budaya populer jepang di indonesia

Negara Jepang merupakan termasuk negara yang saat ini budaya nya cukup digandrungi, khususnya budaya pop. Budaya Jepang di Indonesia sendiri tidak kalah terkenal dikalangan anak mudah bahkan menyaingi kepopuleran budaya pop barat maupun korea yang juga banyak digemari oleh anak-anak muda.

Ada beraneka macam bentuk budaya jepang di Indonesia yang sangat popular, mulai dari film, music, hingga gaya berpakaian pun tidak kalah digandrungi oleh orang-orang khususnya oleh anak-anak muda.

Dari kecintaan terhadap budaya pop Jepang itu juga tak jarang banyak istilah-istilah yang diambil dari bahasa Jepang serta tidak sedikit pula orang yang juga mulai tertarik belajar bahasa Jepang. Mungkin kamu yang membaca artikel ini juga merupakan salah satu yang menggilai kepopuleran budaya Jepang.

Terus budaya Jepang di Indonesia apa saja yang sangat popular?. Berikut 5 Budaya Jepang di Indonesia yang sangat populer khususnya di kalangan anak muda.

  1. Manga

Budaya Jepang di Indonesia yang sangat populer yang pertama adalah manga atau bisa dibilang komik khas Jepang.

Kita mungkin sudah sering mendengar komik-komik populer khas barat seperti Marvel Comic maupun DC Comic. Namun Jepang tidak mau kalah dalam industri novel bergambarnya atau biasa disebut dengan manga.

Manga atau komik khas Jepang sendiri sudah lama dan dan sudah banyak terkenal di Indonesia. Mungkin kamu sejak usia kecil dulu sudah sering membacanya seperti komik doraemon, Naruto dan lain-lain.

Genre yang ditawarkan komik Jepang pun sangat beraneka ragam mulai dari detektif, komedi hingga ke manga action. Karena kepopuleran tersebut tidak heran sampai ada studio resminya yang menerbitkan manga Jepang ke dalam bahasa Indonesia.

  1. Musik

Musik memang menjadi salah satu unsur yang sangat melekat dengan kita sehari-hari khususnya pada dunia hiburan. Bahkan dunia hiburan lainnya pun juga terdapat unsur musik di dalamnya seperti film dan drama,

Musik Jepang juga merupakan salah satu budaya Jepang di Indonesia yang cukup populer. Musik populer Jepang biasa disebut dengan J-Pop. J-Pop bahkan tidak kalah kepopulerannya dengann music-musik barat, India, bahkan K-Pop atau music korea.

Salah satu yang membuat kepopuleran music Jepang di Indonesia adalah pop culture asal Jepang lainnya yaitu anime. Karena anime umumnya memiliki music pembuka, penutup atauh bahkan music latar yang juga sangat nikmat untuk didengar. Tidak jarang juga banyak musisi ataupun band asal Jepang yang kepopulerannya naik dikarenakan salah satu atau beberapa singlenya merupakan bagian dari salah satu anime terkenal, sebut saja Ikimono Gakari yang berhasil terkenal karena salah satu singlenya yang berjudul Blue Bird menjadi opening music anime Naruto yang juga merupakan anime sejuta umat.

  1. Cosplay

Budaya Jepang di Indonesia yang sangat populer satu ini memang banyak sekali peminatnya hingga banyak komunitasnya serta evennya yang juga sering diselenggarakan di Indonesia.

Cosplay sendiri merupakan singkatan dari Costume Play dimana orang-orang yang melakukan cosplay akan mengenakan pakaian dan berdandan semirip mungkin dengan karakter-karakter fiksi favorit mereka yang ada di video game,manga  maupun kartun dan anime.

Bagi para penggemarnya event-event cosplay memang sangat dinanti-nantikan karena tidak diadakan setiap saat. Di event ini juga tentunya mereka dapat berjumpa dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama yang tentunya mereka dapat banyak bertukar banyak hal saat event berlangsung.

  1. Anime

Kalau budaya Jepang di Indonesia yang sangat populer satu ini pasti kamu mengenalinya dengan baik, apalagi kalau bukan anime. Buat kamu yang belum tahu, anime sendiri merupakan kartun animasi khas Jepang.

Walaupun sama-sama kartun animasi antara anime dan kartun khas barat seperti Mickey Mouse dan Spongebob jelas memiliki beberapa perbedaan yang mungkin belum kamu sadari. Perbedaan itu bisa kamu lihat dari desain karakter, pengembangan karakter, hingga alur cerota yang memang memiliki karakteristik tersendiri.

Dibandingkan dengan kartun biasa lainnya, anime memiliki lebih banyak jenis dan genrenya, mulai dari genre komedi, piece of life, action, bahkan horro sekalipun ada di anime. Oleh karena itu, tidak seperti serial kartun lainnya yang kebanyakan dibuat untuk anime, anime sendiri ada beragam jenis ada yang dikhususkan sebagai tontonan anak-anak seperti anime Doraemon, namun ada juga anime yang memang hanya boleh ditonton oleh orang dewasa karena kesadisan atau hal lainnya.

  1. Video Games

Siapa di sini kalau bosan hobinya main video game?, mimin juga. Nah budaya Jepang di Indonesia yang sangat populer yang akan kita bahas kali ini adalah video game.

Jepang memang terkenal juga dengan industry video game. Bahkan saat diera keemasan Sega, Nintendo dan Atari, Jepang pernah menguasai pasar video game. Asal kamu tahu konsol yang digunakan untuk bermain video game yang bernama PlayStation  meruapakan ciptaan perusahaan teknologi asal Jepang yang bernama sony.

Game-game populer asal Jepang yang mungkin pernah kamu mainkan antara lain Pokemon, Mario Bross, hingga Final Fantasy yang salah satu karakternya adalah vokalis Kangen Band.

 

Tanpa kamu sadari ternyata ada banyak budaya pop Jepang yang memang terkenal di masyarakat kita Indonesia bukan?.

Paling enak menikmati budaya pop Jepang kalau bisa bahasa Jepang dengan baik. Sekarang kan udah ada program belajar bahasa Jepang yang mudah dan cepat, apa lagi kalau bukan di Pongo Exclusive. Cuma di Pongo Exclusive kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

 

 

 

5 Kebiasaan Unik Orang Jepang Yang Bikin Kamu Bingung
5 Perusahaan Terkaya Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *