Sumber: pixabay.com

 

Apakah mungkin untuk lulus JLPT pada percobaan pertama Anda?

Tes Kecakapan Bahasa Jepang (JLPT) telah menimbulkan ketakutan bagi banyak orang, tetapi anda tidak  tidak harus berfikir seperti itu. Anda bisa lulus dengan percobaan pertama anda.

Jika Anda memiliki waktu dan kemauan meluangkan sedikit waktu untuk belajar bahasa jepang, kemungkinan anda lulus percobaan pertama akan semakin besar.

5 langkah dalam panduan ini adalah paduan untuk lulus JLPT dan meningkatkan level bahasa Jepang anda.

Jika Anda ingin bekerja sebagai orang asing di Jepang, kebanyakan perusahaan mencari seseorang dengan setidaknya telah lulus JLPT N2 atau N1. Lulus JLPT adalah hal yang menguntungkan untuk Anda. Mari kita lihat 5 cara untuk lulus JLPT N2 pada percobaan pertama Anda.

 

 

Langkah 1: Pastikan Anda Mempelajari Materi yang Tepat

 

Ada banyak sekali panduan belajar, buku, ecourse, dan bahkan aplikasi JLPT di luar sana. Mana yang terbaik?

Setelah melakukan Observasi, dan mencoba banyak materi. Jika Anda mencari buku JLPT terbaik, “ seri Sou Matome ” dan “ buku Kanzen Master ” adalah rekomendasi buku teratas.

Jika Anda mampu membelinya, dapatkan keduanya. Jika Anda hanya mampu membeli satu bukunya, dapatkan buku Kanzen Master. Buku Sou Matome diatur dengan baik ke dalam pelajaran harian, jadi sangat mudah untuk mempelajarinya. Namun, materi dalam buku Kanzen Master lebih teliti dan rinci.

Jika Anda ingin belajar bahasa Jepang secara nyata serta tata bahasa, kata, dan kosa kata untuk JLPT, rekomendasi terbaik adalah ecourse Pongo Exclusive. Terutama jika Anda menggunakan JLPT N2, N3, N4, atau N5. Materi di Pongo Exclusive mencakup tata bahasa yang perlu Anda ketahui, serta menunjukkan cara menggunakannya.

 

 

Langkah 2: Belajar dengan Urutan yang Benar

 

Kebanyakan panduan belajar dan buku membagi semua materi menjadi 5 bagian: kosakata, tata bahasa, kanji, membaca dan mendengarkan.

Bagian tes terpanjang dan tersulit adalah pada bagian membaca. Jadi, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar membaca. Namun, sebelum Anda melakukannya, akan jauh lebih mudah jika Anda mempelajari kanji, tata bahasa, dan buku kosakata terlebih dahulu.

Dengan menggunakan buku sou matome yang disebutkan di atas, Anda dapat melakukan satu pelajaran setiap hari untuk setiap buku (tata bahasa, kosakata, dan kanji). Setelah itu, habiskan sebagian besar waktu Anda untuk berlatih membaca.

Dengan mempelajari semua kosakata, kanji, dan tata bahasa terlebih dahulu, Anda akan dapat membaca dan memahami lebih banyak masalah di panduan belajar bagian membaca. Jadi, setelahnya Anda dapat berkonsentrasi untuk meningkatkan kecepatan dan pemahaman membaca Anda. Kabar baiknya adalah jika Anda mempelajari semua kosakata, kanji, dan tata bahasa, Anda sedang berjalan  dalam proses untuk lulus JLPT. Jika Anda dapat memahami dan menjawab lebih dari setengah pertanyaan di bagian bacaan, Anda memiliki peluang besar untuk lulus.

Untuk bagian mendengarkan, Anda bisa bertahan tanpa belajar sama sekali jika Anda sering mendengar bahasa Jepang. Namun, jika Anda hanya mendengar dan menggunakan bahasa Jepang di kelas, Anda harus mempelajari bagian ini. Baik seri Sou Matome dan Kanzen Master memiliki buku mendengarkan yang dilengkapi dengan CD.

Bagaimanapun, bagian mendengarkan adalah bagian yang paling mudah untuk dipelajari, dan harus dipelajari terakhir. Jika Anda yakin dengan kemampuan mendengarkan Anda, pelajari ini hanya jika Anda punya waktu setelah mempelajari hal lain.

 

 

Langkah 3: Mengikuti Tes dengan Urutan yang Benar

 

Ini sangat penting. Cara Anda mengikuti ujian dapat membantu Anda atau bahkan menghancurkan Anda.

Tes JLPT N2 memiliki dua bagian. Bagian 1 terdiri dari bagian tata bahasa, kosakata, kanji, dan bacaan. Ini membutuhkan BANYAK kekuatan otak untuk melewatinya. Anda mungkin akan merasa terkuras secara mental tetapi sangat lega karena semuanya sudah berakhir.

Bagian 2 adalah bagian mendengarkan. Seluruh tes terdiri dari pertanyaan pilihan ganda, jadi meskipun Anda tidak tahu jawabannya, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjawabnya dengan benar.

Bagian Apa Yang Harus Saya Lakukan Pertama Kali?

Untuk bagian 1, kebanyakan orang menjawab pertanyaan secara berurutan, artinya mereka mengerjakan bagian tata bahasa, vocab, dan kanji terlebih dahulu, baru mengerjakan bagian membaca. Ini adalah cara yang salah untuk melakukannya.

Kecuali Anda fasih berbahasa Jepang dan dapat membaca dengan lancar di bagian membaca tanpa masalah, ini akan menyita sebagian besar waktu Anda dan memberi Anda sebagian besar masalahmembuat anda kehabisan waktu.

 

Anda harus melakukan bagian membaca PERTAMA .

Dengan begitu, Anda akan mengerjakan bagian tes tersulit saat otak Anda masih segar. Setelah Anda menyelesaikan bagian membaca, bagian tata bahasa, kosakata, dan selanjutnya bagian kanji terasa sangat mudah. Saya tidak mengatakan bahwa pertanyaannya mudah, tetapi dibandingkan dengan bagian membaca, ini jauh lebih sederhana. Pertanyaannya jauh lebih pendek dan sangat langsung sehingga Anda dapat menjawabnya dengan cepat.

 

Bagian KEDUA adalah mendengarkan. Karena yang harus Anda lakukan hanyalah mendengarkan, Anda bisa merasa rileks.

Yang membuat bagian mendengarkan sulit adalah kelelahan. Anda mungkin sangat lelah menyelesaikan bagian 1 sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Itulah mengapa mengikuti tes latihan di langkah 4 sangat berguna. Anda bisa merasakan bagaimana menjawab begitu banyak pertanyaan dalam waktu yang sepertinya sangat singkat.

 

Mengelola Waktu Anda

Anda hanya memiliki 105 menit untuk menyelesaikan bagian 1, yang memiliki sekitar 75 pertanyaan (sekitar 32 pertanyaan kosakata / kanji, 22 pertanyaan tata bahasa, dan 21 pertanyaan bacaan).

Jadi itu berarti Anda hanya memiliki sedikit lebih dari 1 menit untuk menyelesaikan setiap pertanyaan.

Karena bagian kosakata / kanji adalah “Anda tahu atau tidak,” Anda mungkin akan menyelesaikan setiap pertanyaan dalam 10 detik atau lebih.  Jika Anda tidak tahu jawabannya, lewati saja.   Selesaikan seluruh tes terlebih dahulu sebelum Anda kembali ke pertanyaan yang tidak Anda yakini jawabannya.

Namun, bagian membaca adalah sulit yang sama sekali berbeda. Ada sekitar 21 pertanyaan, yang sepertinya tidak banyak. Tapi percayalah, 21 pertanyaan ini akan menyita sebagian besar waktu Anda.

Ini karena untuk setiap halaman (atau lebih) bacaan yang Anda lakukan, hanya akan ada 1-5 pertanyaan, akan tetapi rata-rata adalah dua atau tiga pertanyaan per halaman bacaan.

Artinya, Anda harus membaca 7-10 halaman bahasa Jepang agar dapat menjawab 21 pertanyaan tersebut. Yang lebih buruk adalah sebagian besar pertanyaannya tidak langsung. Anda akan memikirkan jawabannya, dan memahami perbedaan halus dalam teks.

Beberapa ceritanya hanya satu paragraf, tapi masih butuh waktu untuk melewatinya. Kebanyakan orang akan menghabiskan lebih dari 1 menit untuk menjawab setiap pertanyaan di bagian bacaan. Jadi, ini berarti Anda harus mempelajari bagian tata bahasa dan kosakata untuk menyelesaikan tes tepat waktu

Ringkasan : Bagian 1: Selesaikan bagian membaca terlebih dahulu, lalu lakukan bagian tata bahasa dan kosakata. Untuk bagian tata bahasa dan kosakata, lewati pertanyaan yang tidak Anda yakini dan kembali ke pertanyaan itu hanya setelah Anda menyelesaikan yang lainnya.

 

 

Langkah 4: Lakukan Tes Praktik

 

Selain mempelajari materi yang tepat, ada baiknya Anda mengikuti tes latihan.

JLPT menawarkan tes N2 nyata yang digunakan di masa sebelumnya. Ada juga banyak tes latihan level N2 yang bisa Anda beli. Beberapa dari tes latihan ini bisa jadi sangat sulit. Faktanya, tes latihan ini lebih sulit daripada tes N2 yang sebenarnya.

Jadi, meskipun Anda tidak lulus tes latihan ini, itu tidak berarti Anda akan gagal dalam JLPT.

Apakah ini mutlak diperlukan untuk lulus ujian?

Tidak, tentu tidak.

Jika Anda mempelajari materi, Anda mungkin tidak perlu mengikuti tes latihan. Tapi Anda tahu pepatah lama, “latihan membuat sempurna?” Ya itu benar. Anda akan merasakan bagaimana rasanya mengikuti tes berjangka waktu dan merasakan sedikit tekanan. Jadi, saat Anda mengikuti tes JLPT yang sebenarnya, Anda akan merasa lebih percaya diri dan siap.

 

 

Langkah 5: Lambat dan Mantap Memenangkan Perlombaan

 

Sejauh ini, ini adalah strategi terpenting untuk melewati JLPT N2. Beri diri Anda BANYAK waktu.

Ini masuk akal, tetapi sangat sedikit orang yang melakukan ini. Jika Anda memberi diri Anda waktu 6 bulan untuk belajar, itu lebih dari cukup waktu untuk lulus ujian dengan gemilang. Yang juga penting adalah BAGAIMANA Anda belajar.

Anda PERLU membuat jadwal belajar yang konsisten. Baik itu satu jam sehari atau 30 menit 5 kali seminggu, pastikan Anda membuat rutinitas belajar.

Apa pun yang Anda putuskan, pertahankan dan jadikan belajar sebagai KEBIASAAN. Belajar secara konsisten adalah RAHASIA untuk menjadi fasih berbahasa Jepang.

Juga, pastikan untuk membuat sesi belajar Anda singkat. Jika Anda ingin belajar selama satu jam atau lebih dalam satu waktu, pastikan untuk beristirahat sejenak setiap 15 hingga 20 menit. Ini akan membantu Anda menyimpan informasi dengan lebih baik dan membuat Anda tetap termotivasi sehingga Anda tidak kehabisan tenaga.

Tip Penting…

Jangan Belajar HANYA  untuk Lulus JLPT.

Berbeda dengan JLPT N1, materi JLPT N2 memiliki banyak kata, tata bahasa, dan kanji yang berguna untuk dunia nyata. Jika Anda belajar hanya untuk tujuan lulus ujian, Anda mungkin tidak akan banyak mengingat.

Namun, jika Anda meluangkan waktu dan upaya untuk benar-benar MEMPELAJARI materi, Anda tidak hanya akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk lulus ujian, tetapi Anda juga akan meningkatkan level bahasa Jepang Anda dengan pesat.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila Anda merasakan mendapat manfaat dari artikel ini silahkan share ke sosial media Anda 🙂

Serba Serbi Tes JLPT 2021 yang Mungkin Belum Kamu Tahu
4 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *