kebudayaan unik di jepang

Salah satu negara di Asia yang terkenal dengan kebudayaan dan kebiasaan masyarakatnya yang unik apa yang kamu tahu?. Jika diajukan pertanyaan seperti itu maka pikiran kita akan otomatis tertuju pada negeri matahari terbit atau Jepang.

Banyak kebudayaan Jepang yang unik dan menakjubkan yang juga sangat berperan penting dalam menarik wisatawan Jepang tiap tahunnya. Kamu akan banyak menemukan kebudayaan Jepang yang unik mulai dari yang tradisional bahka  yang modern atau biasa disebut dengan pop-culture nya. Jepang memang tidak pernah mambuat kita berhenti berkata wow untuk masalah seperti itu.

Terus apa aja sih kebudayaan Jepang yang unik dan menarik yang bikin kita pingin banget mengunjungi Jepang?. Berikut 5 Kebudayaan Jepang yang unik dan menakjubkan yang harus kamu ketahui.

  1. Kabuki

Kebudayaan Jepang yang unik yang pertama kita masuk ke budaya Jepang yang berbentuk kesenian tepatnya seni teater yang juga didalamnya terdapat seni musik dan tari yang ketiganya saling berpadu.

Ditambah dengan cerita yang sangat menarik untuk diikuti membuat para penonton seni teater ini betah untuk duduk berlama-lama menyaksikan jalannya pertunjukkan teater hingga selesai.

Hal itu juga ditambah dengan dekorasi dan tata rias make up pemain untuk menonjolkan karakter tokoh yang diperankan berperan menambah atmosfir teater menjadi lebih mendukung dan dramatis.

Kabuki sendiri merupakan teater kebudayaan tradisional ala Jepang yang sudah ada sejak zaman Edo dan sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan kebudayaan bersejarah non-fisik.

Mulaya Kabuki ini diperankan oleh para wanita yang juga akan memerankan peran pria dalam sebuah alur yang menceritakan parodi kehidupan. Yang mencetusnya adalah seorang pendeta Shinto yang juga perempuan yang bernama Izumo no Okuni.

Namun  seiring berjalannya waktu karena ada beberapa kasus para pemeran Kabuki tersebut kedapatan menawarkan jasa “lain”, maka para pemainnya diganti oleh para pria yang juga memerankan karakter perempuan.

  1. Hanami

Jika kamu berencana berkunjung ke Jepang saat musim semi maka jangan sampai kelewatan dengan kebudayaan Jepang yang unik satu ini yaitu Hanami.

Hanami sendiri secara bahasa memiliki arti “melihat bunga”. Pada praktiknya hanami secara spesifik melihat bunga cherry blossom yang bermekaran saat musim semi tiba. Selain bunga sakura bunga cherry blossom memang menjadi ikon tersendiri saat musim semi tiba di Jepang.

Bunga cherry blossom memang dijadikan sebagai tanda hadirnya musim semi yang juga bermakna pergantian masa dan pergantian kehidupan secara alami. Dari bunga cherry blossom ini masyarakat Jepang mengambil filosofi bahwa laju kehidupan ini sangatlah cepat seperti layaknya bunga cherry blossom yang hanya bermekaran selama kurang lebih dua minggu.

Oleh karena itu masyarakat Jepang akhirnya memanfaatka kesempatan tersebut untuk merefleksikan kehidupan sambil melihat bunga-bunga bermekaran.

  1. Sumo

Kalau kebudayaan Jepang yang unik dan menakjubkan satu ini pasti sudah tidak asing lagi dan sudah pernah kamu dengar dan ketahui sebelumnya.

Kaebudayaan Jepang yang satu ini adalah seni gulat khas Jepang yang tidak lain dan tidak bukan bernama Sumo. Di pertunjukkan Sumo kita akan melihat dua orang dengan berat badan berlebih saling menjatuhkan satu sama lain untuk memperoleh kemenangan.

Pada prktik  awalnya yang muncul pada zaman Jepang kuno sumo merupakan pertunjukkan yang memiliki tujuan untuk memberi hiburan dewa yang ada pada ajaran agama Shinto. Makannya pada pelaksanaannya hingga sekarang olaharga gulat jni masih menerapkan beberapa tradisi yang bersifat kepercayaan seperti meminum air suci dan menaburkan garam pada arena gulat.

Selain itu biasanya wasti pada pertunjukkan Sumo mengenakan pakaian dan berdandan seperti seorang pendeta pada ajaran Shinto.

  1. Festival Nagoya

Kebudayaan Jepang yang unik berikut ini berupa sebuah festival yang biasanya diadakan pada pertengahan bulan oktober dan berlangsung selama dua hari. Para telent atau peserta yang mengikuti festival ini biasanya mengenakan pakaian dan berdandan layaknya seperti pakaian traditional Jepang pada zaman dahulu, lebih tepatnya mereka berdanda dan bergaya seperti para prajurit perang pada zaman dahulu di Jepang.

Tujuan dari diselenggarakannya festival ini adalah sebagai penghormatan untuk tokoh-tokoh yang hidup di abad pertengahan yang bernama Toyotomi Hideyoshi, Ieyasu, Oda Nobugana dan Tokugawa.

Jadi buat kamu yang ingin berkunjung ke Jepang saat pertengahan Oktober jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk melihat Festival Nagoya.

  1. Geisha

Kebudayaan Jepang yang unik yang terakhir yang kita bahasa merupakan sebuah seni hiburan tradisional khas dari Jepang. Seni hiburan tradisional yang bernama Geisha ini sudah ada di Jepang sejak abad ke 18.

Di zaman modern seperti sekarang ini geisha sudah agak jarang ditemukan walaupun ada beberapa kelompok orang Jepang yang masih berusaha melestarikannya.

Para talen geisha biasanya sudah dilatih sejak usia masih kecil yang biasanya mereka dipilih dari anak-anak gadis dari keluarga yang kurang mampu untuk tinggal dan berlatih di rumah geisha.

 

Sebenarnya masih banyak lagi kebudayaan Jepang yang unik yang wajib kamu eksplor, kalau diceritain gak bakalan ada habisnya deh.

Salah satu cara terbaik untuk eksplor kebudayaan Jepang yang unik tentunya dengan menguasai bahasa nya yaitu bahasa Jepang. Selain dapat mengeksplore kabudayaan Jepang yang unik jika kamu belajar bahasa Jepang kamu berkesempatan untuk kuliah di Jepang atau mendapatkan karir yang baik hingga kerja di Jepang.

Sekarang kamu nggak perlu pusing mau belajar bahasa Jepang di mana, karena sekarang udah ada program belajar bahasa Jepang yang namanya Pongo Exclusive. Kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat Cuma di Pongo Exclusive.

 

 

5 Kampus Dengan Jurusan Sastra Jepang Terbaik Di Indonesia
5 Kebiasaan Unik Orang Jepang Yang Bikin Kamu Bingung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *