persamaan jepang dan indonesia

Kalau bicara hubungan maupun persamaan negara Jepang dan Indonesia memang tidak bisa kita lupakan tentang sejarah kelam di masa lalu tentang penjajahan Jepang di Indonesia.

Namun belajar dari sejarah masa lalu, hubungan persahabatan di berbagai bidang antara kedua negara yang berada di satu benua ini sangatlah erat. Bahkan hubungan diplomatik antara negara Indonsia dan Jepang telah berumur lebih dari 60 tahun dengan tanpa ada masalah dan konflik yang berarti diantara keduanya.

Sebagai negara sahabat ternyata ada beberapa persamaan negara Jepang dan Indonesia yang wajib kamu ketahui dan sangat menarik lho. Persamaan negara Jepang dan Indonesia ini bisa jadi karena pengaruh kolonialisme Jepang di Indonesia pada masa lalu atau hanya kebetulan saja.

Daripada penasaran berikut 7 persamaan negara Jepang dan Indonesia yang wajib kamu ketahui.

  1. Kebudayaan

Hal pertama yang menjadi suatu persamaan negara Jepang dan Indonesia adalah dari sisi kebudayaannya. Kita tidak sedang membicarakan budaya Jepang yang mirip dengan budaya di Indonesia namun bagaimana kedua negara tersebut yang sangat menjaga kebudayaannya dengan baik.

Layakanya di Indonesia di Jepang kita akan banyak menemukan corak-corak kebudayaan tradisional di berbagai daerah bahkan di perkotaan Jepang sekalipun. Kebudayaan ini lah yang kemudian menjadi daya tarik yang sangat kuat untuk para wisatawan yang berkunjung.

Yang membuat Jepang lebih menarik lagi adalah sebagai negara yang sangat maju Jepang masih sangat kental dengan kebudayaannya. Hal ini terbilang unik mengingat biasanya nagara maju mulai meninggalkan nilai-nilai kebudayaannya sedangkan negara yang masih kental kebudayaannya biasanya masih pada fase negara berkembang, namun hal ini tentunya tidak berlaku untuk negeri matahari terbit ini. Jadi jangan heran jika kamu akan menemukan atribut-atribut atau pun festival-festival kebudayaan diantara gedung-gedung modern di Jepang.

  1. Sering Terjadi Gempa Bumi

Kalau persamaan negara Jepang dan Indonesia yang satu ini sepertinya bukan dalam hal yang positif, namun tentunya selalu ada hikmah dalam setiap bencana.

Negara Jepang dan Indonesia memang terbilang cukup sering di landa gempa yang bahkan biasanya juga diikuti dengan bencara gelombang besar yang biasa disebut tsunami (bahkan karena melekat dengan negara Jepang, kata tsunami berasal dari bahasa Jepang).

Bencana gempa dan tsunami di Indonesia sendiri yang tidak bisa kita lupakan adalah bencana gempa dan tsunami dahsyat yang pernah melanda Aceh pada tahun 2004. Di Jepang sendiri bencara gempa terbesar yang tidak bisa dilupakan pernah terjadi pada tahun 2011.

Kembali lagi setiap musibah pasti terdapat hikmah yang dapat kita ambil sebagai pelajaran.

  1. Keduanya Merupakan Negara Kepulauan

Persamaan negara Jepang dan Indonesia yang satu ini mungkin merupakan persamaan yang tidak banyak dimiliki oleh banyak negara.

Indonesia dan Jepang sama-sama dikaruniai beberapa pulau sehingga terdapat akses lautan yang cukup luas. Jika Indonesia di karuniai dengan 5 pulau besar dan 17 ribu lebih pulau kecil. Jepang juga tidak kalah empat buah pulau besar dan hampir 7 ribu pulau-pulau kecil yang menghiasi negara matahari terbit tersebut.

  1. Makanan Pokok

Siapa diantara kamu yang ngomongnya belum makan kalau belum makan nasi, padahal udah habis burger, kentang gorang sama dessertnya tetap ngakunya belum makan karena belum makan nasi.

Tidak seperti orang-orang di Eropa dan Timur tengah sana yang biasanya menjadikan gandum sebagai makanan pokok mereka. Persamaan negara Jepang dan Indonesia yang satu ini mereka sama-sama menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari warganya.

Namun dari segi kebiasaan cara makannya tentu memiliki perbedaan. Orang Jepang biasanya menyantap nasi mereka dengan bantuan sumpit. Kalau kita mah memang makan nasi paling nikmat pakai tangan langsung, apa lagi kalau nasi padang, udah deh nggak ada lawannya (kok jadi ngiler ya).

  1. Hasil Laut Yang Melimpah

Persamaan negara Jepang dan Indonesia yang satu ini memang tidak bisa dilepaskan dari kedua negara yang memang berbentuk negara kepulauan. Layaknya Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki hasil laut yang melimpah, Negara Jepang juga tidak mau kalah.

Baik negara Jepang maupun negara kita tercinta Indonesia, dua-duanya sama-sama memiliki banyak penduduk yang berprofesi sebagai nelayan.

Maka jangan heran jika kamu akan banyak mendapati makanan terkenal khas Jepang yang bahab dasar olahannya adalah makanan laut seperti sasimi, susi dan masih banyak lagi.

  1. Bendera

Bendera merupakan salah satu identitas terpenting dari suatu negara. Namun kamu sadar nggak sih klau salah satu persamaan negara Jepang dan Indonesia ada terdapat pada benderanya lho.

Bendera Jepang dan Indonesia sama-sama terdiri dari dua warna yang juga sama-sama berwarna merah. Walaupun dari segi tampilan berbeda sih.

  1. Banyak Profesi Petani

Selain banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan, Indonesia juga terkenal dengan sektor pertaniannya. Ternyata hal ini juga menjadi salah satu persamaan negara Jepang dan Indonesia.

Jepang juga terkenal di sektor pertaniannya. Produk pertanian Jepang yang terkenal antara lain padi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, dan the.

Wah ternyata ada banyak persamaan negara Jepang dan Indonesia ya. Jadi makin pingin pergi ke Jepang, sebelum pergi ke Jepang salah satu hal yang dipersiakan tentunya belajar bahasa Jepang. Sekarang kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah dan efektif cuma di Pongo Exclusive.

 

5 Tempat Wisata Di Osaka Yang Wajib Dikunjungi Saat Pergi Ke Jepang
10 Kota Di Jepang yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Ke Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *