bahasa jepang dan bahasa indonesia

Mengetahui perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia saat belajar bahasa Jepang merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Karena salah satu kesalahan fatal dalam belajar bahasa Jepang adalah menganggap sama pola bahasa Jepang dengan bahasa lainnya dan terpaku dengan bahasa lainnya.

Sebagai salah satu dari sekian banyak bahasa yang unik baik dari segi huruf yang digunakan, pola kalimat, hingga logat, tentunya bahasa Jepang memiliki perbedaan yang mencolok dari bahasa lain, walaupun dalam sejarah terbentuknya masih dipengaruhi oleh bahasa yang digunakan oleh orang Tiongkok.

Kususnya untuk kita yang ingin belajar bahasa Jepang, tentunya harus mengetahui perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari agar kita bisa menggunakan strategi terbaik dalam belajar bahasa Jepang sehingga kita mampu menguasai bahasa Jepang lebih cepat.

Supaya nggak bikin kamu penasaran lagi, berikut 5 perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang paling fundamental.

  1. Dari Segi Huruf dan Penulisan

Perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang pertama sudah jelas dari segi huruf dan penulisan. Seperti yang kita ketahui, tidak seperti bahasa Indonesia yang mengadopsi dan menggunakan huruf romawi atau disebut juga dengan huruf latin, bahasa Jepang memiliki jenis hurufnya sendiri.

Nah huruf dan system penulisan yang digunakan dalam bahasa Jepang bahkan bukan Cuma satu jenis lho. Huruf-huruf itu antara lain, huruf hiragana, katakana, dan huruf kanji. Adapu dalam menggunakan kata-kata yang berasal dari huruf romawi orang Jepang biasanya menggunakan hurufnya sendiri yang bernama huruf romaji.

Karena banyak jenis huruf dalam bahasa Jepang, ada yang bilang belajar bahasa Jepang itu sulit dan menantang, apa kamu termasuk yang demikian?

  1. Dari Segi Struktur Kalimat

Selanjutnya yang menjadi perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia adalah perbedaan dari segi struktur kalimat.

Pasti saat di bangku sekolah kamu semua telah belajar susunan umum dalam kalimat di bahasa Indonesia. Umumnya struktur kalimat baku dalam bahasa Indonesia tidak berbeda dengan bahasa inggris yaitu terdiri dari subjek – prediket – objek.

Ternyata bahasa Jepang memiliki struktur kalimat yang berbeda. Jika kamu belajar bahasa Jepang kamu akan menjumpai bahwa struktur kalimat dalam bahasa Jepang umumnya terdiri dari subjek – objek – prediket.

Memahmi struktur kalimat dalam belajar bahasa Jepang sangat penting, karena walaupun kamu sudah sangat banyak dalam menghafal kosakata namun tidak tahu cara untuk membentuknya menjadi sebuah kalimat, maka akan menjadi kesalahan yang sangat fatal

  1. Dari Segi Gabungan Kata

Dari segi gabungan kata juga menjadi perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Bahasa Jepang memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris yang sama-sama memiliki pola menerangkan – diterangkan. Pola tersebut tentunya berbeda dengan yang digunakan dalam bahasa Indonesia yang memiliki pola diterangkan – menerangkan.

Hal ini dapat dicontohkan misalnya pada gabungan  kata “baju hitam”. Dalam bahasa Jepang pola yang digunakan adalah “Kuroi isho” (hitam baju).

Jika mampu memahami pola ini, maka kamu akan bisa belajar bahasa Jepang lebih mudah. Adapu  aturan lain dalam pola gabungan di bahasa Jepang adalah saat kamu ingin menggabungkan dua kata benda yang berbeda, maka kamu harus menambahkan kata “no” diantara keduanya.

  1. Dari Segi Rumpun Bahasa

Perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia selanjutnya terletak pada rumpun bahasanya. Umumnya beberapa bahasa yang ada di dunia ini memiliki rumpun yang sama. Misalnya seperti bahasa Indonesia yang masih serumpun dengan bahasa melayu Malaysia.

Umumnya bahasa yang masih serumpun memiliki kemiripan dan hanya sedikit perbedaan. Namun antara bahasa Indonesia dan bahasa Jepang tidak serumpun dan dapat dilihat dari perbedaannya dari berbagai sisi yang sangat jauh.

Bahasa Indonesia menurut para ahli termasuk dalam rumpun Austronesia. Namun berbeda dengan bahasa Jepang, menurut para ahli bahasa Jepang tidak memiliki rumpun manamun yang ada di dunia. Karena tidak ditemukan satu pun bahasa di dunia dengan struktur bahasa yang sama dengan bahasa Jepang. Hal ini tentunya membuat bahasa Jepang menjadi semakin unik.

  1. Dari Segi Ragam Bahasa

Perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang terakhir terletak dari keberagaman bahasanya. Seperti yang kita ketahui dalam bahasa Indonesia ada beberapa tingkatan yang dikelompokkan berdasarkan kondisi penggunaannya ataupaun dengan siapa lawan bicara kita. Hal ini lebih sepesifik dan juga sering kita dengar dalam bahasa Jawa seperti bahasa jawa kromo inggil.

Berbeda dengan bahasa Indonesia yang mungkin pengelompokkan ragam bahasanya yang hanya sekedar dikelompokkan menjadi bahasa formal dan non formal. Dalam bahasa Jepang terdapat lebih banyak ragam bahasa yang digunakan sesuai dengan kondisi.

 

Ternayata perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia cukup mencolok ya. Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang ingin belajar bahasa Jepang.

Namun nggak perlu khawatir buat belajar bahasa Jepang. Sekarangkan ada Pongo Exclusive , program belajar bahasa Jepang yang anti ribet, anti susah dan anti gagal tentunya.

Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive, kamu bisa menguasai bahasa Jepang 10x lebih cepat.

 

Ingin Ke Jepang ? Ketahui Dulu 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Jepang
Perbedaan Tulisan Jepang Dan Cina Yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *