belajar bahasa jepang

Dengan banyaknya yang mulai menggemari pop-culture Jepang makin banyak juga orang-orang mulai tertarik belajar bahasa Jepang. Apakah kamu juga termasuk punya minat serta motivasi yang tinggi untuk belajar bahasa Jepang?.

Tapi mungkin ada beberapa hal yang membuatmu ragu untuk mulai belajar bahasa Jepang. Hal-hal berupa pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepalamu seperti “apakah belajar bahasa Jepang itu sulit?”, “apa belajar bahasa Jepang membutuhkan waktu yang lama?”, “apa semua orang bisa belajar bahasa Jepang?” dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul yang membuatmu ragu untuk memulai belaja bahasa Jepang.

Tapi percaya deh, belajar bahasa Jepang itu tidak sesulit yang kamu bayangkan kok, semua orang pasti bisa belajar bahasa Jepang. Tapi tentunya belajar bahasa Jepang punya tantangan tersendiri untuk kamu pelajari, asal kamu punya kemauan yang kuan, disiplin dan konsisten pasti kamu bisa belajar bahasa Jepang.

Belajar bahasa Jepang itu sulit cuma mitos!, jadi mitos apa saja tentang belajar bahasa Jepang yang harus kamu ketahui?. Berikut ulasannya.

  1. Kalau Tidak Langsung Ke Jepang Maka Sulit Belajar Bahasa Jepang

Memang jika dibandingakan orang dengan motivasi dan semangat yang sama dalam belajar bahasa Jepang antara yang tinggal di luar Jepang dan tinggal di Jepang kamu akan didukung oleh lingkungan yang membantu dalam belajar bahasa Jepang. Kamu ingin ke supermarket, ke stasiun, ke tempat belajar atau bekerja dan tempat umum lainnya pasti dipenuhi dengan bahasa Jepang.

Namun faktanya tidak semua orang yang tinggal di Jepang dapat belajar bahasa Jepang dengan baik. Kenyataannnya ada orang sudah bertahun-tahun di Jepang namun belum juga mampu menguasai bahasa Jepang dengan baik. Karena lingkungan mau bagaimanapun tetap menjadi faktor eksternal yang mempengaruhi progresmu dalam belajar bahasa Jepang. Faktor yang paling berpengaruh tentunya ada pada diri kamu sendiri. Seberapa cepat kamu belajar bahasa Jepagn itu tergantung dari kemauan, motivasi serta konsistensi dari diri kamu.

  1. Mustahil Bisa Mahir Bahasa Jepang Jika Tidak Ada Lawan Bicara Orang Jepang

Dalam belajar bahasa tentunya akan sangat membantu kamu jika kamu memiliki lawan bicara, termasuk belajar bahasa Jepang. Kamu bisa dikoreksi jika ada yang salah, kamu bisa melatih speaking, dan masih banyak keuntungan jika kamu memiliki lawan bicara dalam belajar bahasa Jepang apa lagi itu orang Jepangnya langsung.

Tapi apa iya kamu baru mau belajar bahasa Jepang kalau udah ketemu orang Jepangnya?, mau sampai kapan kamu menunda mau belajar cuma gara-gara nggak ada lawan bicara orang Jepang?, emang kamu kira nemuin orang Jepang di Indonesia itu gampang?, banyak dijual di market place? hehehe.

Itu bukan alasan buat kamu untuk malas-malasan belajar bahasa Jepang, dengan berkembangnya teknologi sperti sekarang sudah banyak akses ke materi belajar bahasa Jepang. Kamu bisa belajar bahasa Jepang hanya dengan gadget kamu. Salah satu tempat yang paling recommended belajar bahasa Jepang online kamu bisa belajar di Pongo Exclusive, kamu juga akan dibimbing oleh mentor-mentor yang sudah sekelas orang Jepang bahasa Jepangnya.

  1. Tata Bahasa Dalam Bahasa Jepang Terlalu Banyak

Mitos belajar bahasa Jepang satu ini sebenarnya berkaitan dengan cara belajar bahasa Jepang yang kamu terapkan. Faktanya tata bahasa dalam bahasa Jepang memang banyak, tapi siapa yang suruh kamu menghafalnya?.

Cara belajar bahasa Jepang yang baik adalah bukan dengan menghafal rumus atau tata bahasa, tapi dengan kalimat-kalimat utuh yang sesaui pada kondisi-kondisi tertentu. Kamu bisa melatih imajinasi dan refleks kamu jika kamu tiba-tiba bertemu dengan orang Jepang apa yang harus kamu katakan. Kamu bisa mencari refrensi kalimat-kalimat yang pas untuk dikatakan melalui tempat kamu belajar seperti buku dan internet.

Kamu tiru secara sempurna kalimat-kalimat yang baru kamu pelajari tanpa harus memikirkan tata bahasanya satu persatu. Kapan kita belajar tata bahasa?, kamu bisa belajar tata bahasa hanya untuk mempercepat progress balaja bahasa Jepang kamu atau kamu sudah mulai fasih dan terbiasa dengan bahasa Jepang.

  1. Jumlah Huruf Kanji Terlalu Banya dan Sulit Untuk Dihafal

Huru kanji memang wajib kamu kuasai dalam belajar bahasa Jepang jika kamu mau mahir bahasa Jepang. Nggak mungkin kamu dibilang ahli dalam bahasa Jepang tapi kalau kanji aja nggak tahu.

Tapi persepsi yang salah pada orang-orang yang belajar bahasa Jepang adalah menganggap bahwa huruf kanji itu untuk dihafal. Padahal kanji itu adalah huruf dan tulisan, fungsinya bukan untuk dihafal. Jika kamu ingin menguasi huruf dan tulisan caranya bukan dihafal tapi dengan berlatih menuliskannya dan rutin membacanya secara berulang-ulang.

Atau buak kamu yang memiliki waktu sedikit untuk membaca dan menulis, ada cara lain agar kamu sering membacanya. Salah satu produk yang bisa kamu peroleh dari Pongo Exclusive yang bernama N5 Easy Flashcard. Produk ini berupa kartu-kartu kecil yang berisi semua kosakata level N5 yang bisa membantu kamu dalam belajar.

 

5 Anime Yang Cocok Untuk Belajar Bahasa Jepang
4 Hal yang Membuat Belajar Bahasa Jepang Itu Sulit dan Menantang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *