Cara mudah menghafal kanji

 

Dalam bahasa Jepang, ada 3 jenis tulisan yang perlu diketahui. Ada tulisan hiragana dan katakana yang cukup mudah untuk dipelajari. Selanjutnya, ada tulisan kanji yang sulit untuk dipelajari. Bahkan, orang Jepang sekalipun sulit dalam mempelajari bahasa Jepang, karena itulah, untuk mempelajari tulisan kanji, perlu diketahui cara mudah dan menyenangkan dalam mempelajari kanji Jepang untuk pemula.

 

Apalagi, kanji ini memiliki jumlah tulisan sebanyak ribuan dan selalu mengalami perkembangan setiap tahun. Bisa dibilang, kanji merupakan tulisan tertua yang tetap digunakan sampai sekarang.

 

Umumnya, orang Jepang mempelajari kanji Jepang sejak sekolah dasar. Meskipun demikian, masih banyak orang Jepang yang sulit untuk mempelajari dan menghafal kanji. Apalagi pemula, jika berniat untuk belajar kanji sebaiknya mengetahui tips dan cara mudah belajar kanji Jepang untuk pemula. Hal ini dilakukan agar proses menghafal kanji menjadi lebih menyenangkan.

 

Sejarah Singkat Tentang Kanji Jepang

Belajar kanji Jepang

Kanji juga mempunyai sejarah, yaitu ternyata tulisan kanji sebenarnya berasal dari Cina, yang secara harfiah berarti “aksara dari Han”. Kemudian, Jepang mengadopsi tulisan kanji cina itu ke dalam bentuk kanji untuk melambangkan makna yang sederhana.

 

Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (katakana, hiragana) dan romaji.

 

kanji terdiri dari bermacam-macam bentuk, diantaranya yaitu: 甲骨 (kokotsu), 金文 (kinbun), 篆文 (tenbun), dan 楷 書 (kaisho). 甲骨 (kokotsu) adalah huruf Kanji yang paling kuno yang pernah ditemukan di China.

 

金文 (kinbun) adalah huruf yang digunakan pada zaman dinasti Chou (周) sekitar abad 11 SM sampai 7 SM. Huruf Kanji Kinbun diketemukan terukir di peralatan perunggu yang telah di buatnya.

 

篆文 (tenbun) adalah huruf yang digunakan pada awal kekaisaran dinasti Chin (秦) pada waktu negeri China bersatu, sekitar abad ke-3 SM. Pada saat itu setiap tempat di dalam negeri China kesulitan menggunakan huruf Kanji yang bermacam-macam. Karena kesulitan dalam menggunakan huruf Kanji Kinbun, akhirnya pemerintah menetapkan huruf Kanji Tenbun.

 

楷書 (kaisho) adalah huruf Kanji yang digunakan sekarang. Setelah dinasti Chin (秦) kemudian berganti menjadi dinasti Han (漢) sekitar abad ke-3SM sampai abad ke-3M.

 

Pada masa ini huruf Kanji berubah menjadi kebentuk garis lurus, huruf ini biasa disebut Reisho (隷書) atau karakter persegi.

 

Sejarah kanji Jepang kalian juga bisa membacanya di situs website wikipedia

 

Ingin tahu seperti apakah cara membaca kanji Jepang? Atau penasaran dengan tips belajar kanji Jepang yang mudah untuk pemula? Yuk, langsung saja simak informasi lengkap berikut.

 

Cara Membaca Kanji

Umumnya, dalam membaca kanji ada 2 cara yang perlu diketahui. Apa sajakah cara membaca kanji tersebut?

 

Cara Baca Onyomi 

Onyomi adalah cara baca huruf kanji dari huruf Cina. Dalam belajar kanji Jepang untuk pemula, cukup penting untuk mengetahui cara membaca onyomi.

 

Mudahnya, onyomi dimaksudkan sebagai cara membaca kanji yang menurut pendengaran orang Jepang hampir sama dengan cara membaca orang Cina. Hal ini terjadi karena tulisan kanji berasal dari Cina. Jadi, kebanyakan pengucapan kanji Jepang terbawa pengucapan Cina.

 

Meskipun demikian, orang Cina dan orang Jepang tetap memiliki fonologi yang berbeda dalam pengucapan kanji. Jadi, pengucapan kanji antara orang Cina dan orang Jepang tidak sepenuhnya sama. Biasanya, onyomi akan digunakan saat huruf kanji bergabung dalam satu kata.

 

Cara Baca Kunyomi

Cara membaca kanji yang selanjutnya adalah kunyomi yang merupakan cara baca Jepang. Sebelum tulisan kanji muncul dalam bahasa Jepang, Jepang mempunyai bahasa lisan asli Jepang. Setelah kanji muncul, bahasa lisan tersebut dilekatkan dalam tulisan kanji. Umumnya, konyumi digunakan untuk tulisan kanji yang bisa berdiri sendiri dan diikuti oleh tulisan hiragana.

 

Cara Membedakan Bacaan Onyomi dan Kunyomi

Kanji mempunyai cara baca yang berbeda-beda. Saat belajar kanji Jepang untuk pemula, sangat penting untuk mengetahui kapan menggunakan onyomi dan kapan menggunakan kunyomi. Kanji akan dibaca dengan cara onyomi saat huruf kanji tidak sendirian. Jadi, disamping huruf kanji ada huruf kanji yang lainnya.

 

Berbeda dengan cara baca kunyomi. Huruf kanji dibaca dengan cara baca Jepang saat huruf kanji berdiri sendiri. Jika ada yang mengikuti huruf kanji, maka huruf tersebut adalah huruf okurigana. Okurigana merupakan hiragana yang ada disamping atau mengikuti huruf kanji dalam sebuah tulisan.

 

Saat pertama kali belajar, tidak perlu berfikir tentang cara baca onyomi dan kunyomi terlebih dahulu. Cara baca onyomi dan kunyomi bisa dipelajari setelah bisa membaca dan menghafal kanji Jepang. Jadi, tujuan utama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah fokus untuk bisa memahami dan menghafal kanji Jepang.

 

Cara Mudah Belajar Kanji Jepang untuk Pemula

Agar belajar kanji Jepang lebih mudah, penting kiranya untuk mengetahui cara gampang untuk belajar kanji Jepang. Cara ini sangat penting diketahui untuk pemula. Apa sajakah cara gampang tersebut? Berikut ini ulasan lengkap yang harus disimak.

 

1.Niat Menulis Kanji Jepang

Sebelum memutuskan untuk mempelajari kanji kalian perlu mengumpulkan niat terlebih dahulu agar pembelajaran kanji menjadi lebih menyenangkan dan dapat dengan mudah kalian mempelajari kanji tersebut.

Karena dengan niat besar yang kalian miliki, maka walaupun orang lain menilai kanji susah namun kalian dengan cepat dapat memahami kanji Jepang tersebut.

 

2. Belajar Kanji Jepang Dengan Imajinasi

Belajar kanji Jepang ini yang dimaksud kalian harus berimajinasi bentuk apa yang nyerupai kanji tersebut. Misalnya:

belajar kanji kuda

Pada gambar di atas terdapat gambar kanji yang mengikuti bentuk kuda, jadi saat melihat kanji 馬 kalian akan mengetahui arti dari kanji itu adalah “kuda”, namun kadang kalian lupa cara bacanya. Namun jika sering dilihat secara terus menerus, maka kalian akan mengetahui tulisan itu dibaca “uma” dengan arti “kuda”.

 

belajar kanji cewek

Kanji 女 memiliki arti “wanita”. Kalian pasti mengetahui arti kanji ini dari gambar diatas bukan! namun cara bacanya kalian tidak tahu. Jika terus menerus melihat kanji itu bersamaan selalu maka otak menstimulus dan kalian akan mengetahui saat melihat kanji itu artinya “wanita” dan cara baca kanji tersebut “onna”.

 

Masih banyak lagi contoh cara berimajinasi kanji Jepang seperti yang dipaparkan di atas. Jadi dengan cara menghayal dapat menstimulus otak kita untuk menghafal kanji dengan sangat mudah.

 

3. Tulis Kanji Jepang Dari Setiap Benda yang Ditemui

kanji Jepang di benda-benda

Tips mudah belajar kanji Jepang untuk pemula yang pertama adalah dengan latihan menulis kanji. Menulis kanji ini bisa dimulai dari benda yang sering ditemukan di sekitar. Bisa dibilang, tips ini cukup efektif untuk membantu mengerti dan menghafal kanji dengan cepat.

 

Seperti halnya saat di rumah, perhatikan beberapa benda yang ada di rumah. Ada piring, buku, meja, dan sebagainya. Selanjutnya, tulislah kanji dari benda tersebut. Agar lebih mudah untuk menghafal, letakkan tulisan kanji tersebut sesuai dengan bendanya.

 

4. Rutin Menulis 10 Kanji Jepang Berbeda Setiap Hari

belajar menulis kanji

Berlatih dan rutin menulis kanji yang berbeda-beda juga bisa dilakukan untuk belajar kanji Jepang. Mulailah dengan menyediakan buku khusus untuk kumpulan tulisan kanji. Selanjutnya, tulis 10 kanji yang berbeda setiap harinya dalam buku. Agar lebih cepat dalam menghafal kanji, ulangi kegiatan menulis kanji terus menerus.

 

Saat menulis kanji, otak dapat merekam tulisan kanji tersebut beserta cara pengucapannya. Jadi, peluang untuk mengerti dan menghafal kanji Jepang akan lebih besar. Cara belajar tersebut juga mudah dan tidak berat untuk dilakukan.

 

5. Menghafal Urutan Kanji Jepang

Urutan kanji Jepang

Tips belajar kanji Jepang untuk pemula yang selanjutnya adalah dengan menghafal urutan kanji Jepang. Dalam menulis kanji Jepang tidak bisa dilakukan secara asal. Jadi, harus diperhatikan urutan penulisan dengan baik. Penulisan kanji selalu diawali dari sisi kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Dalam menulis juga harus diperhatikan panjang pendeknya coretan.

 

6. Belajar Kanji Jepang dengan Smartphone atau Komputer

Aplikasi belajar kanji Jepang

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, internet bisa digunakan untuk media belajar. Untuk belajar kanji Jepang, terdapat aplikasi di internet yang bisa digunakan untuk belajar. Salah satu contohnya adalah kuis tentang kanji Jepang. Dalam kuis ini dimulai kanji dari level paling mudah sampai level tersulit. Belajar dengan media smartphone atau komputer ini sangat efektif dan cukup menyenangkan. Apalagi belajar melalui smartphone, dimanapun dan kapanpun bisa dengan mudah untuk belajar.

 

7. Belajar dan Bermain dengan Flashcard Kanji Jepang

Kartu belajar kanji Jepang

Tips terakhir belajar kanji Jepang untuk pemula adalah menggunakan media flashcard kanji. Cara belajar sekaligus bermain flashcard seperti ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Flashcard kanji mempunyai 2 sisi yang berbeda. Satu sisi bertuliskan kanji Jepang dan sisi lainnya menunjukkan cara membaca dan artinya.

Proses menghafal kanji ini bisa menggunakan bantuan flashcard atau aplikasi agar lebih menyenangkan.

 

Cara mudah untuk menghafal kanji Jepang adalah dengan mengetahui arti dan cara membacanya. Jika sudah mengetahui arti dan cara membaca, pasanglah target hafalan. Setelah itu, hafalkan kanji sedikit demi sedikit.

 

Demikian ulasan lengkap terkait cara baca kanji dan tips belajar kanji Jepang untuk pemula. Cukup mudah kan untuk mempelajari kanji Jepang? Belajar kanji pun bisa dilakukan dengan menyenangkan dan tidak membosankan dengan beberapa tips mudah. Selain itu, dengan memahami kanji Jepang juga akan banyak manfaat yang bisa didapatkan.

 

Agar bisa mahir dalam memahami kanji Jepang, tentunya banyak waktu yang dibutuhkan untuk belajar. Yang pasti, butuh kesabaran dan keuletan untuk memahami suatu bahasa. Jadi, tetap berjuang dan semangat dalam belajar kanji Jepang ya!

 

Selain itu kalian juga bisa baca situs website terkait cara mudah dan menyenangkan belajar bahasa Jepang

TERNYATA INI MAKNA UPACARA MINUM TEH YANG GAK BANYAK ORANG TAHU
MENGENAL NAMA-NAMA HARI DALAM BAHASA JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *