bahasa jepang sulit Belakangan ini belajar bahasa Jepang mulai diminati oleh orang-orang. Mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa sangat tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Apakah kamu punya niat untuk mulai belajar bahasa Jepang atau kamu sedang dalam proses belajar bahasa Jepang?. Kamu yang sedang dalam proses belajar bahasa Jepang terkandang mungkin menemui kendala tersendiri. Bahasa Jepang memang bisa dibilang salah satu bahasa yang sulit dan menantang untuk dipelajari, cocok banget buat kamu yang suka dengan tantangan. Tapi apakah belajar bahasa jepang itu sulit?. Kalau memang iya apa sih yang membuat belajar bahasa Jepang itu sulit?. Berikut kita ulas bersama 4 hal yang membuat belajar bahasa Jepang itu sulit dan menantang. Tentunya artikel ini dibuat bukan untuk menyurutan semangat kamu dalam belajar bahasa Jepang, justru artikel ini dibuat agar kamu tahu cara mengatasi keulitan dalam belajar bahasa Jepang dan memantapkan strategi kamu dalam menaklukan bahasa Jepang.
  1. Bahasa Jepang Memiliki Lebih dari Satu Huruf
Belajar bahasa Jepang memang memiliki tantangan tersendiri jika dibandingkan dengan belajar bahasa inggris. Karena bahsaa Jepang sendiri menggunakan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Ditambah lagi, berbeda dengan bahasa Indonesia yang kita gunakan yang hanya menggunakan satu jenis yaitu huruf latin, jika kamu belajar bahasa Jepang maka kamu akan berhadapan dengan empat jenis huruf. Empat jenis huruf dalam bahasa Jepang itu sendiri antara lain yakni Hiragana, Katakana, Romanji, dan Kanji. Namun buat kamu yang masih pemula dan baru mulai belajar bahasa Jepang huruf yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu adalah huruf Hiragana, karena huruf tersebut banyak digunakan pada kalimat-kalimat keseharian.
  1. Sistem Penulisan yang Rumit
Tahukah kamu, mulanya bahasa Jepang tidak memiliki sistem penulisan sendiri sampai akhirnya mereka mengadopsi dan menyesuaikan sistem penulisan pada bahasa Mandari dari Cina. Hal ini mungkin hampir sama dengan bahasa Inggris dan huruf alphabet yang dimana antara bahasa dan sistem penulisannya tidak sesuai. Bacaan dalam bahasa mandarin dari setiap kanji juga dibawa bersama dengan kata asli dalam bahasa Jepang. Misalnya pada kata “tonkotsu” (豚骨). Tulisan anji pertama pada kata tersebut adalah “ton” 豚 yang berarti daging babi, sedangkan jika kamu sedang membicarakan babi kamu tidak mengatakan “ton” melainkan “buta”. Perlu kamu ketahui juga “ton” sendiri merupakan bacaan dalam bahasa Mandarin, sedangkan kata asli dari bahasa Jepang adalah “buta”. Bukan hanya itu, karena banyaknya tata bahasa Jepang yang memerlukan imbuhan pada akhir kata, maka ahli bahasa Jepang harus membuat system bahasa baru yang berguna untuk menunjukkan imbuhan ini, hingga lahirlah yang namanya huruf hiragana dan katakana.
  1. Bahasa Jepang Sangat Kontekstual Dalam Penggunaanya
Banyak orang yang baru mulai belajar bahasa Jepang langsung mengatakan bahwa tata bahasa dalam bahasa Jepang itu sulit untuk dipelajari. Padahal tidak seperti bahasa Inggris tata bahasa dalam bahasa Jepang sangat jelas dan mudah didefinisikan. Masalah sebenarnya yang membuat bahasa Jepang sulit adalah karena bahasa Jepang itu sifatnya sangat kontekstual. Misalnya saat kamu ingin menyapa sesorang dengan bahasa Jepang menggunakan kata “halo”. Mungkin dalam buku-buku bahasa Jepang atau di internet yang akan kamu temui adalah kamu harus bilang “konichiwa” untuk bilang halo. Padahal asal kamu tahu aja lho arti “konichiwa” sendiri dalam bahasa Jepang adalah selamat sore, karena faktanya tidak ada kata yang pasti untuk yang memiliki arti “halo” dalam bahasa Jepang. Kata apa yang kamu gunakan dalam bahasa Jepang untuk menyapa orang adalah tergantung dari  beberapa faktor seperti kelas sosial, wakti, dengan siapa kamu berbicara dan lain sebagainya.
  1. Memiliki Berbagai Macam Logat yang Berbeda
Walaupun kamu sudah berhasil menguasai bahasa Jepang, teryata bahasa Jepang bukan hanya memiliki satu dialek digunakan dalam bahasa Jepang. Ada beberapa logat-logat dalam bahasa Jepang yang harus kamu pelajari dalam bahasa Jepang. Seperti di Indonesia bahasa Jepang juga memiliki beraneka macam logat di tiap daerahnya. Misalnya ketika kamu memberikan bantuan ke sesorang di Tokyo, maka kemungkinan besar kamu akan menerima ucapan kata “argatou”, ketika di Osaka kamu akan menerima ucapan kata “Okini, namun ketika kamu sedang berada di Kyushu kamu akan disambut dengan kata “Danda”. Dan masih banyak lagi dialek dala bahasa Jepang yang unik-unik dan harus kamu ketahui   Ternyata belajar bahasa Jepang itu menantang ya, maka dari itu kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar mempermudah kamu dalam belajar bahasa Jepang, seperti tekad yang kuat, kemauan yang tinggi serta tempat belajar yang mendukung kamu untuk belajar bahasa Jepang. Salah satu rekomendasi tempat yang pas buat kamu balajar bahasa Jepang adalah Pongo Exclusive. Di Pongo Exclusive kamu akan belajar bahasa Jepang  dari materi yang tepat, metode yang mudah dan cepat serta ditemani oleh para mentor-mentor yang nggak main-main tentunya.    
Apakah Belajar Bahasa Jepang Itu Sulit? Ini 4 Mitos Belajar Bahasa Jepang Yang Harus Kamu Tahu
Apakah Belajar Bahasa Jepang Itu Sulit? Ketahui 4 Hal yang Membuat Bahasa Jepang Mudah Untuk Di Pelajari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *