Mungkin ada beberapa diantara kamu yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang karena ingin kuliah di Jepang, kerja di Jepang ataupun hanya sekedar tertartik untuk belajar bahasa Jepang.

Namun buat kamu yang sudah mulai belajar bahasa Jepang, mungkin kamu menemukan kendala atau kesulitan dalam belajar bahasa Jepang. Bisa jadi kesulitan dalam memahami tata bahasanya, penulisan hurufnya dan lain-lain.

Salah satu tantangan yang harus kamu hadapi dalam belajar bahasa Jepang tentunya karena bahasa Jepang sendiri yang menggunakan jenis huruf yang berbeda dengan bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia.  Ketika kamu belajar bahasa Jepang umumnya terdapat tiga jenis huruf yang harus kamu ketahui, yaitu huruf Hiragana, Katakana dan Kanji.

Kenapa belajar Kanji itu penting?. Pertama, jika kamu berhasil menguasi Kanji, kamu tidak lagi menemukan kesulitan ketika ingin menggunakan bahasa Jepang karena    beberapa kalimat dalam bahasa Jepang yang menggunakan huruf Kanji.

Manfaat kedua yang kamu rasakan jika kamu belajar Kanji dengan baik adalah kamu akan lebih mudah dalam memahami kosakata-kosakata baru dalam bahasa Jepang. Bahkan jika berhasil menguasai Kanji, tanpa harus melihat kamus kamu dapat menebak arti dari kosakata yang baru kamu dengar.

Ketiga jika kamu memiliki rencana untuk tinggal ke Jepang, belajar Kanji hanya akan menjadi sekedar keterampilan bahasa saja, dan tentunya akan sangat membantu di keseharian di sana.

Sayangnya banyak orang belajar bahasa Jepang yang beranggapan bahwa Kanji itu sulit untuk di pelajari, atau jangan-jangan kamu jadi bagian yang beranggapan bahwa kanji itu sulit?. Namun jangan khwatir, kami kasih cara buat kamu yang merasa kesulitan dalam belajar Kanji. Berikut cara belajar kanji yang mudah untuk pemula.

  1. Jangan Ikuti dan Lupakan Aturan!

Sebenarnya dalam belajar Kanji yang diajarkan di sekolah-sekolah di Jepang ada sebuah aturan-aturan tertentu. Aturan itu sendiri berkaitan dengan bahwa ada beberapa rangkaian huruf Kanji yang diajarkan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan atau kelas di Jepang.

Namun buat kamu yang ingin belajar bahasa Jepang secara praktis tentunya kamu tidak harus mengikuti aturan-aturan yang digunakan di sekolah-sekolah Jepang tersebut, tentunya ada alasan tersendiri kenapa system pendidikan di sana menggunakan aturan tersebut.

Metode dan aturan tersebut tidak berguna bagi kamu karena aktivitas yang sedang kamu lakukan sekarang berbeda dengan pelajar-pelajar di Jepang.

  1. Gunakan Kamus Namun Jangan Terlalu Mengandalkan Kamus

Kamus tentu menjadi senjata wajib ketika kamu mempelajari bahasa asing yang baru kamu pelajari, termasuk dalam belajar bahasa Jepang. Kamu bisa menggunakan ketika kamus setiap kamu menemukan kata-kata atau huruf-huruf kanji baru kemudian kamu cek kata-kata apa saja yang menggunakan huruf kanji tersebut.

Dengan kamus juga akan membantu kamu dalam memahami kapan dan dalam kondisi seperti apa suatu kata digunakan.

Namun ada masanya kamu tidak boleh terlalu bergantung dengan kamus. Terkadang kamu harus mengingat kembali atau memikirkan suatu kata dari pikiran kamu, untuk melatih ingatan kamu dalam belajar Kanji.

  1. Pelajari Huruf Radikal Dalam Kanji

Tahukah kamu di dalam Kanji terdapat bagian-bagian kecil yang biasa disebut dengan huruf radikal. Kelebihannya jika kamu memahami huruf-huruf radikal ini ialah kamu jadi lebih mudah dalam membedakan karakter-karakter yang mirip dalam suatu kalimat. Bahkan kamu juga bisa menebaknya.

  1. Belajar Menggunakan Gambar dan Ilustrasi

Kamu akan lebih mudah belajar Kanji dan mengingat karakter-karakternya jika disertai dengan ilustrasi dan gambar. Misalnya ada huruf dalam kanji yang mepresentasikan kata “makan”, maka ada ilustrasi yang menggambarkan orang sedang makan.

Menghafal suatu huruf dalam kanji sambil mengimajinasikannya memang terbukti lebih ampuh dan lebih cepat dalam menghafalnya.

  1. Baca Bacaan Yang Menurutmu Menarik

Tidak dipungkiri walaupaun bagi sebagian orang membaca merupakan sebuah hobi, namun ada beberapa orang yang cepat merasa bosan ketika membaca, termasuk ketika belajar bahasa Jepang dan membaca huruf Kanji.

Cara terbaik mengatasi hal tersebut tentunya dengan membaca bacaan yang hanya kamu sukai atau menarik buat kamu. Dengan membaca sesuatu yang menurutmu menarik itu akan memberikanmu motivasi lebih untuk membaca dan membuatmu lebih cepat memahami Kanji.

Opsi bacaan yang bisa kamu pilih antara lain manga (komik khas Jepang) yang mengandung banyak kanji, novel Jepang, atau filem dan anime yang terdapat subtitle Kanji di dalamnya.

  1. Cari Bantuan Dari Yang Professional

Memilih teman untuk belajar bahasa Jepang termasuk Kanji memang baik, namun akan lebih baik lagi jika kamu belajar dengan orang yang lebih berpengalaman dan lebih faham mengenai Kanji dan bahasa Jepang. Tentunya kamu akan diarahkan mulai dari mana untuk belajar Kanji dan akan diajari semudah mungkin.

Tapi dimana kamu bisa menemukan mentor yang tepat untuk belajar Kanji?. Kamu nggak perlu khawatir di Pongo Exclusive selain kamu akan belajar bahasa Jepang dengan materi dan metode yang super, kamu juga akan dibimbing oleh mentor-mentor yang berpengalaman dan sangat ahli dalam bahasa Jepang.

Di Pongo Exclusive juga kamu akan bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat dari biasanya.

Tips Agar Bisa Kerja di Jepang
5 Cara Membiasakan Diri Dengan Budaya Kerja Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *