kesalahan belajar bahasa jepang

Belajar bahasa Jepang memang menjadi kegiatan yang mengasyikkan bagi semua orang. Bahkan sekarang ini hampir semua kalangan mulai tertarik untuk belajar bahasa Jepang, mulai dari anak-anak, usia remaja hingga orang dewasa banyak yang tertarik dengan kebudayaan Jepang serta bahasa Jepang.

Namun bukan berarti belajar bahasa Jepang boleh kita anggap remeh lho. Faktanya belajar bahasa Jepang sedikit lebih menantang jika dibandingkan belajar bahasa Inggris. Berbeda jika belajar bahasa inggris kamu nggak perlu belajar lagi hurufnya karena huruf yang digunakan sama dengan yang digunakan di bahasa kita bahasa Indonesia.

Jika kamu belajar bahasa Jepang setidaknya kamu akan mempelajari tiga jenis huruf yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan masing-masing.

Untuk itu kamu nggak boleh sembarangan belajar bahasa Jepang dan jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menghambat kamu belajar bahasa Jepang.

Kesalahan dalam memulai belajar bahasa Jepang juga harus diperhatikan agar tidak berdamapak pada proses kamu belajar bahasa Jepang nantinya

Supaya kamu lebih teliti dan lebih aware dalam belajar bahasa Jepang, berikut kami ulas 4 kesalahan dalam memulai belajar bahasa Jepang yang sering dilakukan oleh pemula.

  1. Membandingkan Belajar Bahasa Jepang dengan Bahasa Lainnya

Diawal sudah kita ulas bahwa belajar bahasa Jepang pasti memiliki pengalaman yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan belajar bahasa lain atau membandingkan langsung dengan bahasa kita sekarang bahasa Indoensia.

Salah satu kesalahan dalam belajar bahasa Jepang adalah membandingkan pola kalimat dalam bahasa Jepang dengan bahasa kita ataupun bahasa lainnya.

Akibatnya karena selalu membandingkan pola kalimat bahasa Jepang membuat pola kalimat asli bahasa Jepang yang seharusnya sedang kamu pelajari menjadi tidak diperhatikan dengan baik.

Hal ini sering terjadi dan sering dilakukan oleh orang yang belajar bahasa Jepang yang terlalu fokus pada hasil terjemahan. Padahal dari hasil mesin terjemahan tersebut biasanya menghasilkan pola kalimat yang salah dan cenderung kaku.

Jika kamu ingin belajar pola kalimat bahasa Jepang maka belajarlah langsung bagaimana suatu kalimat dalam bahasa Jepang dapat terbentuk.

  1. Ketergantungan Dengan Kamus

Kamu memang alat bantu wajib bagi sesorang yang ingin belajar bahasa asing, tidak terkecuali belajar bahasa Jepang. Namun kesalahan dalam belajar bahasa Jepang yang sering dilakukan pemula adalah terlalu mengandalkan kamus dalam belajar.

Dengan kamus kamu akan terbantu dalam mencari arti atau bahasa Jepang suatu kata. Masalahnya adalah jika kamu terlalu bergantung pada kamus dalam menemukan arti dari suatu kata dan enggan menggunakan otakmu dalam berpikir mencari sendiri arti dari suatu kata.

Hal ini bukan hanya menghambat kemampuan otakmu dalam berpikir, namun juga akan menghambat perkembanganmu dalam belajar bahasa Jepang.

  1. Beranggapan Bahwa Huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji Tidak Berbeda

Jika kamu belajar bahasa Jepang mau nggak mau kamu memang harus berhadapan dengan huruf Hiragana, Katakana dan Kanji. Namun adalah sautu kesalahan jika kamu beranggapan bahwa ketiga huruf tersebut sama.

Baik huruf Hiragana, Katakana maupun Kanji memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Huruf Kanji misalnya, jika dibandingkan dengan huruf lainnya memiliki banyak ragamnya, karakteristik lebih kompleks serta cenderung lebih sulit untuk dipelajari.

Karena alasan sulitnya belajar akhirnya banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk belajar bahasa Jepang. Padahal belajar bahasa Jepang nggak melulu belajar Kanji, masih ada dua huruf lainnya yaitu Hiragana dan Katakana yang notabene jauh lebih mudah untuk dipelajari.

Kuncinya adalah huruf pertama yang harus kamu pelajari adalah huruf-huruf yang memiliki tingkat kesulitan terendah terlebih dahulu seperti huruf Hiragana dan huruf Katakana. Jika kamu sudah mulai terbiasa dengan huruf-huruf tersebut maka bukan tidak mungkin kamu akan merasa lebih mudah ketika belajar Kanji nantinya.

  1. Tidak Belajar Dari Sumber Yang Tepat

Kesalahan dalam belajar bahasa Jepang yang terakhir ini sangat sering dilakukan oleh para pemulai yang mulai tertarik belajar bahasa Jepang. Biasanya mereka mengetahui beberapa kosakata dalam bahasa Jepang dari hal-hal yang disukainya seperti music, drama Jepang, manga, dan anime.

Lalu mereka beranggapan dengan terus-teursan menonton anime ataupun membaca manga Jepang akan mahir bahasa Jepang dan tidak perlu lagi ikut program belajar bahasa Jepang.

Anime dan kawan-kawannya memang sangat bagus dalam belajar bahasa Jepang, namun jika kamu ingin serius belajar bahasa Jepang kamu tidak bisa menjadikan anime sebagai sumber utama kamu belajar. Kamu tidak akan belajar aturan-aturan dasar bahasa Jepang maupun cara penulisan membaca huruf hanya dari menonton anime.

Untuk itu kamu memerlukan program belajar bahasa Jepang yang menjadi pegangan utama kamu untuk belajar. Kamu nggak usah khawatir dimana harus cari program belajar bahasa Jepang yang ampuh, terjamin namun tidak membuat kantongmu kering.

Sekarangkan ada yang namanya program belajar bahasa Jepang yang bernama Pongo Exclusive. Dengan Pongo Exclusive kamu akan diajari belajar bahasa Jepang bahkan dari dasar hingga mampu menguasi bahasa Jepang dengan baik.

Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive akan didukung dengan materi yang bagus, metode yang menari serta dibimbing oleh para mentor yang berkompeten.

 

 

6 Tips Memulai Belajar Bahasa Jepang Dengan Tepat
Bingung Cari Lowongan Kerja Part Time Di Jepang ?. Berikut 4 Cara Untuk Cari Lowongan Kerja Part Time Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *