belajar bahasa jepang dari anime Di jaman sekarang ini anime sangat popular di hampir di semua kalangan diseluruh dunia. Khususnya di Indonesia, penikmat anime bukan hanya sampai di kalangan anak-anak saja, usia remaja hingga orang dewasa yang sudah bekerja dan menikah pun suka menonton anime. Dari anime tersebutlah banyak orang yang mulai cinta dengan bahasa Jepang dan tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Biasanya mereka belajar bahasa Jepang mula-mula melaui anime yang mereka tonton. Anime memang sangat menarik untuk menemani waktu kosong kita. Genrenya yang sangat beragam, alurnya yang epic dan beda dari yang lain dipadukan dengan desain karakter-karakternya yang keren bikin kamu betah berlama-lama didepan layar. Anime pun juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Ada puluhan atau mungkin ratusan judul anime yang dikelompokkan berdasarkan genrenya yang bisa kamu tonton. Mulai dari genre slice of life  atau comedy, action, history, drama, hingga romance ala-ala sinetron Indonesia pun bisa kamu temukan. Buat kamu yang belajar bahasa Jepang, menonton anime juga menjadi kegiatan yang pas dilakukan diwaktu senggang untuk membantu progress kamu dalam belajar bahasa Jepang. Untuk memaksimalkan progress kamu belajar bahasa Jepang dari anime tentunya kamu harus menemukan genre dan judul yang tepat untuk belajar bahasa Jepang. Yuk cari tahu genre anime yang cocok untuk belajar bahasa Jepang.
  1. Action
Siapa sih yang tida kenal dengan judul anime Naruto, Bleach ataupun Attack On Titan, ketiga anime tersebut merupakan judul yang popular di kalangan penikmat anime dengan genre action. Buat kamu yang belajar bahasa Jepang dari anime, genre ini sangat cocok untuk kamu mempelajari kosakata baru karena dialog dalam genre ini umumnya sangat singkat dan tidak bertele-tele. Hal itu karena dalam genre action akan dipenuhi dengan adegan-adegan action yang epic. Anime genre action sangat cocok untuk kamu belajar menyusun kalimat-kalimat yang bersifat tegas dan singkat.
  1. Slice Of Life/Comedy
Buat kamu yang belajar bahasa Jepang dari anime yang ingin menonton anime dengar alur lebih santai genre slice of life sangat cocok. Gaya bahasa dan kalimat-kalimat yang digunakan dalam anime genre ini biasanya seputar lelucon dan percakapan sehari-hari jadi sangat. Tempo percakapan dalam anime slice of life biasanya juga lebih cepat, namun gayanya lebih santai dibandingkan dengan anime dengan genre action. Jadi anime genre ini sangat cocok buat kamu yang sudah mulai terbiasa dengan bahasa Jepang dan ingin mempelajari bahasa Jepang yang digunakan di kesharian. Biasanya genre ini memiliki gaya lelucon yang terdiri dari empat jenis, yaitu lelucon bersih, lelucon kotor, lelucon romantic dan lelucon parodi, jadi gunakan dengan bijak ya apa yang sudah kamu pelajari.
  1. Drama
Apa kamu merasa hidupmu masih kurang drama, sepertinya anime dengan genre drama sangat cocok buat kamu yang suka dengan cerita lebih emosional.  Biasanya kalimat-kalimat dan gaya bahasa yang digunakan dalam anime ini terasa lebih ekspresif dan intens dalam menggambarkan emosi dari yang mengucapkan. Maka dari itu, anime dengan genre ini sangat cocok buat kamu yang ingin mempelajari bagaimana ekspresi orang Jepang saat menngutarakan kalimat-kalimat tertentu. Dengan mengucapkan kalimat menggunakan ekspres tentu akan lebih bermakna dan lebih tersampaikan apa yang ingin kita sampaikan.
  1. Sejarah
Jika kamu belajar bahasa Jepang dari anime sekaligus ingin mempelajari tentang peristiwa-peristiwa bersejarah di masa lalu, maka genre ini akan sangat cocok. Selain itu genre ini pun sangat cocok buat kamu yang tidak suka dengan cerita-cerita fiksi dan tidak pernah atau tidak mungkin terjadi. Ketika kamu menonton anime dengan genre sejarah, mulanya kamu mengira mungkin kalimat-kalimat yang disampaikan pada anime ini kurang bermanfaat, namun jika kamu belajar bahasa Jepang pada tingkat lebih lanjut kamu akan menyadari bahwa kalimat-kalimat yang digunakan pada anime genre ini sangat bermanfaat. Karena genre ini membawa unsur-unsur sejarah yang lebih realistis maka bahasa-bahasa yang digunakan tentunya lebih formal dan baku. Tidak jarang juga di genre ini akan menyajikan kalimat-kalimat yang agak puitis, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah kosakata baru dan memperdalam makna pada kalimat tertentu.
  1. Romance
Buat kamu yang sering galau-galau bisa jugak nih nonton anime dengan genre ini siapa tahu makin galau hehehe. Genre ini memang cukup popular dikalangan penikmat anime yang masih di usia remaja seperti anak sekolahan karena biasnya menggunakan latar sekolah sebagi setting tempatnya. Kalimat-kalimat dan gaya bahasa yang digunakan dalam anime biasanya menggunakan kata-kata yang agak formal dan serius. Percakapan-percakapan dalam anime ini pun berlangsung secara biasa namun lebih ekpresif sehingga kamu bisa gunakan percakapan-percakap dalam anime ini untuk kondisi sehari-hari.   Ternyata genre anime juga mempengaruhi kita dalam belajar bahasa Jepang. Tentunya itu sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Namun mau sebagus apa pun anime yang kamu tontn untuk belajar bahasa Jepang, menonton anime hanya berfungsi sebagai pendukung. Kamu juga tetap membutuhkan program belajar bahasa Jepang yang tepat dan benar-benar menunjang untuk kamu belajar bahasa Jepang. Salah satu program rekomendasi belajar bahasa Jepang adalah Pongo Exclusive. Dengan belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive kamu memiliki peluang belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.  
5 Cara Belajar Bahasa Jepang Dari Anime, Belajar Bahasa Jepang Anti Bosan!
Cara Kerja Di Jepang Anti Gagal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *