memulai belajar bahasa jepang

Siapa sih yang nggak pengen pergi kuliah atau kerja di Jepang. Untuk bisa kerja atau kuliah di Jepang tentunya kamu harus belajar bahasa Jepang terlebih dahulu.

Selain unntuk orang yang ingin kerja atau kuliah di Jepang, belajar bahasa Jepagn sekarang ini ternyata termasuk bahasa favorit untuk dipelajari oleh banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan hingga orang dewasa mulai tertarik untuk belajar bahasa Jepang.

Kamu sendiri bagaimana, apa yang membuatmu tertarik untuk belajar bahasa Jepang?.

Tapi gimana ya cara memulai belajar bahasa Jepang dengan tepat?. Padahal belajar bahasa Jepang ini kan nggak kaya belajar bahasa inggris yang menggunakan huruf yang sama dengan bahasa Indonesia. Belajar bahasa Jepang tentunya pasti lebih menantang.

Untuk itu daripada bingung bagaimana tips untuk memulai belajar bahasa Jepang yang benar, berikut kami kasih 7 tips memulai belajar bahasa Jepang yang tepat.

  1. Mulai Dengan Mempelajari Huruf-huruf Yang Digunakan Dalam Bahasa Jepang

Tahukah kamu bahwa dalam bahasa Jepang setidak ada empat jenis huruf, namun yang benar-benar kamu hadapi dalam belajar bahasa Jepang adalah tiga jenis huruf saja (tetap aja banyak sih hehe).

Huruf-huruf itu antara lain huruf Hiragana, huruf Katakana dan huruf Kanji. Nah untuk mempelajari urutannya mana huruf dulu yang harus kamu pelajari jangan sampai salah ya. Kamu harus belajar dulu huruf Hiragana dan Katakana sebelum belajar Kanji.

Hal ini karena selain huruf Hiragana dan Katakana adalah huruf wajib ketika belajar bahasa Jepang, huruf tersebut adalah yang termudah untuk dipelajari jika dibadingkan dengan huruf Kanji.

Baik huruf Hiragana dan Katakana masing-masing memiliki 46 huruf. Cara efektik untuk belajarnya sebaiknya banyak-banyak latihan membaca dan menulis. Kamu juga bisa menaruh tabel huruf Hiragana dan Katakana di tempat-tempat yang sering kamu jumpai seperti di kamar.

  1. Jadikan Bahasa Jepang Menjadi Bagian Dari Keseharian Kamu

Ada banyak cara belajar bahasa Jepang dengan menambahkan bahasa Jepang hadir di kehidupan sehari-hari kamu. Cara yang paling sederhana adalah dengan menempelkan tabel-tabel huruf bahasa Jepang atau kata-kata dalam tulisan Jepang. Kamu juga bisa memberi label dalam bahasa Jepang pada barang-barang yang sering kamu gunakan seperti pada pulpen, hp, ataupun gelas kamu.

Jika kamu memiliki waktu senggang kamu juga bisa menikmati anime, manga ataupun musik Jepang. Selain sifatnya sebagai entertain, hal ini juga bisa menjadi cara-cara yang menyenangkan dalam belajar bahasa Jepang lho.

Misalnya dari membaca manga dan menonton anime kamu bisa mendapat banyak kosakata ataupun kalimat yang bisa digunakan dalam keseharian.

  1. Selalu Tanamkan Rasa Keingintahuan

Dalam belajar bahasa Jepang kepo itu hal yang bagus lho. Misalnya dari menonton anime dan drama Jepang ataupun membaca manga kamu menemukan kosakata bahasa Jepang yang baru kamu dengar dan belum kamu ketahui artinya. Langsung deh kamu cari tahu arti kata tersebut dari kamu maupun Google Translate.

  1. Melatih Cara Berpikir Seperti Orang Jepang

Kamu belajar bahasa Jepang, berarti kamu mencontoh bagaimana orang Jepang berbicara dong. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara orang Jepang berpikir dan bagaiaman kebudayaan mereka. Banyak sekali budaya Jepang dan cara hidup orang Jepang yang bermanfaat untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari seperti Kaizen.

Hal ini juga bermanfaat agar kamu bisa mengejar kemampuan bahasa Jepang seperti seorang native speaker. Selain itu hal ini juga membuat kamu dapat berbicara bahasa Jepang lebih natural.

  1. Sering Latihan Mendengar dan Berbicara

Salah satu hasil yang diperoleh dari belajar bahasa asing adalah kamu mampu berbicara dalam bahasa tersebut dan mampu memahami orang lain yang berbicara dalam bahasa tersebut.

Sama halnya dalam belajar bahasa Jepang, selain mampu menulis dengan bahasa Jepang, indikator keberhasilan kamu dalam belajar bahasa Jepang adalah mampu berbicara dalam bahasa Jepang dan mampu memahami orang lain berbicara.

Kamu bisa latihan mendengar orang lain berbicara bahasa Jepang melalui materi-materi audio belajar bahasa Jepang, atau kamu bisa membiasakan menonton anime ataupun drama bahasa Jepang. Hal ini juga membuat kamu menjadi lebih akrab dan terbiasa dengan belajar bahasa Jepang.

Jangan lupa untuk sering latihan berbicara bahasa Jepang selain untuk memperkuat ingatan dari yang kamu pelajari hal ini untuk membiasakan lidahmu dengan kosakata-kosakata bahasa Jepang.

Kamu bisa latihan di depan cermin untuk latihan berbicara, namun alangkah baiknya jika kamu memiliki partner ataupun mentor dalam belajar bahasa Jepang agar ada yang memberikanmu masukan.

  1. Cari Program Belajar Bahasa Jepang Yang Tepat

Dalam belajar bahasa Jepang, memilih program belajar bahasa Jepang sangat berperan penting dalam menentukan progress kamu dalam belajar bahasa Jepang. Karena program belajar yang tepat akan memberikanmu langkah-langkah yang tepat untuk kamu belajar.

Salah satu program belajar bahasa Jepang yang recommended adalah Pongo Exclusive. Bukan hanya menawarkan metode dan materi yang brilian, kamu juga akan didukung dibimbing oleh para mentor yang sangat berkompeten. Oh ya belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive juga memungkinkan kamu untuk belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat lho.

 

4 Langkah Belajar Bahasa Jepang Dari Nol Anti Gagal
4 Kesalahan Dalam Memulai Belajar Bahasa Jepang Yang Sering Dilakukan Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *