kebiasaan unik orang jepang

Setiap negara pasti memiliki kebiasaannya yang memiliki keunikan tersendiri yang sering dilakukan warganya, salah satunya adalah negara Jepang. Negara Jepang memang terkenal dengan keunikannya yang memang diluar dugaan termasuk kebiasaan unik orang Jepang yang mungkin tidak sampi terpikirkan oleh kamu.

Yang namanya kebiasaan unik orang Jepang tentunya hal-hal tersebut jarang atau bahkan tidak dapat kamu jumpai di tempat lain. Sama halnya negara kita Indonesia yang mungkin banyak kebiasaan yang sering kita lakukan dan bagi kita biasa saja, namun bagi orang luar negeri hal itu terkesan unik bahkan aneh.

Tapi kita bakal ngomongin kebiasaan unik orang Jepang kali ini yang mungkin bikin kamu geleng-geleng kepala atau menkerucutkan dahi. Mau tahu kebiasaan unik orang Jepang apa aja yang diluar dugaan?. Berikut 5 kebiasaan unik orang Jepang yang bikin kamu bingung.

  1. Pesta Di Kuburan Saat Musim Semi

Kebiasaan unik orang Jepang yang perti pasti langsung bikin kamu terheran-heran. Buat kamu yang pernah mendengar hanami yaitu tradisi pada musim semi dimana para warga Jepag berbondong-bondong keluar untuk melihat bunga-bunga bermekaran baik di taman maupun di tempat umum lainnya.

Lho nggak ada yang aneh kan?. Namun salah satu kebiasaan unik orang Jepang alam merayakan hanami terbilang unik. Biasanya warga Jepang juga merayakan Hanami dengan melakukan piknik bersama keluarga di pemakaman. Mereka biasanya akan makan-makan, minum-minum, hingga bernyanyi.

Mereka meyakini dengan melakukan hal-hal tersebut mereka telah melakukan penghomatan terhadap para leluhur mereka yang telah mendahului mereka. Kalau kamu pasti boro-boro piknik di kuburan, lewat kuburan aja langsung ambil jurus seribu langkah biar bisa cepet-cepet ninggalin kuburan.

  1. Mandi Bersama Di Pemandian Umum Tanpa Sehelai Benang

Nah kebiasaan unik orang Jepang yang satu ini pasti juga nggak kalah bikin kamu geleng-geleng kepala.

Negara Jepang memang terkenal dengan banyaknya sumber air panas dan akhirnya banyak juga tempat pemandian umum yang biasanya digunakan oleh orang-orang Jepang atau wisatawan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak.

Letak keunikannya adalah orang-orang Jepang biasanya berendam di pemandian secara beramai-ramai tanpa sehelai benang pun menempel pada tubuh mereka, bahkan jika misalnya ada yang memakai baju atau pakaian dalam dia dilarang ikut nimbrung. What?

Buat kamu yang belum terbiasa pasti ilfeel banget kan jadinya?, tapi hal itu udah biasa banget dilakukan oleh warga Jepang di sana. Eh tapi mereka mandinya di pisah kok antara laki-laki dan perempuan, jadi buat kamu yang udah mikir macem-macem dan pengen ikutan mandi cuman gara-gara itu harus kecewa ya hehehe.

  1. Makan-makanan Berkuah Nggak Afdol Kalau Nggak Diseruput

Jepang memang terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang sangat lezat dan sangat mendunia. Mungkin ada diantara kamu yang suka dengan makanan Jepang seperto susi, Takoyaki, ataupun ramen.

Salah satu kebiasaan unik orang Jepang saat menyantap makanan yang berkuah seperti ramen adalah menyeruputnya sampai menimbulkan suara yang kenceng. Mungkin bagi kita orang Indoneisia hal tersebut kurang beradab dan dapat mengganggu orang di sekitarnya namun bagi warga Jepang hal tersebut justru merupakan hal yang wajar dan bahkan sangat dianjurkan.

Mereka beranggapan dengan memakan makanan berkuah sambil diseruput dan mengeluarkan suara yang kencang merupakan bentuk dari menikmati makanan. Kalau kita lakukan begitu coba aja di depan orang tua, pasti langsung ditegur hehehe.

  1. Nonton Film Asing Ya Didubbing

Jadi dubbing merupakan proses pengisian suara suatu karakter yang ada pada film. Dubbing biasanya dilakukan pada film animasi atau di beberapa kasus pada film asing.

Kamu sendiri lebih suka menonton film dengan subtitle atau dengan dubbing?. Pasti kebanyakan kamu akan menjawab dengan subtitle karena biasanya film yang sudah didubbing ke bahasa lain tidak terdengar natural lagi dan pada beberapa konteks percakapan menjadi kurang nyambung.

Namun hal ini berebeda dengan yang ada di Jepang. Warga Jepang lebih suka menonton film asing yang telah didubbing ulang ke bahasa mereka. Alasan masuk akal yang membuat orang Jepang lebih suka menonton film yang didubbing ulang adalah karena ada beberapa orang yang tidak suka konsentrasinya terpecah saat menonton film dengan subtitle.

Di Indonesia sebenarnya kamu juga akan menemukan di televisi beberapa film yang didubbing ulang ke bahasa Indonesia, namun biasanya yang didubbing ulang adalah kartun ataupun film-film yang target penontonnya adalah anak-anak yang notabene belum bisa membaca.

  1. Banyak Layanan/Jasa Unik dan Aneh Di Jepang

Kebiasaan unik orang Jepang yang terakhir adalah berkaitan jasa dan layanan yang dapat kamu temui di Jepang.

Percaya nggak percaya di Jepang ada lho orang atau bahkan agensi yang menyediakan layanan sewa pacar buat kamu yang sudah menjadi jombol yang menjamur. Selain pacar sewaan kamu juga akan menemukan jasa unik lainnya seperti jasa pelukan buat yang lagi galau, jasa minta maaf buat kamu yang malu buat minta maaf ked oi, atau bahkan jasa anggota keluarga. Apa kamu tertartik buat buka jasa tersebut di Indonesia? Siapa tahu malah bikin cuan.

 

Ternyata ada beraneka ragam kebiasaan aneh orang Jepang yang bisa bikin kita kebingungan. Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak lagi keunikan Jepang salahs satu caranya adalah dengan belajar bahasa Jepang.

Kebetulan banget, sekarang kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah dan cepat di Program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive.

Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclsusive kamu bakalan merasakan pengalaman belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

5 Kebudayaan Jepang Yang Unik Dan Menakjubkan
5 Budaya Jepang Di Indonesia Yang Sangat Populer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *