belajar bahasa Jepang dari anime Belajar bahasa Jepang memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat digandrungi oleh orang-orang belakangan ini. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran pop-culture Jepang seperti musik pop, film, cosplay, hingga anime yang banyak meracuni anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mungkin kamu adalah salah satu bagian dari yang sedang tergila-gila dengan pop-culture Jepang seperti anime. Keseruan menonton anime memang nggak ada habisnya, mulai dari genre yang sangat beragam, alur ceritanya yang seru sampai desain karakter-karakternya yang bikin kamu betah lama-lama menonton anime. Mungkin dari menonton anime tersebut membuat kamu tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Tapi mungkin nggak sih kita bisa belajar bahasa Jepang dari anime?. Mungkin bangetlah kalau kamu belum baca artikelnya tentang belajar bahasa Jepang dari anime bisa kamu cek disini. Dengan kamu belajar bahasa Jepang dari sesuatu yang menyenangkan maka nggak akan terasa berat buat kamu lakuin, dan kamu nggak perlu motivasi yang besar untuk mulai belajar. Hal itu bisa terjadi karena otak kita mengganggap itu bukan suatu usaha atau pekerjaan yang harus dikerjakan melainkan cara kita bersenang-senang Terus kalau kita bisa belajar bahasa Jepang dari anime, bagaiamana caranya kita bisa belajar bahasa Jepang lewat anime?. Nah untuk itu mari kita bahas cara belajar bahasa Jepang dari anime.
  1. Ketahui Cara Otak Belajar Bahasa Jepang Dari Anime
Asal kamu tahu ketika kamu menonton anime untuk belajar bahasa Jepang, ada dua mode yang digunakan yaitu aktif dan pasif. Ketika kamu menjadikan kegiatan menonton anime sebagai kegiatan belajar bahasa Jepang maka kamu sedang dalam mode aktif. Adapun dalam mode pasif ketika kamu menjadikan kegiatan anime hanya sebagai hiburan diwaktu senggang dan menikmati alur yang disajikan anime. Jika kamu seperti ini tanpa kamu sadari kamu membiarkan otak kamu belajar bahasa Jepang dan menyimpan kosakata-kosakata baru bahasa Jepang tanpa ada pikiran untuk belajar sama sekali. Kita sebut aja mode ini dengan mode “gak niat” ya hehehe. Lalu dari segi progress belajar apa yang membedakan keduanya?. Tentunya jika kamu dengan metode aktif progress belajar bahasa Jepang kamu lebih cepat karena kamu lebih teliti.
  1. Pilih Anime Favorit Kamu Untuk Ditonton
Ingat!, tujuan utama kamu belajar bahasa Jepang dari anime adalah biar kamu bisa belajar bahasa Jepang yang anti bosan, kalau kamu pilih sembarang anime dan ternyata kamu sendiri aja nggak tertarik sama animenya ya bosan jadinya. Ada banyak judul anime yang bisa membantu kamu dalam belajar bahasa Jepang. Pasti dari sekian banyak judul anime ada beberapa judul yang menjadi favorit kamu. Pertama kamu bisa menyeleksinya dengan memilih berdasarkan genre yang kamu gemari. Misalnya kamu suka anime dengan genre action. Selanjutnya kamu bisa juga cari referensi judul-judul yang populer melalui rating yang baik seperti Naruto, Bleach, Attack On Titan untuk anime genre action. Begitupun kalau kamu suka genre yang selalu bikin ngakak alias comedy kamu bisa menonton anime genre comedy recommended seperti Gintama, K-On dan lain-lain.
  1. Mulai Dengan Anime Dengan Tingkat Kesulitan Rendah Dari Segi Bahasa
Lho Ini maksudnya apa ya?, Bukannya bahasa Jepang di anime semuanya sama aja?. Nggak sama lah!, setiap anime tentu memiliki ciri khas tersendiri dari segi bahasanya. Misalnya anime yang memiliki latar skolah menengah atas, maka bahasa yang digunakan adaalh bahasa pergaulan seputar kehidupan remaja, atau genre romance yang tentunya bahasa yang digunakan seputar percintaan yang biasanya lebih puitis. Selain berbeda dari gaya bahasanya ternyata tiap anime memiliki tingkat kesulitan bahasa yang berbeda-beda lho. Faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan tersebut bisa karena tempo pengucapan dari karakter di dalam anime ataupun nilai praktis yang sesuai untuk pemula belajar bahasa Jepang. Tentunya untuk pemula kamu disarankan untuk menonton anime dengan tingkat kesulitan yang rendah seperti Polar Bear Café, My Neighbor Totoro, Pokemon dan lain-lain. Jika kamu merasa sudah terbiasa dengan bahasa Jepang dan ingin menaikkan level, kamu bisa menonton anime dengan tingkat kesulitan yang sedang hingga tinggi seperti Kimi No Nawa, Bokemonogatari dan lain-lain.
  1. Jangan Hanya Fokus Ke Subtitle
Kita yang sama sekali tidak bisa bahasa Jepang pasti memerlukan subtitle untuk bisa memahami setiap kata yang diucapkan oleh karakter-karakter di anime maupun untuk menikmati alur epic yang ditawarkan anime tersebut. Namun kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para penikmat anime yang ngakunya sekalian belajar bahasa Jepang adalah hanya fokus membaca subtitle yang tampil dilayar (atau malah menonton anime yang udah di dubbing ke bahasa Indonesia wkwkwk). Jadi yang benar gimana? Bukannya subititle ada memang untuk dibaca?. Jadi yang benar kamu tetap harus fokus mendengarkan setiap kata yang diucap oleh karakter-karakter di anime dan cari tahu maknanya di subtitle. Jika kamu terus lakukan ini tanpa kamu sadari kamu mendapatkan banyak kosakata baru setiap kamu menonton anime plus kamu jadi tahu susunan kalimatnya dan di kondisi seperti apa digunakan. Nah jika kamu sudah merasa cukup terbiasa dengan bahasa Jepang dan cukup banyak kosakata yang kamu ketahui dalam bahasa Jepang. Coba tantang diri kamu untuk menonton anime tanpa subtitle.
  1. Berharap Mahir Bahasa Jepang Cuma Dari Menonton Anime
Oke ini beneran, kamu nggak bisa berharap mahir bahasa Jepang kalau hanya belajar bahasa Jepang dari anime. Alasan pertama bahasa Jepang itu menggunakan huruf yang berbeda dengan bahasa keseharian kita, dan itu saja ada beberapa jenis huruf dalam belajar bahasa Jepang, seperti hiragana, katakana dan kanji. Mau sesering mungkin kamu menonton anime mustahil kamu bisa mengetahui tiap huruf tersebut beserta cara penulisannya. Toh kamu di anime cuma mendengar kata dari ucapan karakter di anime. Alasan kedua bahasa yang digunakan di anime tentunya sangat terbatas dan hanya mencakup anime yang bersangkutan. Misalnya jika kamu menonton anime yang berlatar sekolahan, maka bahasa yang digunakan hanya mencakup seputar kehidupan remaja di sekolah. Kesimpulannya, belajar bahasa Jepang dari anime hanya sebagai pendukung dan biar kamu nggak bosan. Kamu tetap membutuhkan program belajar yang terstruktur dan terbukti efektif seperti di Pongo Exclusive. Program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive memungkinkan kamu belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat dari biasanya. Hal ini tentu karena didukung dengan materi yang berkualitas dipadukan dengan metode yang ampuh serta dibimbing oleh para mentor yang berkompeten.    
Belajar Bahasa Jepang Dari Anime? Mungkin Gak Sih?
Yuk Cari Tahu Genre Anime Yang Cocok Untuk Belajar Bahasa Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *