) dan di belakangnya ditambah bilangan 1 sampai 9.

 

  • Contoh 1:

Pada angka 13 terjemahkan 10 dahulu, yaitu “Juu”, kemudian terjemahkan angka 3, yaitu san, jadi digabungkan angka 13 itu dalam bahasa Jepang menjadi “Juu san”.

Kalau kalian menunjukkan Jam 13 menjadi “Juu San- Ji”. Kata “~ji” dibelakang angka 13 itu dalam bahasa Indonesia adalah jam.

 

  • Contoh 2:

Pada angka 21 terjemahkan dahulu angka 2, yaitu Ni, kemudian terjemahkan angaka 10, yaitu Juu dan yang terakhir terejmahkan angak 1, yaitu Ichi, jadi angka 21 itu bahasa Jepangnya adalah Ni Juu Ichi.

Kalau kalian menunjukkan jam 21 tinggal tambahakn ~ji di belakang angka tersebut, jadinya Ni Juu Ichi-ji desu.

Orang Jepang jarang menggunakan 24 jam dalam penyebutan jam, biasanya orang Jepang menggunakan 12 jam saja. Orang Jepang masih bingung menyebutkan jam dengan menggunakan 24 jam. Jadi kalau kalian mau memberikan informasi terkait jam dengan orang Jepang harus menggunakan 12 jam.

Agar memudahkan kalian mengucapkan 12 jam dan bisa membedakan waktu malam, sore atau siang, maka kalian bisa menggunakan pembagian waktu pagi, siang, sore, malam atau menggunakan pembagian waktu AM dan PM.

Agar lebih memudahkan untuk pembagian waktunya, berikut akan dipaparkan berupa tabel.

 

Pembagian 4 Waktu Dalam Bahasa Jepang

NO WAKTU BAHASA JEPANG
1 PAGI ASA
2 SIANG HIRU
3 SORE YUGATA
4 MALAM YORU

 

Dalam bahasa Jepang dari jam 00.00 hingga jam 11.00 disebut dengan “Asa”. Dari jam 11.00 sampai pukul 16.00 disebut dengan “Hiru”. Dari jam 16.00 sampai 19.00 disebut dengan “Yugata”, dan dari pukul 19.00 sampai pukul 00.00 disebut dengan “Yoru”.

 

Biasanya keterangan waktu akan diletakkan dibagian depan sebelum menyebutkan jam. Contohnya seperti berikut:

  • Yugata yo-ji desu, yang artinya “jam 4 sore”
  • Hiru ni-ji desu, yang artinya “jam 2 siang”
  • Asa hachi-ji desu, yang artinya “jam 8 pagi”
  • Yoru ku-ji desu, yang artinya “jam 9 malam”

 

A.M dan P.M dalam Bahasa Jepang

NO WAKTU BAHASA JEPANG
1 AM Gozen
2 PM Gogo

 

Gozen 午前 adalah bahasa Jepang untuk A.M atau sekitar pukul 00.00 hingga 11.59. Gozen diletakan di depan bilangan waktu.

Gogo 午後adalah bahasa Jepang untuk P.M atau sekitar pukul 12.00 hingga 23.59. Seperti Gozen, Gogo juga diletakan di depan bilangan waktu.

Keterangan waktu AM dan PM juga diletakkan di depan jam. Contohnya seperti:

  • Gogo roku-ji desu, yang artinya “jam 6 PM”
  • Gozen shichi-ji desu, yang artinya “jam 7 AM”

 

Menit dalam Bahasa Jepang

Selain pengucapan jam dalam bahasa Jepang, terdapat juga cara mengungkapkan menit dalam bahasa Jepang, sebagai tabel dibawah berikut berikut:

menit dalam bahasa Jepang

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa untuk kata pengucapan menit dalam bahasa Jepang sama dengan penempatan jam, yaitu dibelakang angka ~fun/ ~pun. Namun ada beberapa kata pelafalan yang spesial seperti pengucapan 1 menit (Ippun), 6 menit(roppun), 8 menit (Happun), dan 10 menit (Juppun).

 

Dari tabel diatas juga terdapat penyebutan 1-10 menit saja, cara menghitung angka 11 sampai puluhan selanjutnya sama dengan pengucapan jam, yaitu dengan mengisi kata ~jikan setelah angka, berikut akan dijelaskan sebagai berikut:

  • 12 menit dalam bahasa Jepang sebutkan dahulu bahasa Jepang angka 10, yaitu “Juu”, kemudian masukkan bahasa Jepang 2 menit yang ada di tabel atas, menjadi “Ni fun”. Jadi bahasa Jepang 12 menit adalah “Juu Ni fun” desu.

 

  • 20 menit dalam bahasa Jepang sebutkan dahulu bahasa Jepang angka 2, yaitu “Ni”, kemudian bahasa Jepang 10 menit bisa lihat dalam tabel diatas, yaitu “Juppun”. Jadi bahasa Jepang 20 menit adalah “Ni Juppun” desu.

 

  • 31 menit dalam bahasa Jepang sebutkan dahulu bahasa Jepang angka “3”, yaitu “san”, kemudian bahasa Jepang angka 10, yaitu “Juu” dan selanjutnya bisa melihat bahasa Jepang 1 menit dari tabel di atas, yaitu “Ippun”. Jadi bahasa Jepang 31 menit itu adalah “san juu ippun” desu.

 

Penyebutan menit puluhan, pertama angka yang dahulu disebutkan kemudian paling belakang selalu mengacu pada tabel yang ada di atas. Gampang bukan?

 

 

Menanyakan dan Menyatakan Jam dalam Bahasa Jepang

 

  • Percakapan 1

A: 今何時ですか?

(Ima nan-ji desu ka?)

Jam berapa sekarang?

 

B: 今は午前7時です

(Ima wa gozen 7-ji desu)

Sekarang jam 7 pagi

 

何時 (nan-ji) adalah cara menanyakan jam dalam bahasa Jepang. 何 (nan) memiliki arti ‘apa’, sedangkan 時 (ji) memiliki arti ‘jam’.

 

  • Percakapan II

A: 何時に来ますか?

Nan-ji ni kimasu ka?

Jam berapa kamu datang?

 

B: 4時半

(4-ji han)

4.30 / Setengah 5

 

半 (han) yang memiliki arti ‘setengah’ dapat digunakan ketika ingin menyatakan waktu yang lebih dari 30 menit.

 

Menyebutkan Detik Dalam Bahasa Jepang

Selain cara menyebutkan jam dan menit, terdapat juga penyebutan detik dalam bahasa Jepang. Biasanya penyebutan detik sangat jarang diucapkan terutama pada saat menanyakan jam kepada orang lain, karena biasanya pengucapan detik digunakan saat melakukan perlombaan yang memerlukan timer. Berikut akan dijelaskan dalam bentuk tabel berikut:

detik dalam bahasa Jepang

Dari tabel di atas, terlihat jelas saat pengucapan detik dalam bahasa Jepang, yaitu “byou”. Pelafalan angka tidak ada perubahan sama sekali dan masih tetap seperti pelafalan saat menyebutkan angka dalam bahasa Jepang yang sudah dipelajari sebelumnya. Berikut akan dijelaskan contoh kalimat:

 

  • Percakapan 1

A: Nan-byou desuka

(berapa detik?)

B: san-byou desu.

(3 detik)

 

  • Percakapan II

A: nan-byou yomimasuka

(berapa detik membaca?)

B: juu-byou yomimasu.

(membaca 10 detik)

 

Menyebutkan Waktu Jarak Tempuh Dalam Bahasa Jepang

Jika ingin menyatakan durasi jam, kita hanya perlu menambahkan keterangan “~kan” setelah keterangan jam, dengan kata lain adalah menambahkan keterangan “~jikan” setelah angka, yang sesuai dengan artikel “jam dalam bahasa Jepang”. Berikut akan dijelaskan sesuai dengan tabel berikut:

jangka waktu bahasa jepang

Pengucapan jam sama dengan pengucapan jarak tempuh waktu, perbedaannya menyebutkan jam dibelakang angka ditambahkan “~ji” sedangkan jarak tempuh waktu ditambahkan kata “~jikan” dibelakang angka. Berikut akan diperjelas kembali dengan beberapa contoh percakapan berikut:

 

A: Nan-jikan benkyou shimasuka.

(berapa lama waktu belajar)

B: Ni-jikan benkyou shimasu.

(belajar selama 2 jam)

 

Pola kalimat ~kara ~ made

Pola kalimat “~kara” memiliki arti “dari~” dan pola kalimat “~made” memiliki arti “sampai~”. Pola kalimat ini dapat digunakan dalam jangka waktu atau jarak tempuh waktu perjalanan. Agar lebih mudah di pahami, akan dijelaskan berupa contoh berikut:

 

  • Percakapan 1

A: Nan-ji kara nan-ji made desuka.

(dari jam berapa sampai jam berapa?)

B: shichi-ji kara hachi-ji made desu.

(dari jam 7 sampai jam 8)

 

  • Percakapan 2

A: Surabaya kara bali made nan-jikan gurai kakarimasuka

(dari surabaya sampai bali kira-kira memerlukan waktu berapa lama?)

B: surabaya kara bali made ichi jikan gurai desu.

(dari surabaya sampai bali kira-kira 1 jam)

 

Belajar bahasa Jepang tidak cukup hanya teori, kamu memerlukan praktik untuk membiasakan diri berbicara dengan bahasa Jepang. Karena belajar bahasa jika tidak di praktikkan maka bahasa yang dipelajari tidak akan bisa menjadi baik.

Selain itu kalian juga bisa baca artikel tentang bagaimana cara belajar bahasa Jepang dengan menyenangkan melalui link website disini

Artikel di situs website dari wikipedia melalui link berikut ini

Sekian dulu informasi dari saya, semoga informasi ini bisa menambah ilmu bahasa Jepang tentunya dengan materi pembelajaran waktu dalam bahasa Jepang.

MENGENAL NAMA-NAMA HARI DALAM BAHASA JEPANG
BESARAN GAJI KERJA DI JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *