Siapa sih yang tidak ingin kerja di Jepang. Menjadi salah satu negara maju yang berkembang di sektor industri membuat banyak orang dari seluruh dunia yang ingin kerja di Jepang, tidak terkecuali Indonesia.

Kenapa sih kamu harus merasakan kerja di Jepang?. Karena dengan kerja di Jepang kamu akan memperoleh pengalaman yang bebeda yang bisa kamu peroleh dari budaya-budaya kerja di Jepang. Selain itu gaji dan tunjangan yang akan kamu peroleh jika kerja di Jepang nggak main-main loh.

Selain bisa merasakan kerja di perusahaan di luar negeri, tentu dengan kerja di Jepang kamu bisa eksplore negara Jepang yang keren itu. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang punya keinginan mengunjungi Jepang, maka kerja di Jepang adalah hal yang tepat karena bukannya kamu membayar untuk pergi kesana kamu malah dibayar.

Namun tentunya untuk bisa kerja di Jepang tidak semudah yang kamu kira. Ada banyak syarat dan test yang harus kamu lalui untuk bisa kerja di Jepang. Ditambah tentunya bukan kamu seorang yang punya minat untuk kerja di Jepang, kamu akan bersaing dengan para pelamar kerja lainnya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips nih buat kamu yang mungkin bermanfaat untuk kamu agar bisa kerja di Jepang.

  1. Cari Tahu Apa Motivasimu Kerja Di Jepang

Tentunya kamu memerlukan niat dan dorongan diri yang kuat untuk bisa kerja di Jepang. Yang harus kamu ketahui adalah kerja di Jepang itu nggak semudah yang kamu bayangkan. Para pekerja dan perusahaan-perusahaan di Jepang menerapkan standar yang tinggi pada kedisiplinan dan etos kerja, tidak heran banya perusahaan maju di Jepang.

Oleh karena itu, jika tujuan awal kamu ingin kerja di Jepang hanya karena ingin memperoleh pekerjaan yang santai dengan gaji yang besar dan bisa sambil jalan-jalan di Jepang, mending kamu pikir-pikir lagi jika ingin kerja di Jepang.

Jadi motivasi seperti apa yang harus dibangun agar bisa kerja di Jepang?.

Pertama, motivasi itu untuk diri kamu sendiri. Maksudnya tujuan kamu kerja di Jepang adalah untuk memperoleh pengalaman dan ilmu. Selain itu dengan kamu kerja di Jepang kamu ingin lebih menggali potensi yang ada dalam diri kamu.

Yang kedua kamu boleh memiliki tujuan untuk bisa kerja di Jepang untuk keluargamu. Kamu ingin menafkahi keluargamu atau kamu ingin membanggakan orang tuamu.

  1. Cari Program Yang Sesuai Untuk Kamu

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih agar bisa kerja di Jepang. Namun tentunya setiap jalur tersebut berbeda-beda tergantung mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kamu.

Cara pertama yang bisa kamu tempuh adalah kamu bisa melamar kerja di perusahaan Jepang yang memiliki cabang di Indonesia. Lho kok malah melamar kerja di Indonesia?.

Jadi sebenarnya cara ini termasuk cara pasif, cocok buat kamu yang ingin cari pengalaman kerja terlebih dahulu. Ada beberapa perusahaan Jepang di Indonesia yang sering mengirimkan karyawannya ke kantor pusat perusahaan tersebut di Jepang. Jika kamu mampu menunjukkan prestasi yang baik di tempat kerja, besar kemungkinan kamu juga bisa dikirim oleh perusahaan untuk kerja di Jepang.

Cara kedua yang bisa kamu tempuh adalah dengan melakukan studi di Jepang dan lulus di sana. Dengan kuliah di Jepang tentunya kamu lebih memiliki koneksi yang luas di Jepang, dan akan lebih mudah mencari kerja di Jepang karena kamu sudah terbiasa dengan keadaan di Jepang.

Namun tentunya kuliah di Jepang bukan sesuatu hal yang murah, kamu bisa coba dengan mengikuti program beasiswa kuliah di Jepang baik yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang maupun swasta.

Cara ketiga agar bisa kerja di Jepang kamu bisa mengikuti program magang kerja di Jepang. Program magang ini biasanya kamu akan kerja di erusahaan di Jepang selama tiga tahun, namun tidak jarang ada yang hanya satu tahun.

Program ini biasanya diselenggarakan atas kerja sama dari pemerintah Jepang dan pemerintah Indonesia melalui Dinas Tenagar Kerja dan Transmigrasi. Namun ada juga beberapa pihak swasta yang mengadakan program kerja di Jepang.

Cara keempat kamu bisa kerja di Jepang sebagai teknisi atau tenaga professional yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan di Jepang. Tentunya cara ini bisa kamu ambil jika kamu lulusan dari jurusan tertentu atau kamu memiliki sertifikasi khusus di bidang tertentu.

  1. Mulai Persiapkan Segalanya Dari Sekarang

Setelah kamu ikuti tips diatas dan menentukan jalur mana yang kamu pilih, kamu harus mulai melakukan segala persiapan yang dibutuhkan untuk bisa kerja di Jepang. Tentunya persiapan ini berbeda sesuai dengan jalur mana yang kamu ambil.

Salah satu persiapan penting yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari adalah belajar bahasa Jepang. Selain berguna untuk hidup di Jepang nanti, belajar bahasa Jepang juga merupakan syarat mutlah untuk kamu agar bisa diterima di sana melalui sertifikat JLPT.

Namun tentunya belajar bahasa Jepang tidak semudah yang kamu kira. Bahasa Jepang memiliki lebih dari satu jenis huruf, belum lagi huruf dalam bahasa Jepang sangat berbeda dengan huruf yang kita gunakan.

Untuk itu kamu memerlukan program belajar bahasa Jepang yang tepat untuk membantu kamu belajar bahasa Jepang. Program belajar bahasa Jepang yang bisa kamu pilih adalah Pongo Exclusive.

Pongo Exclusive merupakan program belajar bahasa Jepang yang sangat recommended, karena kamu akan belajar dengan materi dan metode yang tepat serta dibimbing oleh para mentor yang sudah tidak diragukan lagi.

5 Tips Menghafal dan Belajar Kanji Dengan Mudah (Belajar Bahasa Jepang Anti Gagal!)
6 Cara Belajar Kanji Yang Mudah Untuk Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *