Tanggal bahasa Jepang

Apakah kalian tahu bagaimana cara menulis tanggal dalam penanggalan Jepang? Di Eropa, tanggal dimulai dengan hari, kemudian bulan dan terakhir adalah tahun, contohnya 09/03/2020, sementara penanggalan di Amerika akan menjadi 03/09/2020. Cara penulisan tanggal di Jepang, menggunakan dua kalender: kalender modern Gregorian dan kalender tradisional Jepang, yang disebut sistem nengo (年号)

Sebagian besar bentuk penanggalan ditulis mirip dengan pendekatan Eropa, diurutkan susunannya berdasarkan “besarnya”, tetapi secara terbalik, dimulai dengan urutan tertinggi: tahun/bulan/hari, dan menggunakan karakter kanji untuk hari, bulan, dan tahun. Contohnya, 09 Maret 2020 akan menjadi 2020年3月09日. 年 (nen) berarti “tahun”, 月 (gatsu) “bulan” dan 日(nichi) berarti “hari”, walaupun cara membaca (日) tergantung pada konteks kalimatnya.

 

Tanggal Dalam Bahasa Jepang

kalender

Agar lebih gampang menghafal tanggal dalam bahasa Jepang, Berikut akan dipaparkan tanggal dalam bahasa Jepang. Berikut penyebutan khusus untuk penanggalan :

 

1日 ついたち / Tsuitachi = tanggal 1

2日 ふつか / Futsuka = tanggal 2

3日 みっか / Mikka= tanggal 3

4日 よっか / Yokka = tanggal 4

5日 いつか/ Isuka = tanggal 5

6日 むいか/ Muika = tanggal 6

7日 なのか / Nanoka = tanggal 7

8日 ようか / Youka= tanggal 8

9日 ここのか/ Kokonoka = tanggal 9

10日 とおか / Tooka= tanggal 10

mulai 11日 (じゅういちにち) menggunakan “nichi”, kecuali untuk tanggal 14 “juu yokka” , tanggal 20日 dibaca “はつか/ Hatsuka” dan tanggal 24 “ni juu yokka”

Contoh :

3月3日頃に

さんがつ/San-gatsu・みっか/ Mikka・ごろ/Goro・に/ni

(Sekitar tanggal 3 Maret)

 

Format penulisan penanggalan Jepang adalah Tahun-Bulan-Tanggal.

 

  • 8月17(はち/Hachi・がつ/ Gatsu・じゅうなな/ Juu nana・にち/ Nichi)= 17 Agustus
  • 2020年5月6日(にせんにじゅう/ Ni sen ni juu・ねん/ nen・ごがつ/ go-gatsu・むいか/ Muika)= 6 Mei 2020
  • 七月二十六日 日曜日(しちがつ/ Shi-gatsu・にじゅうろく/ ni juu roku・にち にちようび/ nichiyoubi)= Minggu, 26 Juli.

 

Kalian dapat baca kembali terkait nama-nama hari dalam bahasa Jepang pada situs website.

Selain itu kalian juga bisa buka situs website wikipedia terkait kalender lebih lengkapnya.

Dalam penulisan yang sederhana, pertama menulis bulan, kemudian garis miring tanggal.

Kalender tradisional Jepang, dalam bahasa Inggris, merujuk pada “kalender kerajaan”, yang berhubungan dengan nama era di Jepang.

Setiap era dimulai dengan masa pemerintahan seorang kaisar. Kebanyakan digunakan pada situasi formal (seperti undangan pernikahan, perayaan, cap stempel, dan sebagainya.) dan bagi pemerintah untuk menulis dokumen-dokumen resmi, misalkan pada surat akta kelahiran seseorang. Tanggal pada uang juga menggunakan sistem nengo. Era saat ini adalah “reiwa” (令和) yang dimulai pada tahun 2019.

  • 1912 – 1926 = era Taisho
  • 1926 – 1989 = era Showa
  • 1989 – 2019 = era Heisei​
  • 1 Mei 2019 – sekarang = era Reiwa

 

Hari-Hari Libur Nasional di Jepang

Libur nasional di Jepang

Orang Jepang memiliki banyak hari penting dan hari libur nasional, tetapi tidak semua hari penting adalah hari libur, dan banyak yang tidak memiliki tanggal tetap di kalender. Pada artikel ini, kami merangkum Hari Libur Jepang beserta tautan artikel terkait.

Pemerintah Jepang mengumumkan dan menetapkan hari-hari berikut ini sebagai undang-undang untuk menjadi hari libur nasional. Namun, terdapat undang-undang yang menyatakan bahwa, ketika hari libur jatuh pada hari Minggu, maka akan ada hari libur kompensasi pada hari biasa berikutnya. Jika ada satu hari yang diapit oleh dua hari libur nasional, itu akan menjadi Hari Libur juga.

1 Januari : Tahun Baru

tahun baru di Jepang

Orang Jepang merayakan Hari Tahun Baru (dan Malam Tahun Baru) dengan cara tradisional yang unik. Upacara Hari Kedewasaan sering diadakan pada hari ini, dengan beberapa pengecualian seperti di daerah yang bersalju lebat. Pemerintah daerah akan mengundang mereka yang berusia 20 tahun untuk berpartisipasi dalam upacara di fasilitas lokal/ aula kabupaten.

11 Februari : Hari Pembentukan Negara

terbentuknya negara jepang

Menurut mitologi Jepang kuno dan dibandingkan dengan kalender Gregorian, bangsa ini didirikan pada hari ini. Hari ini adalah Hari Tahun Baru Jepang yang lama di kalender lunisolar.

23 Februari : Hari Ulang Tahun Kaisar

ultah kaisar di Jepang

Pada Periode sebelumnya yaitu Heisei, Ulang Tahun Kaisar dirayakan pada tanggal 23 Desember, tetapi setelah pelepasan Kaisar Heisei (Akihito), tanggal tersebut berubah menjadi hari lahir Kaisar Reiwa (Naruhito) sejak dinobatkan menjadi Kaisar berikutnya. Namun, Ulang Tahun Kaisar tidak dirayakan pada tahun 2019 karena waktu tersebut adalah waktu pelepasan dan penobatan.

20 atau 21 Maret: Hari Vernal Ekuinoks / “Shunbun no Hi”

Jepang mungkin satu-satunya negara di dunia yang merayakan hari Equinox sebagai hari libur, tapi ini berasal dari keyakinan bahwa pada hari Equinox, roh di akhirat akan kembali mengunjungi alam fana, jadi untuk memudahkan orang mengunjungi kuburan atau memegang upacara peringatan selama periode ini, hari Equinox dijadikan sebagai hari libur nasional.

29 April : Hari Showa

Awalnya merupakan hari ulang tahun Kaisar Showa (Hirohito), kemudian diubah menjadi Hari Hijau /Midori no Hi setelah berakhirnya masa pemerintahannya. Namun, Hari Hijau ini dipindahkan ke tanggal 4 Mei untuk memperkuat koleksi liburan panjang “Golden Week”, dan tanggal 29 April dinamai “Nama Showa”.

3 Mei : Hari Peringatan Konstitusi

Merayakan berlakunya Konstitusi Jepang tahun 1947, dan hari libur pertama di Liburan Panjang Jepang “Golden Week”.

4 Mei : Hari Hijau / Midori no Hi

Menurut hukum, sebelumnya merupakan Hari Libur Nasional,  Namun pada tahun 2007, Hari Hijau dipindahkan ke tanggal 4 Mei sedangkan tanggal 29 April menjadi Hari Showa.

5 Mei : Hari Anak

hari anak di Jepang

Hari libur terakhir dalam liburan panjang “Golden Week”, merupakan hari untuk merayakan kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak khususnya anak laki-laki. Bendera ikan mas (Koinobori) dikibarkan selama perayaan ini.

Senin di Minggu ke-3 bulan Juli : Hari Laut

Juga dikenal sebagai “Ocean Day” atau “Sea Day”, adalah hari untuk merayakan berkah dari laut.

11 Agustus : Hari Gunung

hari gunung di Jepang

Hari Libur Nasional yang diresmikan sejak tahun 2016 untuk menghargai kekayaan alam/ gunung.

Senin di Minggu ke-3 bulan September : Hari Penghormatan Kepada Orang Lanjut Usia

hari orangtua di Jepang

Hari untuk menghormati orang tua yang telah berada di masyarakat selama bertahun-tahun dan merayakan umur panjang mereka. Dirayakan dengan memberikan piring perak peringatan untuk siapa saja yang berusia 100 tahun. Merupakan bagian dari liburan beruntun “Silver Week”.

22 atau 23 September :  Hari Ekuinoks Musim Gugur/ Hari “Shubun no Hi”

Seperti Vernal Equinox Day/ Shunbun no Hi, ini adalah hari untuk menghormati leluhur dan berkabung bagi mereka yang telah meninggal, dan tanggalnya mungkin berbeda setiap tahun. Merupakan bagian dari liburan beruntun “Silver Week”.

Senin di Minggu ke-2 bulan Oktober : Hari Olahraga

Sebelumnya dikenal sebagai “Hari Kesehatan dan Olahraga”, hari libur nasional ini adalah untuk memperingati pembukaan Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo.

3 November : Hari Kebudayaan

hari kebudayaan di Jepang

Memperingati hari lahir Kaisar Meiji (Mutsuhito), Hari Kebudayaan sering dirayakan dengan berbagai perayaan seperti festival sekolah, pameran seni dan lain-lain.

23 November : Hari Labour

Awalnya hari ini adalah hari festival panen pada era pertanian. Pada masa pascaperang dimodernisasi untuk mempromosikan hak-hak pekerja. Ingatlah bahwa saat ini adalah hari libur umum, beberapa sekolah atau universitas mungkin beroperasi seperti biasa

Hari Libur Nasional yang Diubah karena Tokyo Olympic 2020 & 2021

Selama tahun 2020, beberapa hari libur telah dijadwalkan untuk memperingati Tokyo Olympic 2020, sebagai berikut:

  • Hari Laut: Dipindahkan ke tanggal 23 Juli (yang bertepatan dengan Upacara Pembukaan)
  • Hari Olahraga: Dipindahkan ke tanggal 24 Juli (tambahan hari libur sebelum akhir pekan)
  • Hari Gunung: Dipindahkan ke tanggal 8 Agustus (yang bertepatan dengan Upacara Penutupan)

Dengan adanya jadwal ulang Tokyo Olympic, ada yang memperkirakan liburan ini akan dipindahkan lagi pada 2021. Usulan sudah diumumkan pada Mei 2020, namun belum secara resmi disahkan oleh parlemen. (Informasi Oktober 2020)

 

Hari Libur Nasional Jepang dalam Setahun

Fasilitas pendidikan dan perkantoran, ada waktu-waktu tertentu dalam setahun di mana mereka tutup atau orang-orang berlibur untuk memperpanjang waktu libur; ini dikenal sebagai liburan panjang.

Berikut kami rangkum liburan panjang di Jepang:

 

Liburan Musim Dingin dan Musim Liburan Tahun Baru di Jepang

musim dingin di Jepang

Dikenal sebagai Liburan Musim Dingin untuk dunia pendidikan dan Musim Liburan Tahun Baru secara umum, ini adalah periode dari sekitar 23 Desember hingga 7 Januari, meskipun banyak sekolah dan perkantoran mungkin memiliki waktu istirahat yang lebih pendek (seperti 28 Desember hingga 4 Januari ). Layanan publik dan toko sering kali mulai lebih awal untuk mendapatkan pengunjung / pelanggan saat istirahat.

 

Liburan Musim Semi di Jepang

musim semi di Jepang

Dunia pendidikan , Liburan Musim Semi adalah periode antara akhir semester kedua dan semester pertama tahun ajaran berikutnya. Mahasiswa, dimulai dari awal Februari hingga awal April selama total dua bulan, sedangkan untuk pelajar sekolah mungkin dimulai sekitar tanggal 21 Maret dan berakhir pada tanggal 7 April atau lebih cepat.

 

Golden Week di Jepang

golden week di Jepang

Golden Week adalah periode yang dimulai sekitar tanggal 29 April (Hari Showa) hingga hari libur berturut-turut dari tanggal 3 hingga 5 Mei (Hari Peringatan Konstitusi, Hari Hijau, Hari Anak). Banyak perkantoran atau institut dapat memberi pekerja / siswa mereka lebih banyak hari libur dengan tutup dari tanggal 29 April (Hari Showa) hingga akhir Golden Week . Untuk perkantoran yang tidak tutup antara tanggal 30 April hingga 2 Mei, para pekerja dapat menggunakan waktu libur mereka sendiri untuk memperpanjang liburan mereka.

 

Liburan Musim Panas di Jepang

musim panas di Jepang

Siswa sekolah menikmati liburan panjang antara semester pertama dan kedua dari pertengahan Juli hingga akhir Agustus. Beberapa perguruan tinggi / universitas, semester kedua mungkin dimulai setelah Silver Week, sehingga mereka bisa menikmati liburan selama dua bulan.

 

Musim Liburan Obon di Jepang

obon di Jepang

Bertepatan dengan liburan musim panas anak-anak, orang dewasa juga menikmati Musim Liburan Obon yang diberikan oleh kantor atau perusahaan mereka. Bergantung pada bisnisnya, beberapa mungkin menawarkan hari libur yang fleksibel, hari libur tetap dari tanggal 13 hingga 15 Agustus, atau libur seminggu penuh. Orang-orang sering membawa keluarganya untuk mengunjungi leluhur mereka di kampung halaman dan berziarah ke makam leluhur.

 

Silver Week di Jepang

Silver Week mengacu pada hari libur berturut-turut yang berpusat pada Hari Penghormatan untuk Lansia dan Hari Ekuinoks Musim Gugur/ Shubun no Hi. Setiap tahunnya dapat bervariasi, karena Hari Penghormatan untuk Lansia hanya jatuh pada hari Senin sementara Hari Ekuinoks Musim Gugur ditetapkan pada 21 atau 22 September: jika ada satu hari di antara mereka, hari itu akan menjadi Hari Libur Warga menurut undang-undang, dan para pekerja hanya perlu menggunakan waktu libur selama dua hari untuk mendapatkan libur seminggu penuh.

 

Festival Sekolah di Jepang

Bagi siswa, periode antara tanggal 1 dan 3 November atau akhir pekan terdekat sering kali menjadi hari untuk Festival Sekolah, dan meskipun tidak ada jadwal perkuliahan, beberapa diwajibkan untuk menghadiri festival sekolah dan menulis laporan atau berpartisipasi dalam beberapa kegiatan.

 

Apa yang harus dilakukan selama Hari Libur Jepang?

Banyak fasilitas terkait pariwisata dapat beroperasi seperti biasa pada hari libur ini untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pengunjung, dan tutup pada hari kerja berikutnya, kecuali untuk Musim Liburan Tahun Baru (kebanyakan hanya pada Malam Tahun Baru dan Hari Tahun Baru). Jadi, jika kamu berkunjung ke Jepang saat masa liburan, kamu masih bisa menikmati banyak tempat wisata, namun waspadalah terhadap kepadatan dan waktu menunggu yang lama.

Selain itu, banyak dari liburan ini memiliki event atau festival unik, seperti festival sekolah atau festival kembang api, jadi nikmatilah jika kamu mengunjungi Jepang pada waktu-waktu seperti itu!

BESARAN GAJI KERJA DI JEPANG
PROFESI DI BIDANG PARIWISATA DALAM BAHASA JEPANG

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *