Bagaimana cara kerja di Jepang?, katanya sulit ya untuk kerja di Jepang?. Jepang memang termasuk negara yang banyak dikunjungi oleh orang-orang, baik untuk belajar, wisata, maupun kerja di Jepang. Selain menjadi pusat perhatian dunia karena pop-culture nya maupun kebudayaan tradisionalnya Jepang juga terkenal perindustriannya yang terus mengalami kemajuan, khususnya di bidang teknologi dan otomotif.

Siapa sih yang nggak kenal brand-brand elektronik maupun otomotif Jepang yang sudah mendunia, mulai dari Toyota, Honda, dan Yamaha di bidang otomotif. Dibidang elektronik pun Jepang memiliki Sony, Panasonic, dan Toshiba.

Karena pesatnya perkembangan industri di Jepang membuat Jepang sampai membutuhkan tenaga kerja dari luar untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang. Hal itu yang membuat Jepang banyak mengadakan program kerja di Jepang untuk menarik tenaga kerja asing termasuk dari Indonesia agar mau kerja di Jepang.

Hal tersebut tentu disambut antusias oleh para pemburu pekerjaan, mengingat pesatnya kemajuan industri di Jepang yang tentu lebih menjanjikan kerja di Jepang.

Namun tentunya karena tingginya minat untuk kerja di Jepang, untuk bisa kerja di Jepang membutuhkan spesifikasi khusus seperti kamu harus belajar bahasa Jepang ataupun syarat-syarat lainnya. Bukan hanya itu kamu tentu juga akan bersaing dengan para pemburu pekerjaan lainnya untuk bisa kerja di Jepang

Namun kamu tidak perlu khawatir asal dengan niat yang kuat dan usaha, doa yang nggak putus dan gigih semua orang pasti bisa kerja di Jepang. Tapi usaha gigih nggak cukup juga buat kamu biar bisa kerja di Jepang. Untuk bisa bekerja di Jepang kamu memerlukan usaha yang tepat juga.

Untuk itu berikut cara kerja di Jepang yang anti gagal!.

  1. Belajar Bahasa Jepang

Meangapa kamu perlu belajar bahasa Jepang?, karena kamu mau kerja di Jepang hehehe. Memang jika kamu bekerja kamu dianggap sebagai pekerja asing  dan bahasa Inggris sangat berguna ketika kamu di luar negeri. Namun bahasa Inggris saja tentunya tidak cukup apa lagi jika kamu menetap dalam waktu yang tidak sebentar. Belum lagi

Pentingnya belajar bahasa Jepang karena selain dilingkungan kerja, tentunya itu akan sangat membantu kamu di kehidupan sehari-hari. Ditambah ternyata tidak banyak orang-orang Jepang yang bisa menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris. Hal ini wajar karena bahasa Jepang menggunakan huruf yang berbeda bukan huruf romawi.

Selain kebutuhan untuk diri kamu sendiri, belajar bahasa Jepang juga merupakan syarat wajib untuk kamu jika ingin kerja di Jepang dengan dibuktikan sertifikat JLPT  (mirip seperti TOEFL untuk bahasa Inggris). JLPT sendiri memiliki tingkatan mulai N5 hingga N1.

  1. Mencari Lowongan Kerja Yang Sedang Membuka Program Kerja Di Jepang

Tentunya akan berbeda caranya antara kamu melamar kerja di Jepang dan di Indonesia. Kamu bisa mencari informasi progam dan lowongan kerja di Jepang melalui website resmi kedutaan Jepang di Indonesia, biro imigrasi Jepang atau dari kementrian luar negeri Jepang.

Selain dari website-website lembaga rsmi pemerintahan, kamu juga bisa melihat informasi program kerja di Jepang yang terpercaya dan valid seperti di WecPats. Kamu juga bisa mencari informasinya dari perusahaan-perusahaan Jepang di yang memiliki cabang di Indonesia.

Khusus di perusahaan-perusahaan tersebut kamu bisa juga melamar langsung dan ada kemungkinan kamu akan ditempatkan kerja di Jepang lho.

Pilihan lain yang bisa kamu coba mengikuti program magang kerja di Jepang melalui program kerja di Jepang yang diadakan kerjasama antara IMM-Japan dengan Departemen Tenaga dari Indonesia. Di jalur ini juga         kamu tidak harus dari lulusan perguruan tinggi karena lulusan SMA juga akan diterima kerja di Jepang.

  1. Melengkapi Persyaratan Administasi Yang Dibutuhkan

Dimana-mana jika kamu ingin apply sesuatu tentunya kamu diwajibkan melengkapi persyaratan administrasinya. Untuk kamu wajib tahu persyaratan administasi apa saja yang dibutuhkan jika kamu ingin kerja di Jepang.

Administrasi pertama yang dibutuhkan adalah Visa. Visa memang diperlukan jika kamu mengunjungi suatu negara baik dalam waktu yang sebentar atau relatif lama. Pastikan juga kamu memilih Visa Jepang yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain Visa kamu tentu juga memerlukan syarat lainnya seperti sertifakat JLPT, ijazah pendidikan terakhir kamu, CV, serta syarat khusus yang mungkin di wajibkan dari penyelenggara program

  1. Melaukan Tahapan-tahapan Test

Biasanya, sebelum kamu bisa lolos kerja di Jepang, kamu akan menghadapi beberapa test. Tentunya test-test ini akan kamu hadapi setelah kamu lulus pada tahap administrasi. Test ini terdiri dari empat tahapan, antara lain test wawancara pertama, test tertulis serta tes wawancara kedua hingga keempat.

Tahap wawancara bisanya kamu akan ditanyakan pertanyaan-pertanyaan ringan seperti kegiatan keseharian, hobi, pengalaman kerja, kemampuan berbahasa Jepang dan lain-lain.

Pada tes tahap kedua yakni tes tertulis ini akan menguji kecerdasan dari para pelamar kerja. Materi yang digunakan biasanya test huruf kanji, matematika dan psikologi.

Tahap selanjutnya kamu akan berhadapan lagi dengan tes wawancara. Pada tahap ini biasasnya kamu sudah berhadapan dengan HRD di perushaan. Pada tahap ini biasanya kamu akan ditanyakan tentang bagaimana komitmennya jika jadi kerja di Jepang nantinya, menjelaskan bagaimana tinggal di Jepang, serta tidak jarang juga akan dijelaskan seputar gaji dan tunjangan.

Tes wawancara selanjutnya biasanya kamu akan ditanyakan langsung oleh pemangku jabatan di perushaan. Biasanya kamu akan disuruh memperkenalkan diri, menceritakan kelebihan dan kekurangan dan masih banyak lagi.

Ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan bukan?. Kamu mencantumkan persyaratan-persyaratan administratif serta banyak tahapan yang harus kamu kerjakan, salah satunya belajar bahasa Jepang.

Kamu tentunya tidak boleh sembarangan memilih program belajar bahasa Jepang, tentunya kamu memerlukan program belajar bahasa Jepang yang memberikan progress yang nyta.

Salah satu program belajar bahasa Jepang yang paling oke adalah Pongo Exclusive. Bersama para mentor yang kompeten, di Pongo Exclusive kamu akan diajari dengan materi-materi yang paling sesuai dengan apa yang kamu butuhkan yang dipadukan dengan metode yang ampuh.

Yuk Cari Tahu Genre Anime Yang Cocok Untuk Belajar Bahasa Jepang
5 Budaya Kerja Orang Jepang Yang Harus Kamu Tiru Agar Bisa Kerja Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *