Sumber: Pixabay.com

 

Apakah kamu berbicara bahasa Jepang? Sudah tau kemampuan kamu sampai mana? Dapatkan level yang akurat dengan mengikuti tes JLPT 2021, ujian kemahiran bahasa Jepang paling terkenal di seluruh dunia.

Apakah Anda sedang belajar bahasa Jepang atau berencana pindah ke Jepang? Kemudian, kemungkinan Anda dapat mempertimbangkan JLPT — Tes Kecakapan Bahasa Jepang.

Selain alasan positif Anda harus belajar bagaimana berkomunikasi dalam bahasa baru, Anda memiliki banyak manfaat menarik belajar bahasa Jepang .

Jika Anda memutuskan untuk menaikan tingkatan bahasa Jepang ke level berikutnya atau tidak yakin tentang kekuatan saat ini, maka anda harus mengikuti tes JLPT.

Dengan melakukan ini, Anda dapat mengetahui tingkat kompetensi Anda, dan mendapatkan sertifikasi resmi dan diakui secara global.

Kami akan memberikan Panduan yang  mencakup semua detail otentik yang perlu Anda ketahui tentang ujian JLPT, beserta prosedur pendaftaran 2021, format pertanyaan, struktur tes, pemahaman level, sistem penilaian, persiapan, dan informasi tentang pusat tes, tanggal, dan biaya.

 

Apa itu Tes Kecakapan Bahasa Jepang?

Secarah singkatnya, JLPT diresmikan pada tahun 1984 di Jepang, Tes Kecakapan Bahasa Jepang (JLPT) adalah ujian internasional terstandardisasi untuk mengukur dan mengesahkan kemampuan bahasa Jepang untuk semua orang di seluruh dunia.

Tes JLPT menilai pengetahuan bahasa Jepang kandidat melalui bagian menulis, mendengarkan, membaca pemahaman, tata bahasa, dan kosa kata selama ujian 1,5 hingga 3 jam.

 

Pengakuan & Penerimaan

JEES (Pertukaran dan Layanan Pendidikan Jepang) menyelenggarakan ujian di Jepang. Sebaliknya, JF (Japan Foundation) menjalankan tes di luar negeri dengan bantuan pemerintah lokal.

JLPT adalah tes paling terkenal untuk sertifikasi bahasa Jepang. Sebagian besar bisnis, institusi pendidikan publik dan swasta, dan pemerintah mempercayainya karena desain tes secara eksplisit ditujukan untuk non-native speaker. Sama halnya dengan test TOEFL untuk menguji level kekampuan bahasa inggris.

 

Keuntungan dari JLPT

Ada banyak keuntungan yang jelas dari JLPT, pointnya seabagai berikut :

 

  1. Belajar di Jepang

Misalkan Anda berencana untuk belajar di Jepang. Dalam hal ini, JLPT dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk menaikan nilai profil Anda saat mendaftar ke perguruan tinggi Jepang. Meski kondisinya berbeda-beda, namun banyak Perguruan Tinggi yang menginginkan Anda lulus JLPT pada jenjang tertentu.

Terkadang, untuk penerimaan siswa internasional merekamengajukan syarat lulus tes N1 daripada mengikuti ujian masuk universitas Jepang (EJU).

 

 

  1. Bekerja di Jepang

Jepang benar-benar negara satu bahasa.

Untuk sebagian besar pekerjaan di Jepang, Anda harus memiliki pemahaman bahasa Jepang yang mumpuni. Bahkan jika Anda mencapai N2, ini akan memainkan peran penting dalam mencari pekerjaan di negara tersebut.

Dan jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai perawat, pengasuh, dokter, atau bekerja di bidang medis. Dalam situasi seperti itu, JLPT N1 seringkali diperlukan untuk mengikuti ujian nasional Jepang bagi perawat dan praktisi medis.

Setelah menyelesaikan N2 dan N1, Anda akan menerima 15 dan 10 poin di bawah “Sistem Perawatan Imigrasi Preferensial Berbasis Poin untuk Profesional Asing yang Sangat Terampil” dari pemerintah.

CV Anda juga akan mendapat prioritas di imigrasi jika Anda mendapatkan 70 poin atau lebih tinggi.

Rekaman dokumenter tes keterampilan bahasa Jepang yang ditambahkan ke persyaratan lain di CV, dan akan mengarahkan Anda ke proses wawancara.

 

  1. Ini membuka berbagai peluang karir

JLPT, sertifikat internasional, adalah bukti kemampuan bahasa Jepang yang terbukti andal. Sebagian besar perusahaan, instansi pemerintah, dan profesional yang mencari kandidat dengan kompetensi bahasa Jepang menerimanya.

Skor JLPT membantu mereka memahami keterampilan bahasa dan kepribadian calon karyawan. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan peluang kerja Anda untuk posisi yang diperlukan dengan mengatongi keterampilan bahasa Jepang.

Karena semakin banyak karir yang membutuhkan bahasa Jepang dibuka, kebutuhan JLPT telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Apakah Anda berencana untuk mencari pekerjaan sebagai spesialis bahasa Jepang ? Maka JLPT akan sangat membantu menambahkan nilai dan fitur ke resume Anda.

 

  1. Membantu Anda mendapatkan beasiswa.

Jepang menawarkan banyak beasiswa, beasiswa, ditujukan kepada siswa internasional yang beruntung, dan kebanyakan nilai tes JLPT dianggap penting bagi syarat lolos.

Beasiswa ini terdiri dari tunjangan setiap bulan dan fasilitas lainnya selama Anda tinggal di Jepang. Anda bisa mendapatkan pendidikan berkualitas di Jepang dengan harga terjangkau atau hampir gratis.

Pelamar yang mematuhi spesifikasi bahasa JASSO (poin JLPT N2 / 200 di EJU / CEFR B2) mendapatkan nilai lebih karna memiliki sertifikasi JLPT.

 

  1. Untuk mengetahui tingkat tepat Anda & memotivasi Anda

Katakanlah Anda sedang belajar bahasa Jepang sebentar tetapi tidak yakin dengan tingkat keakuratan Anda. Dalam skenario itu, anda disarankan untuk mengambil tes JLPT.

Dengan mengikuti ujian bahasa ini , Anda akan mengidentifikasi pengetahuan Anda saat ini dan fokus pada bagian yang perlu Anda tingkatkan dan menambah pengetahuan. Ini akan mendorong Anda untuk merencanakan tes JLPT berikutnya dengan cara yang lebih baik.

Ini adalah bukti keberhasilan dibandingkan dengan pelajar Jepang lainnya di seluruh dunia.

Keuntungan memiliki sertifikasi Jepang adalah Anda dapat menunjukkan bukti nyata bahwa Anda memiliki tingkat bahasa Jepang tertentu. Hasil ini sebagai pendorong kepercayaan diri. Dan juga menginspirasi Anda untuk terus mencapai lebih banyak tujuan dalam bahasa Jepang.

 

Segalanya Tentang JLPT

Dari semua ujian bahasa Jepang, JLPT (Tes Kecakapan Bahasa Jepang) adalah tes kefasihan bahasa Jepang yang paling banyak dicari untuk non-penutur asli bahasa Jepang di seluruh dunia.

Apa saja level JLPT?

Sumber gambar : www.pinterest.com

Sebelumnya, JLPT terdiri dari empat level, 1-4. Namun pada tahun 2010 terjadi perubahan menjadi menambah satu level lagi, yakni level 5.

Tes ini memiliki lima level (N1, N2, N3, N4, dan N5), dari level 5 untuk pemula hingga level 1 untuk siswa tingkat lanjut. N1 adalah yang paling sulit, sedangkan N5 adalah yang paling mudah.

Apa Saja kriteria kelayakannya?

Tidak ada prasyarat khusus. Semua penutur bahasa Jepang (yg bukan bangsa jepang) dari mana saja di dunia dapat mengikuti JLPT, termasuk mereka yang memiliki kewarganegaraan Jepang. Dan menariknya, tidak ada batasan usia.

 

Rincian Struktur Ujian JLPT

Tes JLPT terdiri dari 180 tanda. Untuk N1 hingga N3 – Soal tes memiliki tiga bagian. (i) Kosakata & Tata Bahasa, (ii) Membaca, dan (iii) Mendengarkan.

Untuk N4 dan N5, hanya memiliki dua sub-divisi: (i) Kosakata & Tata Bahasa dan Membaca, dan (ii) Mendengarkan.

N4 dan N5 mencakup pemahaman dasar bahasa Jepang, terutama yang Anda pelajari di kelas. Hal Ini berarti anda telah dapat membaca Hiragana, Katakana, dan 100 hingga 300 Kanji.

N1 dan N2 mengevaluasi bahasa Jepang tingkat lanjut yang digunakan dalam berbagai kejadian sehari-hari yang sebenarnya. Anda membutuhkan sekitar 2000 hingga 2500 Kanji dan lebih dari 10.000 kata untuk N1. Sedangkan N3 level menengah yang dilemparkan di tengah-tengah antara N4 dan N2.

Apa saja nilai kelulusan untuk JLPT?

Untuk memenuhi syarat, Anda harus memenuhi dua kriteria wajib:

(i) Skor keseluruhan minimum, dan

(ii) Skor bagian minimum.

Anda membutuhkan skor 19/60 atau 38/120 di masing-masing ini untuk passing grade.

Sumber gambar : www.jeducation.co.id

JLPT seluruhnya dalam format MCQ. Itu ada di lembar jawaban yang dicetak komputer pilihan ganda. Biasanya ada empat pilihan, tetapi beberapa pertanyaan mendengarkan hanya memiliki tiga pilihan.

 

Bagaimana cara mendaftar?

Siapa pun yang ingin mengikuti tes harus mendaftar setidaknya dua hingga tiga bulan sebelumnya (periksa situs web resmi untuk tanggal pastinya). Anda dapat mendaftar melalui email atau online hanya selama periode pendaftaran.

Anda juga dapat mengunjungi pusat terdekat Anda, bersama dengan foto ukuran paspor, biaya pendaftaran, dan kartu identitas foto seperti paspor, SIM, KTP. Terakhir, isi formulir lamaran lengkap.

 

Tanggal Uji JLPT 2021

JLPT dua kali setahun biasanya dilakukan 2 kali setahun – Juli dan Desember, di berbagai kota di dalam dan di luar Jepang. Di beberapa lokasi, mereka hanya melakukan tes sekali setahun.

Misalnya, di AS, Anda dapat mengikuti JLPT pada hari Minggu pertama bulan Desember. Sebagai perbandingan, Anda dapat mengambil dua kali di India (Juli dan Desember).

Tanggal tes JLPT 2021 adalah 4 Juli 2021 (Minggu) dan 5 Desember 2021 (Minggu). Anda dapat mengunjungi situs web pusat ujian resmi untuk mendapatkan informasi terbaru.

JLPT menjadwalkan tes dalam dua shift – Pagi 10:00 hingga 12:00 siang dan sore dari 2:00 hingga 5:00 sore.

 

Pusat Tes JLPT di seluruh dunia pada tahun 2021

Pada Januari 2021, ada 47 tempat pengujian di Jepang, 274 pusat di luar negeri di 94 negara di seluruh dunia. Jumlah total kandidat telah melampaui 1 juta pada tahun 2017.

Ada 8 pusat tes JLPT di India – Bengaluru, Chennai, Kolkata, Mumbai, New Delhi, Pune, Santiniketan (West Bengal), dan Salem (Tamil Nadu).

Di AS, ada beberapa pusat pengujian resmi – Los Angeles, Chicago, New York, Honolulu, Atlanta, San Francisco, Washington, DC, Seattle, Fayetteville (Arkansas), Philadelphia, Boston, Houston, Ann Arbor, Boulder, Columbus, Miami, Portland, dan Newark.

Anda bisa mengecek seluruh daftarnya di situs resminya .

Kapan mereka mengumumkan hasilnya?

Biasanya, Anda akan menerima skor dan hasil JLPT dalam waktu dua bulan setelah hari tes selesai. Misalnya, untuk tes yang diadakan pada bulan Juli dan Desember, biasanya diumumkan pada minggu terakhir bulan Agustus dan Januari tahun depan.

Semua peserta ujian di setiap tingkat menerima Laporan Skor. Selain itu, kandidat yang berhasil akan mendapatkan “Sertifikat Kemahiran”.

Berapa validitas skor JLPT?

Tidak seperti TOPIK Korea , Spanish SIELE , dan French TEF Canada , skor JLPT tidak pernah kedaluwarsa. Setelah Anda lulus ujian, sertifikat JLPT ini berlaku selamanya.

Namun, banyak institusi dan perusahaan pendidikan memiliki aturan yang sesuai dengan perusahannya. Misalnya, sebagian hanya mengakui sertifikasi anda dalam 2-5 tahun terakhir. Tetapi sebagian besar mempertimbangkannya, kapan pun Anda mengambil tes.

Berapa biaya ujiannya?

Biaya pendaftaran untuk setiap level berbeda-beda, tergantung di mana Anda berencana untuk melakukan tes. Biayanya nominal dibandingkan dengan tes bahasa populer lainnya seperti DELF , CELI, TestDaF, DELE , dan HSK.

Sebagai gambaran, harganya berkisar $ 60 hingga $ 75 di USA. Kisarannya masing-masing antara ₹ 1000 hingga 1600 dan 90 hingga 100 AUD di India dan Australia.

Bagaimana cara mempersiapkan JLPT?

Ketekunan, minat, dan latihan rutin adalah kunci sukses di JLPT.

Hal pertama yang harus Anda fokuskan untuk membangun kosakata. Setelah Anda menyelesaikan Hiragana dan Katakana, langkah Anda selanjutnya adalah memulai Kanji. Anda akhirnya dapat menambah jumlah Kanji melalui latihan yang konsisten selama beberapa saat. Hal ini nantinya akan menguntungkan Anda dalam membaca, tata bahasa, dan pemahaman mendengarkan. Menggabungkan semuanya akan meningkatkan kemajuan Anda dan akan terdengar alami.

Saat ini, ada berbagai jenis pembelajaran  yang tersedia, terutama untuk tujuan ini. Anda dapat menggunakan bantuan Video YouTube, podcast Audio, J-Movies , dan bahkan yang paling menjanjikan ecourse belajar bahasa jepang.

Tetapi perlu anda ingat alat online ini bisa menjadi titik awal, bukan akhir. Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang paling rumit , dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kefasihan yang berarti.

Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengambil pelajaran dari seorang guru bahasa Jepang atau mendaftar di ecourse bahasa Jepang mana pun di dekat Anda . Berkat permintaan yang terus meningkat untuk studi bahasa Jepang, Anda akan menemukan banyak pilihan di seluruh dunia. Dengan ecourse bahasa jepang anda dapat belajar secara langsung dengan ahlinya, hal ini tentunya dapat membantu anda menghemat waktu dan paham lebih cepat. Hal ini tentunya menjembatani kesenjangan antara keterampilan yang Anda pelajari untuk tes JLPT dan percakapan bahasa Jepang yang sebenarnya. Itu dapat memperkuat pengetahuan Anda yang ada beberapa minggu sebelum ujian.

Tertarik untuk belajar bahasa jepang dengan metode 10x lebih cepat paham? Silahkan kunjungi Pongo Exclusive.

Anda juga disarankan untuk membaca aspek budayanya karena Anda tidak akan sepenuhnya memahami bahasa Jepang kecuali Anda mengenal Jepang.

 

Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk tes JLPT nya ya ^_^

 

 

Inilah Tips Menghemat Uang Selama Belajar di Jepang
Cara Lulus JLPT pada Percobaan Pertama Kamu, Wajib Dicoba !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *