Belajar Bahasa Jepang

Mendengar bahasa Jepang pertama kali, apa yang dibayangkan??

 

Pasti minasan langsung terbayang tulisan Kanji yang rumit itu kan??

 

Bayangan tulisan Jepang yang membuat banyak orang menganggap belajar Bahasa Jepang itu memang sulit…. Terutama dalam tulisan Jepangnya yang susah untuk diafalkan….

Bener gak???

 

Apa minasan yang sebelumnya mempelajari bahasa Jepang juga berfikiran seperti itu??

 

Yang merasa belajar Bahasa Jepang disini sulit siapa??

 

Sebenarnya belajar Bahasa Jepang itu gak sesulit yang dibayangkan kok ini kok minasan….

Mungkin kalian yang belum belajar berfikiran sulit bahasa Jepang karena baru pertama kalinya liat tulisan Jepang….

 

Minasan mau tau gimana caranya belajar bahasa Jepang cepat dan menyenangkan??

 

Sebelum masuk cara belajar bahasa Jepang yang cepat dan menyenangkan, saya mau sedikit menceritakan bahasa Jepang itu seperti apa ya….

Jadi minasan bisa membayangkan bahasa Jepang itu ternyata tidak sesulit itu….

 

Bahasa Jepang itu terdiri dari dua bentuk, yaitu Hyoujungo (bahasa standar/ bahasa baku) dan Kyoutsugo (bahasa umum/ bahasa yang digunakan dalam sehari-hari).

 

Yang biasa dipelajari disekolah-sekolah biasanya mempelajari bahasa Jepang dalam bentuk Hyoujungo atau yang disebut bahasa standar/ bahasa baku agar terbiasa menggunakan bentuk sopan saat berbicara dengan orang Jepang yang baru dikenal atau dengan atasan saat bekerja di Jepang…

 

Sedangkan bahasa Jepang dalam bentuk Kyoutsugo atau disebut bahasa umum/ bahasa yang digunakan dalam sehari-hari biasa minasan akan temui di dalam lagu-lagu Jepang dan Anime.

 

Menguasai kedua bentuk Bahasa Jepang tersebut sebenarnya tidaklah sulit. Sama seperti belajar bahasa lain, berlatih adalah kunci sukses belajar bahasa Jepang.

 

Bagi minasan yang baru pertama kali mengenal bahasa Jepang akan diberikan pembelajaran bahasa Jepang bentuk Hyoujungo agar minasan gampang komunikasi dengan orang Jepang dan minasan mempelajari bentuk ini cukup lama membutuhkan waktunya.

 

Setelah minasan sudah menguasai bahasa Jepang bentuk Hyoujungo, minasan bisa mempelajari bahasa Jepang bentuk Kyoutsugo. Minasan bisa mempelajarinya dengan sangat mudah dibandingkan kata bentuk Hyoujungo.

 

CARA CEPAT & MENYENANGKAN BELAJAR BAHASA JEPANG

Minasan sudah penasaran kan bagaimana cara cepat & menyenangkan belajar bahasa Jepang, berikut ini 15 cara belajar Bahasa Jepang dengan mudah. Simak yuk!

Niat belajar bahasa Jepang

Awalilah dengan Niat yang kuat karena niat ini merupakan salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang secara cepat. Niat yang dilandasi dari dasar hati dan keinginan kuat untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang,  akan membuat minasan belajar bahasa Jepang dengan cepat dan menyenangkan.

 

Meskipun ada halangan seperti rumah jauh, sakit, sibuk atau halangan-halangan lainnya, tapi karena memang sudah dilandasi oleh niat yang kuat, pasti semua halangan tersebut dapat dilewati dengan mudah dan akhirnya minasan dapat dengan lancar memahami bahasa Jepang.

Sebelum belajar Bahasa Jepang bulatkanlah tekad untuk mempelajari bahasa Jepang, karena memang niatlah yang menjadi salah satu cara cepat untuk memahami bahasa Jepang.

 

  1. Cari Alasan Belajar Bahasa Jepang

Selanjutnya adalah minasan harus mencari tau alasan kenapa minasan harus mempelajari bahasa Jepang.

Mungkin alasan minasan belajar bahasa Jepang itu karena ingin jalan-jalan ke Jepang melihat salju dan sakura yang indah, mau cari pasangan Jepang, ingin tau kehidupan di Jepang, suka menonton anime atau yang lainnya, jadi dengan adanya alasan ini maka minasan semakin bersemangat untuk belajar bahasa Jepang.

 

Tapi sebaliknya jika minasan tidak tau apa alasan untuk belajar bahasa Jepang, minasan nanti akan berhenti ditengah jalan karena tidak memiliki alasan untuk belajar bahasa Jepang.

 

Oleh karena itu, carilah alasan sebanyak-banyaknya agar minasan lebih semangat lagi untuk belajar bahasa Jepang ya….agar minasan bisa mulai belajar bahasa Jepang hingga menjadi seorang expert.

 

  1. Tonton Film Anime Jepang Untuk Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang dengan Anime

Siapa diantara minasan yang menyukai anime??

 

Atau siapa diantara minasan yang suka nonton film Jepang??

 

Hampir semua orang mengetahui anime Jepang seperti One Piece, Naruto, Basara, Totoro dan masih banyak lagi. Harus diakui bahwa popularitas anime Jepang meningkat karena kualitas anime itu sendiri.

 

Selain menarik untuk ditonton, anime Jepang juga bisa menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang juga lo minasan…

 

Tanpa disadari minasan pun senantiasa terbawa alur cerita yang menarik hingga akhirnya menarik minat dan motivasi untuk mempelajari dan memahami bahasa Jepang.

 

Menonton anime akan membuat minasan terbiasa mendengar kosakata bahasa Jepang. Sedikit-sedikit kita akan ikut-ikutan melafalkan beberapa kosakata yang ada di dalam anime.

 

Sama dengan pepatah yang sering kita dengarkan selama ini “Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”.

 

Menonton anime sama dengan mempelajari bahasa Jepang Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kan?

 

Sebenarnya minasan dengan menonton anime membuat minasan rilek belajar bahasa Jepang dan minasan tidak merasa terbebani dalam mempelajari bahasa Jepang.

 

Jika belajar bahasa Jepang minasan tidak boleh merasa tertekan ya…. Jadi harus santai agar bahasa Jepang bisa dikuasai dengan baik.

 

4. Biasakan Mendengarkan Kalimat-Kalimat berbahasa Jepang

Belajar mendengarkan Bahasa Jepang

Cara orang memahami suatu pelajari bermacam-macam, ada orang yang dengan membaca saja bisa paham dengan pelajarannya, ada yang hanya mendengarkan saja bisa memahami pembelajarannya dan ada juga orang membaca sambil mendengarkan lebih dapat memahami pelajarannya.

 

Nah… kalian tipe yang mana neh??

 

Namun masih ada banyak orang yang baru paham jika mereka mendengarkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, mendengarkan kalimat bahasa Jepang merupakan cara yang cepat untuk belajar Bahasa Jepang.

 

Selain menonton anime, minasan juga bisa mulai dengan menonton serial TV Jepang agar dapat memahami percakapan Bahasa Jepang sehari-hari dan juga bisa mendengarkan lagu-lagu Jepang sambil membaca lirik lagu dalam bahasa Jepang yang akan memacu minasan lebih gampang menghafalkan kosa kata bahasa Jepang.

 

Minasan harus sering-sering mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, lambat laun minasan akan terbiasa dan dengan cepat dapat memahami tata bahasa, pengucapan, serta kosakata yang biasa dilafalkan oleh orang Jepang.

 

Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk melafalkan bahasa Jepang. Maka dari itu, awali pembelajaran dengan mendengarkan bagaimana orang-orang Jepang berbicara.

 

  1. Biasakan Mengucapkan Kalimat-Kalimat Berbahasa Jepang

belajar bahasa Jepang mengucapkan

Setelah terbiasa mendengarkan Bahasa Jepang, maka selanjutnya adalah belajar untuk mengucapkan dalam bahasa Jepang.

 

Ketika kita sudah benar-benar paham dan peka akan kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita perlahan mencoba untuk mengucapkannya. Mulai dari kalimat yang paling mudah, hingga  yang sulit.

 

Mengucapkan kalimat dalam bahasa Jepang tidak boleh takut salah, biarkan saja mengalir berbicara kalimat yang kalian ketahui. Lama kelamaan minasan akan terbiasa dalam mengucapkan kalimat dalam bahasa Jepang.

 

Awalnya memang minasan akan merasa tidak yakin dalam mengucapkan suatu kalimat bahasa Jepang, tapi jika minasan tidak mengucapkan kalimat tersebut bagaimana minasan bisa tau kemampuan minasan…

 

  1. Menulis Kalimat-kalimat berbahasa Jepang

Menulis bahasa Jepang

Sebenarnya kegiatan menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu.  Oleh karena itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang. Dimulai menulis kalimat bahasa Jepang paling mudah sampai ke kalimat tersulit.

 

Minasan jika ingin memahami tulisan Jepang juga harus rajin menulisnya berulang-ulang sampai bosan, karena jika sudah terbiasa menulis tulisan Jepang, saat mengingat suatu kata atau kalimat bahasa Jepang, otomatis tangan akan menggoreskan kata atau kalimat dengan menggunakan tulisan Jepang.

 

Sambil menyelam minum air. Metode ini jelas sangat efektif karena kita akan berpikir sekaligus melafalkan ketika kita menulis. Otomatis otak mengingat lebih jelas kalimat yang ditulis.

 

Oleh karena itu, untuk minasan yang ingin memahami bahasa Jepang dengan cepat, metode menulis kalimat Bahasa Jepang wajib minasan praktekkan ya….

 

  1. Perkuat Motivasi Untuk Belajar Bahasa Jepang

Motivasi belajar bahasa Jepang

Hal apapun yang kalian ingin lakukan memerlukan suatu motivasi dalam diri minasan. Maka dari itu, jika minasan ingin cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah memperkuat motivasi diri kalian sendiri dahulu.

 

Motivasi adalah suatu dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Jadi perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat minasan berhasil dalam belajar Bahasa Jepang. Dengan begitu minasan akan tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang secara tekun dan rutin.

 

  1. Bacalah Artikel Bahasa Jepang

Tingkatkan keinginan membaca terutama membaca artikel bahasa Jepang ya minasan agar banyak yang minasan tahu terutama dalam tulisan bahasa Jepang dan kalimat bahasa Jepang.

 

Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca kita dalam bahasa Jepang dengan cepat.

 

Supaya lebih cepat dan lebih berkembang lagi, minasan bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

 

  1. Mempelajari kata dasar bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang

Minasan jika ingin mempelajari bahasa Jepang sebagai pemula, ada baiknya mulai mempelajari dari dasar bahasa Jepang.

 

Dasar Bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari seperti bagaimana tulisan hiragana, katakana, penulisan angka dalam Bahasa Jepang, kata ganti dalam Bahasa Jepang, dan kata sapaan dalam Bahasa Jepang.

 

Pelajarilah sedikit demi sedikit bahasa Jepang dari dasar nanti lama-lama pengetahuan bahasa Jepang minasan akan meningkat dan menjadi luar biasa.

 

10. Mempelajari Tata Bahasa Jepang

Mempelajari bahasa Jepang

Tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur mengenai penggunaan bahasa Jepang dengan baik.

 

Biasanya minasan akan mempelajari tata bahasa Jepang setelah minasan sudah menguasai tentang kata-kata dasar bahasa Jepang.

 

Minasan bisa memulainya dengan belajar cara menyusun kalimat yang mudah dalam konteks masa sekarang, masa lalu, masa yang akan terjadi, dan juga masa yang sudah terjadi secara benar.

 

11. Mencari Kenalan Orang Jepang atau Belajar dari Orang yang Pandai Bahasa Jepang

Aplikasi belajar bahasa Jepang

Setiap orang membutuhkan guru dalam pembelajarannya jika ia ingin cepat menguasai suatu hal. Guru terbaik dalam hidup itu adalah pengalama. Jadi carilah pengalaman seluas-luasnya agar minasan bisa mendapatkan pengetahuan bahasa Jepang lebih luas lagi.

 

Salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang yang cukup efektif adalah dengan mencari tentor Bahasa Jepang atau minasan juga bisa mencari teman di Jepang untuk memperdalam kemampuan bahasa Jepang minasan.

 

Minasan juga bisa menggunakan aplikasi mixchanell dalam mencari teman Jepang dan bisa belajar bahasa Jepang baik berupa tulisan maupun dalam segi komunikasinya. Bisa dicoba aplikasi ini ya…

 

Selain dengan tentor akan mengawal kamu dalam mempelajari bahasa Jepang secara baik dan benar kalian juga bisa belajar bahasa Jepang melalui teman kenalan minasan ya, sehingga kamu bisa tau seberapa jauh perkembanganmu dalam belajar Bahasa Jepang.

 

  1. Mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang

mengenal bahasa Jepang

Ketika belajar bahasa, hal terpenting yang harus minasan pahami adalah huruf dan pelafalan dari bahasa terutama intonasinya agar baik didengar. Oleh karena itu, kita perlu mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang yang baik

 

Dalam bahasa Jepang minasan mengenal empat huruf diantaranya Hiragana, Romaji, Katakana dan juga Kanji.

 

Huruf Hiragana digunankan pada kaliamat atau kata asli Jepang dan nama Jepang, sedangkan huruf katakana adalah huruf yang dipergunakan untuk menulis kata atau nama serapan bahasa asing.

 

Sedangkan huruf Kanji merupakan huruf yang diadopsi dari kanji China dan digunakan untuk menyederhanakan tulisan hiragana tersebut.

 

Huruf romaji itu mungkin sudah tidajk asing lagi buat minasan kan ya…. Benar… huruf romaji itu merupakan huruf yang biasa kita gunakan dalam menulis tulisan bahasa Indonesia.

 

Minasan sudah tau perbedaan keempat tulisan tersebutkan….. Jadi jangan bingung lagi tentang perbedaan keempat tulisan itu ya minasan….

 

  1. Memperbanyak Kepustakaan Kosakata Bahasa Jepang

Aplikasi belajar bahasa Jepang

Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan memperbanyak kepustakaan kosakata bahasa Jepang.

 

Minasan yang ingin menguasai bahasa Jepang dengan lebih luas, ada baiknya minasan membuat semacam target dalam sehari harus menguasai seberapa banyak kosakata bahasa Jepang. Biasanya dalam 1 hari minasan bisa menargetkan minimal 10 kosa kata bahasa Jepang ya…..

 

Kepustakaan kosakata bahasa Jepang itu bisa digali melalui bacaan-bacaan berbahasa Jepang, acara-acara TV yang memang menggunakan bahasa Jepang atau melalui lagu-lagu berbahasa Jepang.

 

Namun untuk bahasa baku dari bahasa Jepang, minasan bisa mempelajari melalui koran ya minasan….

 

  1. Kerjakan Quiz Bahasa Jepang

Minasan pernah bermain suatu quis??

 

Pasti pernah kan ya memainkan quis online…

 

Cara belajar bahasa Jepang agar lebih menarik juga bisa dilakukan dengan minasan mengikuti quis-quis dalam bahasa Jepang lo….

 

Selain seru, mengerjakan quiz juga bisa menghilangkan jenuh. Coba sekarang yuk!

 

Jaman digital sekarang ini sudah banyak quis di media sosial, jadi minasan lebih gampang lagi dalam mempelajari bahasa Jepang. Karena kunci sukses dari belajar bahasa adalah berlatih. Jadi, minasan bisa berlatih mengerjakan soal Bahasa Jepang dengan itu minasan akan mengetahui sejauh mana kemampuanmu.

 

  1. Sekarang Semua Ada di Internet Dalam Bahasa Jepang

Internet bahasa Jepang

Minasan beruntung sekarang hidup di zaman yang serba modern. Belajar bahasa Jepang sekarang sudah bisa dimana dan kapan saja sejak karena sekarang belajar pun bisa melalui internet.

 

Bisa juga kalau kalian mau tau gimana caranya kuliah ke Jepang

 

Melalui Internet minasan akan dengan mudah mendapatkan apapun yang ingin dicari baik berupa cerita Jepang, kosa kata bahasa Jepang, video tentang bahasa Jepang dan lain-lainnya.

Informasi tentang belajar bahasa Jepang bisa juga lewat website wikipedia

Dalam video itu minasan bisa mempelajari bahasa Jepang dari dasar bahasa Jepang, bahasa Jepang pariwisata juga ada lo….

 

Minasan, itulah 15 cara cepat belajar bahasa Jepang untuk pemula. Namun ingat, yang terpenting bukan seberapa cepat minasan bisa menguasai bahasa Jepang itu, melainkan seberapa tekun minasan mempelajari bahasa Jepang.

BUDAYA KERJA DI JEPANG
CARA MENGHEMAT BIAYA HIDUP DI JEPANG

Discussion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *