nama-nama hari dalam bahasa Jepang

Pasti kalian sudah hafal nama-nama hari dalam bahasa Inggris bukan? Kalau dalam bahasa Jepang sudah hafal? Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang nama-nama hari dalam bahasa Jepang beserta artinya.

Sebelum kalian mempelajari nama-nama hari dalam bahasa Jepang, perlu diketahui bahwa pada kalender Jepang, hari pertama dalam satu minggu dimulai dari hari minggu, senin sebagai hari kedua, dan hari-hari seterusnya. Meskipun begitu, banyak orang Jepang yang menyatakan hari pertama dimulai dari hari senin bukan dari hari minggu.

Pelajaran mengenai nama-nama hari dalam bahasa Jepang merupakan materi dasar dalam belajar bahasa Jepang dengan tema kalender. Meskipun begitu, nama-nama hari dalam bahasa Jepang ini sangat penting untuk dipelajari, karena sering digunakan pada kalimat tanya dalam percakapan kehidupan sehari-hari di Jepang.

Selain kehidupan sehari-hari nama-nama hari dalam bahasa Jepang biasanya juga ditanyakan kepada peserta didik saat sebelum memulai kelas, agar pendidik tidak salah memasukkan absensi peserta didik.

Biasanya dalam menghafalkan nama-nama hari dalam bahasa Jepang berupa lagu-lagu agar peserta didik dengan mudah dapat menghafalkan nama-nama hari dalam bahasa Jepang.

Cara menghafalkan nama-nama hari dalam bahasa Jepang dengan menggunakan lagu-lagu itu merupakan metode yang sangat baik bagi peserta didik untuk cepat menghafal nama-nama hari dalam bahasa Jepang.

Metode cara menghafal nama-nama hari dalam bahasa Jepang menggunakan lagu yang sudah di uji coba ini bisa kalian coba pada peserta didik dari usia 6 tahun juga.

Berikut penjelasan secara jelas nama-nama hari dalam bahasa Jepang

 

Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

Secara umum, dalam satu minggu terdapat tujuh nama hari. Sama halnya di Jepang, penamaan hari dalam bahasa Jepang sangat sederhana dan mudah untuk diingat. Berikut merupakan ketujuh nama hari dalam bahasa Jepang dimulai dari senin sampai Minggu beserta penulisannya dalam huruf hiragana dan juga kanji. Nama hari dalam Bahasa Jepang diambil dari nama-nama planet dalam tata surya. Penulisan dalam huruf kanji yang digunakan untuk menuliskan nama hari seperti berikut:

  • 月曜日 = げつようび getsuyoubi (Senin)
  • 火曜日 = かようび kayoubi (Selasa)
  • 水曜日 = すいようび suiyoubi (Rabu)
  • 木曜日 = もくようび mokuyoubi (Kamis)
  • 金曜日 = きんようび kinyoubi (Jum’at)
  • 土曜日 = どようび doyoubi (Sabtu)
  • 日曜日 = にちようび nichiyoubi (Minggu)

Agar memudahkan dalam menghafal nama-nama hari dalam bahasa Jepang, kita dapat memperhatikan huruf kanjinya saja tanpa mengeja youbi (hari), yaitu 月(getsu/ senin), 火 (ka/ selasa), 水 (sui/ rabu), 木 (moku/ kamis), 金 (kin/ jumat), 土 (dou/ sabtu), 日 (nichi/ minggu).

Namun bisa juga kalian buatkan lagu nama-nama hari dalam bahasa Jepang yang diawali dengan 日 (nichi/ minggu), 月(getsu/ senin), 火 (ka/ selasa), 水 (sui/ rabu), 木 (moku/ kamis), 金 (kin/ jumat), 土 (dou/ sabtu) ya…

Kalian bisa dengarkan lagu nama-nama hari dalam bahasa Jepang yang sudah banyak tersebar di Youtube, jadi gak perlu bingung lagi untuk mencari lagu nama-nama hari dalam bahasa Jepang ya…

Kanji-kanji yang terkandung dalam nama-nama hari dalam bahasa Jepang juga memiliki arti ternyata, mau tau arti kanji dalam nama-nama hari dalam bahasa Jepang bukan. Silahkan baca baik-baik arti kanji nama-nama hari dalam bahasa Jepang.

 

 

Arti Kanji Nama-Nama Hari Bahasa Jepang

Arti kanji nama hari

Coba perhatikan penulisan kanji pada nama-nama hari di atas, ternyata huruf kanji yang digunakan untuk menuliskan nama hari dari senin sampai minggu tersebut diambil dari unsur-unsur alam, berikut penjelasannya.

 

月 (getsu)

Senin       : getsu youbi
Hiragana : げつようび
Katakana : ゲツヨウビ
Kanji        : 月曜日
Arti           : bulan

月 (gestu) adalah huruf kanji yang artinya bulan. Kanji ini dibaca “getsu/gatsu” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), Sedangkan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca tsuki.

 

火 (ka)

Selasa      : ka youbi
Hiragana : かようび
Katakana : カヨウビ
Kanji        : 火曜日
Arti           : api

火 (ka) adalah huruf kanji yang artinya api. Kanji ini dibaca “ka” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), sedangkan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca “hi“.

 

水 (sui)

Rabu       : sui youbi
hiragana : すいようび
katakana : スイヨウビ
kanji        : 水曜日
Arti          : air

水 (sui) adalah huruf kanji yang artinya air. Kanji ini dibaca “sui” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), sedangkan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca mizu.

 

木 (moku)

Kamis      : moku youbi
hiragana : もくようび
katakana : モクヨウビ
kanji        : 木曜日
Arti          : pohon

木 (moku) adalah huruf kanji yang artinya pohon. Kanji ini dibaca “moku/boku” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), sedangkan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca “ki“.

 

金 (kin)

Jumat      : kin youbi
Hiragana : きんようび
Katakana : キンヨウビ
Kanji        : 金曜日
Arti          : emas atau uang

金 (kin) adalah huruf kanji yang artinya emas atau uang. Kanji ini dibaca “kin” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), sedangkan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca “kane”.

 

土 (do)

Sabtu       : do youbi
Hiragana : どようび
Katakana :ドヨウビ
Kanji        : 土曜日
Arti           : tanah

土 (do) adalah huruf kanji yang artinya tanah. Kanji ini dibaca “do” dengan cara onyomi (serapan bahasa China), sedangkan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca “tsuchi”.

 

日 (nichi)

Minggu : nichi youbi
Hiragana : にちようび
Katakana : ニチヨウビ
Kanji : 日曜日
Arti : matahari

日 (nichi) adalah huruf kanji yang artinya matahari. Kanji ini dibaca nichi/ni/jitsu dengan cara onyomi (serapan bahasa tionghoa). Sedangan dengan cara kunyomi (bahasa Jepang asli) dibaca hi/bi/ka.

 

Keterangan Waktu Dalam Bahasa Jepang

Keterangan waktu hari dalam bahasa Jepang

Selain belajar nama-nama hari, kita juga perlu mempelajari kosakata keterangan waktu lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah percakapan bahasa Jepang saat menanyakan hari-hari dan tanggal dalam bahasa jepang menggunakan keterangan waktu yang sama, biasanya antara nama hari dan tanggal saling berkaitan dengan keterangan waktu. Berikut ini adalah keterangan waktu dalam bahasa Jepang :

  • 今日 Kyou (hari ini)
  • 昨日 Kinou (kemarin)
  • 明後日 Asatte (lusa)
  • 朝 Asa (pagi)
  • 今朝 Kesa (tadi pagi)
  • 晩 / 夜 Ban / Yoru (malam)
  • 夕べ Yuube (tadi malam)
  • 今晩 Konban (malam ini)
  • 明日 Ashita (besok)
  • 毎日 Mainichi (setiap hari)
  • 毎朝 Maiasa (setiap pagi)
  • 毎晩 Maiban (setiap malam)
  • 今週 Konshuu (minggu ini)
  • 先週 Senshuu (minggu lalu)
  • 来週 Raishuu (minggu depan)

Penggunaan Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

Setelah mempelajari nama hari dan keterangan waktu dalam bahasa Jepang, selanjutnya akan dijelaskan cara penggunaannya dalam kalimat atau suatu percakapan sehari-hari. Silahkan simak beberapa contoh penggunaan nama-nama hari dalam bahasa Jepang dan beberapa kalimat percakapan terkait nama-nama hari dalam bahasa Jepang sebagai berikut ini.

 

Pola Kalimat 

  • Keterangan Waktu + wa (partikel) + nama hari + desu

Pola di atas merupakan pola untuk menginformasikan nama hari dalam bahasa Jepang. Terdapat partikel は (wa) di dalam kalimat tersebut berfungsi untuk menunjukkan topik dari kalimat yaitu ‘hari ini’, sedangkan penggunaan akhiran -desu di akhir dapat dihilangkan.  Akhiran -desu tersebut merupakan bentuk yang menunjukkan pola kalimat sopan.

Dengan menggunakan nama-nama hari dalam bahasa Jepang yang ada pada artikel perbendaharaan kata yang terdapat di dalam artikel tersebut, maka berikut adalah contoh dari penggunaannya:

  • 今日は月曜日「です」/ きょうはげつようび「です」/ Kyou wa getsuyoubi [desu]/ Hari ini hari Senin
  • 今日は火曜日「です」/ きょうはかようび「です」/ Kyou wa kayoubi [desu]/ Hari ini hari Selasa
  • 今日は水曜日「です」/ きょうはすいようび「です」/ Kyou wa suiyoubi [desu]/ Hari ini hari Rabu
  • 今日は木曜日「です」/ きょうはもくようび「です」/ Kyou wa mokuyoubi [desu]/ Hari ini hari Kamis
  • 今日は金曜日「です」/ きょうはきんようび「です」/ Kyou wa kinyoubi [desu]/ Hari ini hari Jumat
  • 今日は土曜日「です」/ きょうはどようび「です」/ Kyou wa doyoubi [desu]/ Hari ini hari Sabtu
  • 今日は日曜日「です」/ きょうはにちようび「です」/ Kyou wa nichiyoubi [desu]/ Hari ini hari Minggu

 

Percakapan Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Jepang

 

A: 今日は何曜日ですか?
(Kyou wa nanyoubi desuka?)
Hari ini hari apa?

B: 今日は月曜日です。
(Kyou wa getsuyoubi desu.)
Hari ini adalah hari senin.

 

A: 昨日は何曜日ですか?
(Kinou wa nanyoubi desuka?)
Kemarin hari apa?

B: 昨日は日曜日です。
(Kinou wa nichiyoubi desu.)
Kemarin adalah hari minggu.

 

A: いつ 日本 へ 行きましか?
(Itsu nihon e ikimashika?)
Kapan kamu pergi ke Jepang?

B: 来週 日本 へ 行きます。
(Raishuu nihon e ikimasu.)
Saya akan pergi ke Jepang minggu depan.

 

  • Percakapan Menanyakan Kepastian Nama Hari

A; 今日は金曜日ですか?
(Kyou wa kinyoubi desuka?)
Apakah hari ini hari jumat?

B: いいえ, 今日は金曜日ではなく土曜日ます。
(Iie, kyou wa kinyoubi de wanaku doyoubi desu.)
Bukan, hari ini bukan hari jumat, tetapi hari sabtu.

 

Kalian juga bisa baca cara menyenangkan menghafal kanji Jepang . Terkait dengan materi nama-nama hari dalam bahasa Jepang lebih jelasnya juga kalian bisa masuk ke situs website Wikipedia.

 

Selain tentang nama-nama hari dalam bahasa Jepang, ternyata ada hari-hari mistis juga di daerah Jepang. Berikut akan dipaparkan hari-hari apa saja yang dianggap mistis di Jepang.

 

Hari-Hari Mistik Dalam Bahasa Jepang

MISTIS DI JEPANG

Selain membahas nama hari dalam bahasa Jepang, ternyata di Jepang juga terdapat hari-hari yang dipercaya mempunyai hari-hari yang mistis. Pasalnya, sampai saat ini di Jepang sana masih ada banyak kalender dinding Jepang yang memuat mengenai informasi hari-hari mistik.

Hari-hari mistik yang terdapat di Jepang itu pun sampai sekarang masih dipercaya sebagai pedoman untuk memilih hari baik dan melakukan upacara-upacara yang bersifat resmi seperti resepsi pernikahan atau juga upacara kematian.

Hari-hari mistik di Jepang ini pun disebut dengan rokuyō (六曜) yang terdiri dari 6 hari-hari mistik. Adapun penjelasan mengenai hari-hari mistik di Jepang itu adalah sebagai berikut :

 

1. Shakkō (赤口)

Shakkō (赤口) di Jepang sana biasa disebut dengan hari sial. Pada hari ini, kebanyakan orang di Jepang percaya bahwa apabila hendak melakukan suatu acara, ada baiknya mereka tidak mengadakan acara yang bersifat penting seperti misalnya acara kematian atau pernikahan.

Orang-orang Jepang mempercayai bahwa apabila mereka tetap melakukan acara tersebut di hari Shakkō (赤口), maka hal buruk kelak akan terjadi padanya.

 

2. Dai an (大安)

Dai an (大安) biasa disebut dengan hari yang mujur untuk melakukan segala macam kegiatan atau acara. Dai an (大安) ini merupakan kebalikan dari Shakkō (赤口) dimana pada hari ini, semua acara seperti pernikahan, kematian, ataupun juga acara lainnya, tentu saja sangat cocok untuk dilaksanakan pada hari ini.

 

3. Sakimake atau senbu (先負)

Sakimake atau senbu (先負) sering disebut dengan hari dimana kita harus berhati-hati. Pada hari ini, biasanya setiap orang di Jepang sana percaya bahwa mereka sebaiknya harus bisa menghindari keputusan yang bersifat penting.

 

4. Tomobiki (友引)

Tomobiki (友引) ini biasa disebut dengan hari untuk tidak mengadakan pemakaman. Apabila mengacu pada artinya, Tomo (友) itu memiliki arti sebagai teman, sementara Biki (引) itu memiliki arti menarik. Jadi, konon katanya apabila kita mengadakan suatu pemakaman pada hari Tomobiki (友引), maka orang yang meninggal itu akan kelak akan ‘mengajak’ teman-temannya yang masih hidup untuk ikut pergi bersama-sama ke alam gaib sana.

 

5. Sakigachi atau senshō (先勝)

Sakigachi atau senshō (先勝) ini disebut dengan hari yang baik untuk semua acara yang penting, namun dengan catatan asalkan acara tersebut diadakan pada pagi hari jangan sampai menjelang siang.

 

6. Butsumetsu (仏滅)

Butsumetsu (仏滅) biasa disebut hari sial untuk memulai sesuatu. Artinya, pada hari ini sebaiknya kita tidak mengadakan resepsi pernikahan ataupun juga membuka bisnis usaha. Karena apabila dipaksakan untuk mengadakan resepsi pernikahan dan juga membuka bisnis usaha, takutnya hal buruk akan terjadi.

 

Demikianlah pembahasan mengenai nama hari dalam bahasa Jepang dan informasi terkait nama hari-hari yang dianggap mistis di Jepang. Semoga bermanfaat dalam belajar bahasa Jepang.

CARA GAMPANG MENGHAFAL KANJI JEPANG
MENJELASKAN KETERANGAN WAKTU DALAM BAHASA JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *