Belajar bahasa Jepang memang menjadi salah satu minat yang sedang ngetrend sekarang ini. Mulai dari anak-anak, usia remaja hingga dewasa, banyak yang mulai tertarik bahasa Jepang dan tidak sedikit yang mulai belajar bahasa Jepang.

Tapi tentunya yang harus kamu tahu, belajar bahasa Jepang itu tidak semudah yang kamu kamu pikirkan. Selain fakta bahwa bahasa Jepang menggunakan jenis tulisannya sendiri untuk(tidak menggunakan huruf latin seperti bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris), ternyata dalam bahasa Jepang tidak hanya menggunakan satu jenis huruf.

Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Jepang, dalam bahasa Jepang sendiri umumnya terdapat tiga jenis huruf yang harus kamu pelajari jika ingin belajar bahasa Jepang.

Tiga jenis huruf itu antara lain, huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji. Setiap huruf tersebut memiliki perannya masing-masing dalam penggunaanya di kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang.

Dari sekian huruf tersebut salah satu huruf yang menantang untuk dipelajari dan wajib kamu pelajari adalah huruf Kanji. Banyak orang yang belajar bahasa Jepang yang merasa kesulitan saat belajar kanji.

Untuk itu kami berikan 4 tips menghafal dan belajar kanji dengan mudah.

  1. Hilangkan Kuchigose Dan Perbaiki Pola Pikir

Apa itu kuchigose?. Kuchigose merupakan kebiasaan negatif yaitu ketika mulut kamu selalu mengatakan hal-hal yang menghambat kamu untuk terus maju atau dalam kasus ini belajar bahasa Jepang, seperti “aku nggak bisa melakukannya”, “kanji itu sulit”, “ah mending aku nyerah aja deh belajar bahasa Jepang”, dan lain-lain.

Kamu mungkin akan familiar dengan istilah mental block yaitu prasangka-prasangka maupun kalimat-kalimat baik yang bersarang di otak kamu, atau yang sering kamu keluarkan dari mulut saat sedang menghadapi kesulitan yang berpotensi menghambat kamu untuk terus maju.

Ternyata setiap perkataan yang kamu lontarkan dari mulut kamu mampu menciptakan sugesti tersendiri bagi diri kamu lho. Ucapan tersebut mampu menstimulasi otak untuk melakukan apa yang sedang diasumsikan, akhirnya kamu nggak bakal maju-maju deh.

Untuk itu jika kamu benar-benar serius mau belajar bahasa Jepang maka kamu harus hilangkan kalimat-kalimat bahwa kanji itu sulit, kanji itu ribet dan lain-lain dari diri kamu.

Yang membuat Kanji itu terlihat sulit dalam belajar bahasa Jepang adalah, karena Kanji itu adalah hal yang asing bagi kamu yang jumlahnya cukup banyak. Lalu cara belajarnya bagaimana?. Kamu bisa menerapkan metode Kaizen.

Tips: Jika benar kanji sesulit itu bagi kamu, coba sekarang kamu ganti kata “sulit” itu dengan kata “menantang”, umumnya otak kita menyukai tantangan yang baru.

  1. Kerahkan Panca Indera Untuk Belajar Kanji

Apakah kamu berpikir dalam belajar bahasa Jepang ataupun belajar Kanji yang bekerja hanya lah otak?, atau kamu sendiri yang hanya mengandalkan otakmu dalam belajar bahasa Jepang dan belajar Kanji?.

Seorang ahli sarah atau biasa disebut neorolog asal Jepang bernama Kenichiro Mogi pernah mengatakan bahwa yang dapat merekam segala kejadian bukan hanya otak, namun juga seluruh anggota tubuh.

Adapun menurut seorang professor yang bernama Rhenald Khasali ada sebuah jaringan otot yang tersebar pada tubuh yang mampu merekam yang bernama Myelin.

Selayaknya gotong royong, jika kamu ingin progress yang lebih baik dalam belajar bahasa Jepang dan belajar kanji, maka kamu harus mengerahkan seluruh panca indera kamu untuk belajar bahasa Jepang.

Mata kamu gunakan untuk membaca huruf kanji sebanyak mungkin melalui media belajar yang ada, baik buku maupun dari internet.

Tangan kamu gunakan untuk berlatih menulis Kanji. Selain melatih kemampuan menulis Kanji, menulis apa yang sedang kamu pelajari juga terbukti mempercepat progress kamu.

Telinga kamu gunakan untuk mendengar audio-audio yang berisi materi belajar bahasa Jepang, maupun dialog-dialog dalam bahasa Jepang.

Mulut kamu gunakan untuk mengulang-ngulang terus apa yang kamu pelajari agar membantu otak terstimulus.

  1. Menggunakan Media Belajar yang Membantu

Sekarang ini banyak sekali media-media yang mampu membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang dan belaja huruf kanji. Kamu bisa belajar menggunakan buku maupaun melalui internet.

Namun kekurangannya jika kamu belajar melalui internet, biasanya kebanyakan menggunakan bahasa Inggris dan kurang akurat karena sumbernya belum jelas.

Kamu bisa menggunakan alat bantu berupa FlashCard yang sangat membantu kamu dalam menghafal Kanji kapanpun dan dimanapun.

Terus dimana bisa menemukan FlashCard tersebut?.

Tenang saja, kamu bisa memperoleh N5 Easy Flashcard di setiap paket Pongo Exclusive yang kamu beli . N5 Easy FlashCard sangat membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang terutama dalam kegiatan menghafal dan belajar Kanji.

  1. Konsisten Mengulang Apa Yang Kamu Pelajari

Ini tentu sudah kamu ketahui, jika kamu ingin apa yang kamu pelajari cepat melekat ke kepala kamu, kamu harus sering mengulangnya, termasuk ketika belajar bahasa Jepang dan belajar Kanji.

  1. Ikuti Program Belajar

Belajar otodidak mungkin menjadi pilihat kamu saat ini dalam belajar bahasa Jepang. Namun banyak kekurangan jika kamu belajar bahasa Jepang maupun belajar Kanji secara otodidak.

Kamu tidak bisa menilai sebarapa jauh progress kamu belajar, kamu tidak tahu apa-apa saja yang harus dipelajari serta kamu tentunya kesulitan menemukan metode serta materi yang tepat untuk kamu belajar bahasa Jepang.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba program belajar bahasa Jepang yang ditawarkan oleh Pongo Exclusive.

5 Budaya Kerja Orang Jepang Yang Harus Kamu Tiru Agar Bisa Kerja Di Jepang
Tips Agar Bisa Kerja di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *