Sumber: Pixabay.com

 

Seperti yang kita tahu Jepang adalah tujuan impian bagi siapa saja yang ingin merasakan budaya mereka yang kaya dan pemandangan yang menakjubkan. Dari bunga sakura hingga cahaya dan suara Tokyo , dan pastinya Jepang jelas merupakan salah satu tujuan belajar terbaik di luar negeri dikarenakan gelarnya sebagai negeri Industri. Akan tetapi tentunya terdapat lika liku persiapan daftar beasiswa di Jepang, duh mikirinnya aja udah pusing ya. Eitts tapi jika Anda ingin belajar di Jepang dan menghemat uang pada saat yang sama, berikut beberapa trik dari Pongo Exclusive yang perlu Anda pelajari:

 

Jika anda lebih memilih untuk membiayai sendiri biaya kuliah tanpa beasiswa, ada beberapa cara Menghemat Uang Saat Belajar di Jepang, Menabung uang di negara lain itu mudah selama Anda mengerjakan pekerjaan rumah ini: lakukan riset! Cobalah untuk mencari pilihan Anda. Ingat, belajar di luar negeri ada biayanya.

 

  1. Ajukan Beasiswa

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan beasiswa Anda harus spesifik dan mencoba melamar setiap beasiswa yang Anda temukan. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa di Jepang: Pemerintah Jepang Beasiswa Mahasiswa Internasional JASSO adalah program yang ditawarkan oleh pemerintah, yang biasanya berlangsung selama tiga bulan hingga satu tahun. Apalagi Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) Program Studi Jepang membutuhkan waktu satu tahun akademik. Beasiswa Privat Pelajar AS yang tertarik untuk belajar di Jepang dapat melakukannya dengan beasiswa swasta.

Program Beasiswa di Jepang Proyek Menjembatani

  • STA Travel, Inc. Beasiswa Benjamin A. Gilman
  • Beasiswa Boren Fulbright (Jepang)

Tapi perlu anda ketahui bahwa bukan anda satu satunya calon mahasiswa/pelajar yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini, ada ribuan pesaing anda diluar sana, maka dari itu anda harus mempersiapkan setidaknya skil berbahasa jepang anda, untuk lebih mempermudah lika liku persiapan daftar beasiswa di Jepang.

Tertarik belajar bahasa jepang mudah untuk pemula? Dengan metode pembelajaran yang kekinian, dan banyak fasilitas serta bonus.

 

 

  1. Cari Akomodasi Murah

Setelah Anda memutuskan ingin belajar di luar negeri, Anda harus memilih dengan cermat di mana Anda akan tinggal. Anda bisa memangkas biaya dengan memilih homestay bersama teman, yang bisa disediakan oleh program studi di luar negeri. Anda dapat mengatur akomodasi Anda jauh jauh hari bahkan sebelum Anda tiba di Jepang. Anda harus selalu mengingat untuk ikuti aturan dan hormati keluarga angkat Anda.

 

 

  1. Pendaftaran Langsung di Universitas Jepang

Cobalah mendaftar langsung ke universitas Jepang. Saat Anda pergi ke luar negeri, Anda dapat menghemat uang ketika Anda berurusan dengan universitas secara langsung. Anda juga akan terkejut menemukan beberapa manfaat dengan cara mendaftaran langsung. Demikian pula, ada juga penyedia studi di luar negeri yang murah atau berbiaya rendah yang membantu siswa, seperti diantaranya: CIEE, IES Abroad, Program Bahasa Jepang (Peace Boat), Program Studi Bahasa Jepang NRCSA.

 

 

  1. Belajar di Kota Kecil Jepang

Terdengar sedikit kurang profesional, akan tetapi tahukah anda biaya hidup di kota-kota besar seperti Tokyo bisa lebih mahal dibandingkan kota-kota kecil di Jepang. Kami menyarankan anda untuk mencoba mendaftar ke universitas di kota-kota kecil misalnya di Hokkaido atau Kyushu, jangan takut untuk kualitas pengajaran, karena pemerintah jepang telah menetapkan kesetaraan ilmu dalam pendidikan jepang.

 

 

  1. Bagaimana Menghemat Uang Saat Belajar di Jepang

Setelah Anda telah memutuskan dengan program studi Anda, Anda perlu membuat rencana anggaran dan membuat komitmen. Anda harus berhemat untuk dpat hidup di Jepang sebagai orang asing. Berikut beberapa tips dari Pongo Exclusive untuk melakukannya:

  • Belanja Lokal Pasar lokal adalah teman terbaik Anda untuk berhemat. Anda dapat menghemat uang tetapi tetap mendapatkan produk segar dan makanan jalanan dengan harga murah, dibandingkan dengan makanan rumahan yang anda biasa pesan direstoran atau makanan cepat saji. Sst, ada tips lagi yang harus anda ketahui nih, Saat berbelanja pakaian, cobalah masuk 30 menit sebelum mereka tutup, biasanya ada diskon yang anda bisa dapatkan jika anda beruntung.
  • Anda dapat Menghadiri acara gratis, cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjelajahi kota dengan anggaran terbatas. Anda tidak perlu bersembunyi atau rebahan di kamar Anda selama week end.
  • Tips lain yang bisa membantu anda berhemat, adalah menjadikan sepeda sebagai transportasi utama anda selama dijepang, seperti yang kita ketahui masyarkat jepang berpergian menggunakan Tranportasi umum, atau sepeda karna lebih mudah dijangkau, makanya anda akan sangat jarang menemui situasi macet seperti dikota kota besa diindonesia, akan tetapi anda harus mulai membiasakan diri mengendarai sepeda sebelum kejepang, agar anda tidak mudah merasa lelah, dan mulai terbiasa. Masyarkat jepang juga berfikir bersepeda ke tempat kerja dan menggunakan transportasi umum sangat membantu pada pemotongan anggaran Anda. Hindari dengan menyewa atau membeli sepeda sendiri. Anda akan menemukan bahwa menyewa sepeda gratis pada hari Minggu di Tokyo. Betapa kerennya hal itukan.

 

Jika anda tertarik dengan konten semacam ini silahkan klik disini, kami juga memiliki penawaran menarik untuk anda yang ingin belajar bahasa jepang dengan metode 10x lebih cepat dan lebih paham dengan mengikuti program PONGO EXCLUSIVE

Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya ^_^

 

Ini Dia 3 Tips Belajar di Jepang Gratis yang Bisa Kamu Coba
Serba Serbi Tes JLPT 2021 yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *