perusahaan video game Jepang

Dari sekian banyaknya perusahaan video game besar dari seluruh dunia, beberapa diantara perusahaan video game dari Jepang.

Sebagai salah satu negara maju, Jepang memang banyak melahirkan perusahaan-perusahaan besar dari berbagai bidang termasuk dalam bidang hiburan. Salah satu bidang hiburan yang banyak diisi oleh perusahaan-perusahaan asal Jepang adalah video game.

Hal ini dapat dibuktikan dengan lahirnya banyak perusahaan video game dari Jepang yang tidak kalah saing dengan pengembang dari barat.

Walaupun sekarang didominasi oleh barat, perusahaan video game dari Jepang sendiri pernah menjadi raja dalam mengisi industri video game tepatya saat era Atari, Nintendo, Sega, hingga yang cukup menarik perhatian public kala itu adalah lahirnya PlayStation generasi pertama ciptaan perusahaan asal Jepang yang bernama Sony.

Bukan hanya yang menciptakan console game yang berbentuk hardware, banyak juga perushaan video game dari Jepang yang menjadi pengembang dari game-game terkenal, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan judul-judul terkenal seperti Mario Bross, Resident Evil, Sonic, dan Final Fantasy. Semua video game tersebut dikembangkan oleh perusahaan video game dari Jepang.

Daripada penasaran perusahaan video game dari Jepang apa aka aja yang sudah sangat mendunia, berikut kamu rangkum 5 perusahaan video game dari Jepang yang terkenal diseluruh dunia.

  1. Sony Computer Entertainment

Siapa sih yang tidak kenal dengan konsol untuk bermain video game yang bernama PlayStation. Konsol yang banyak menemani masa kecil kita dulu hingga dimarahin orang tua karena bermain di rental PlayStation hingga tidak mengenal waktu.

Peranana atas kesuksesan konsol tersebut adalah perusahaan teknologi yang juga menjadi salah satu perusahaan video game asal Jepang yang sangat sukses. Kepopulelarn PlayStation milik sony bahkan mampu mengalahkan konsol video game milik perusahaan raksasa Microsoft yang bernama Xbox.

Sekarang ini PlayStation telah memasuki generasi kelimanya atau lebih dikenal dengan PlayStation 5. Kamu tahu berapa keuntungan yang berhasil diraih Sony?. Tahun 2018 saja Sony pernah mencatat keuntungan sebesar 147 triliun rupiah, angka yang fantastis bukan?.

  1. Nintendo

Perusahaan video game dari Jepang selanjutnya ini sangat tidak asing bagi generasi 70-80an mengingat kejayaan tertinggi mereka sendiri berlangsung pada tahun 80an hingga 90an. Namun bukan berarti perusahaan video game dari Jepang yang membuat game terkenal Mario Bross ini tidak menjadi raja di pasar video game hingga sekarang.

Selain menciptakan konsol untuk bermain video game, Nintendo juga berhasil mengembangkan beberapa judul-judul terkenal dan terbukti laris di pasaran seperti Mario Bross, Legend Of Zelda, Pokemon dan lain-lain.

Konsol mereka di era modern sekarang adalah Nintendo Switch yang sangat revolusioner karena dapat menggabungkan pengalaman mobile gaming dan console gaming dalam satu gadget.

Tahun 2018 Nintendo tercatat memperoleh keuntungan sebesar 59 Triliun rupiah, walaupun memiliki rentang cukup jauh dari pesaingnya Sony, angka ini tetap fantastis.

  1. Sega

Satu lagi perusahaan video game dari Jepang yang sudah berumur cukup panjang yaitu sega. Perusahaan ini mungkin memiliki judul-judul game yang sudah sangat tidak asing lagi ditelinga kamu ini seperti Sonic The Hedgehog, Carnival, hingga yang paling sederhana dan legendaris Pac-Man :v.

Sebagao salah satu perusahaan video game dari Jepang yang sudah cukup besar, saat ini perusahaan video game Sega bernilai 4.9 USD.

  1. Bandai Namco

Selanjutnya kita memasuki perusahaan video game tertua yang ada di Jepang, tepatnya Bandai Namco telah beridir sejak tahun 1955. Walaupun Nintendo lebih dahulu berdiri yaitu tahun 1889, namun Nintendo baru masuk ke Industri video game pada tahun 1974 yang sebelumnya memproduksi kartu permainan.

Perusahaan yang pada awalnya memiliki nama Nakamura Manufacturing ini memiliki basis di Ibu Kota Jepang yaitu Tokyo. Kalau suka dengan anime-anime action seperti Naruto, Gundam, Seta Dragonball, untuk versi video gamenya Bandai Namco yang mengembangkannya.

Sebagai perusahaan video game dari Jepang yang sudah sangat besar dan mendunia, Bandai Namco sekarang bernilai 4.7 USD.

  1. Konami

Perusahaan video game dari Jepang yang terakhir mungkin juga nggak terlalu asing ditelinga kamu. Buat kamu penikmat game horror fenomenal bernama Silent Hill atau kamu yang betah berlama-lama di rental PS untuk bermain game sepak bola terkenal yang berjudul Pro Evlution Soccer seharusnya sudah tidak asing dengan perusahaan yang satu ini.

Saat ini perusahaan video game dari Jepang ini bukan hanya memiliki basis di Jepang, namun juga di California, Amerika Serikat.

Sebagai salah satu perusahaan video game terbesar di dunia setidaknya Konami saat ini memiliki nilai sebesar 3.4 USD.

 

Ternyata Jepang memiliki perusahaan-perusahaan besar di Industri video game bahkan tidak kalah dengan perusahaan di barat seperti Activision maupun Electronic Arts. Apa kamu tertarik untuk bekerja di salah satu perusahaan tersebut?. Karena tidak satupun perusahaan video game dari Jepang tersebut memilki cabang di Indonesia, maka salah satu caranya kamu harus belajar bahasa Jepang.

Sekarang kamu nggak perlu pusing mikirin belajar bahasa Jepang mahal ataupun lama. Karena kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat di Program Belajar Bahasa Jepang Pongo Exclusive.

 

Perbedaan Tulisan Jepang Dan Cina Yang Harus Kamu Ketahui
5 Anime Genre Action Terbaik Sepanjang Masa Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *