jangan lakukan di jepang

Jepang termasuk negara yang menjunjung tinggi adab yang berlaku di sana. Mengetahui apa saja hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang merupakan sesuatu yang tepat untuk dilakukan sebelum pergi mengunjungi negeri matahari terbit tersebut.

Hal ini penting dilakukan karena tentunya segala sesuatu mungkin lumrah dan biasa kita lakukan belum tentu wajar di Jepang. Tentu ini sangat wajar karena adat dan kebiasaan suatu negara dengana negara lainnya tidak mungkin sama, bahkan mungkin daerah satu dengan daerah lainnya yang masih pada satu negara belum tentu sama adat dan kebiasaannya.

Jadi apa aja hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang agar perjalanan di Jepang kita berjalan secara lancar?. Berikut kami berikan 7 hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang.

  1. Memberikan Tip Ke Pelayan

Mungkin sudah menjadi kebiasaan kita memberikan uang tip kepada pelayan yang telah maksimal dalam melayani kita. Hal itu mungkin kita anggap sebagai bentuk rasa terimakasih dan apresiasi kepada pelayan tersebut.

Namun beda dengan kabiasaan di Jepang. Hal ini malah termasuk ke dalam hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang. Memberikan uang tip ke pelayan bahkan akan dianggap penghinaan kepada pelayan yang bersangkutan.

Bahkan ketika kamu memberikan uang dalam bentuk bulat mereka akan berusaha mencari uang kembaliannya meskipun kamu sudah menyuruh untuk mengambil kembaliannya. Untuk itu ucapan terimakasih sudah lebih dari cukup bagi mereka. Jangan sampai niat kamu yang ingin berbuat baik malah dicap kurang sopan.

  1. Memberi Atau Menerima Sesuatu Dengan Satu Tangan

Jika di Indonesia kita mengenal adab bahwa memberi dan menerima harus menggunakan tangan kanan, maka jia di Jepang beda lagi. Memberi dan menerima dengan satu tangan adalah hal yang tidak boleh kamu lakukan di Jepang.

Kebiasaan orang Jepang saat memberi dan menerima barang memang menggunakan kedua tangannya mau seberapa besar ataupun kecil barang yang diberikan atau diterima.

Makannya kebiasaan orang Jepang saat sedang nongkrong di café adalah meletakkan uang tunai di nampan kecil yang terletak di sebelah kasir daripada memberikannya langsung kepada petugas kasir.

  1. Sembarangan Menunjuk Sesuatu

Mungkin sudah menjadi hal biasa jika kita menunjuk terhadap sesuatu yang mungkin menarik perhatian kita bahkan itu sudah menjadi refleks tanpa kita sadari.

Namun menunjuk sembarangan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang. Menunjuk sessuatu dengan jari di Jepang dianggap sebagai gesture yang kurang sopan bahkan dianggap kasar.

Oleh karena itu saat kamu sedang berada di Jamuan makan malam hindari lah menunjuk dengan jari telunjukmu terlebih dengan sumpit.

  1. Tidak Disiplin Dalam Mengantri

Orang Jepang terkenal sangat tertib dan menghargai hak orang lain saat di tempat umum. Maka dari itu seenaknya saja mengambil antrian adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang.

Jika kamu mengunjungi tempat-tempat umum di Jepang seperti halte bus, stasiun kereta api, bahkan di depan escalator kamu akan mendapati betapa rapinya antrian yang dilakukan orang-orang Jepang.

Jadi saat kamu sedang mengantri sesuatu bus di Jepang bawa kebiasaan buruk kamu yang sering kamu lakukan di tanah air yaitu menyerbot antrian.

  1. Menggunakan Telepon Di Tempat Umum

Hah masak iya sekedar menggunakan telepon di tempat umum dilarang di Jepang?.

Sebenarnya bukan benar-benar dilarang. Hal yang tidak boleh di dilakukan di Jepang adalah jika kamu menelepon sesorang di tempat seperti di kereta api kamu akan membuat suara yang berisik yang tentunya mengganggu kenyamanan orang sekitar.

Akan sangat langka menemukan orang yang mengobrol di telepon saat kamu sedang di tempat umum seperti di kereta. Biasanya mereka menggunakan telepon hanya sebatas mengirimkan pesan, mendengarkan music, atau sekedar scrolling media social untuk menghibur diri.

  1. Menuang Minuman Hanya Untuk Gelasmu Sendiri

Satu lagi hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang yang sebenarnya sangat bagus efeknya bagi prilaku sesame. Jika kamu sedang dalam acara minum bersama atau sekedar menongkrong untuk minum kamu tidak boleh sembarangan mengisi minuman ke gelasmu sendiri saja.

Bahkan jika gelasmu sudah habis biarkan dan tunggu saja salah seorang temanmu yang akan mengisikan minumannya begitupun ketika kamu melihat gelas minuman temanmu sudah kosong, jangan sungkan untuk mengisi gelas minuman temanmu.

  1. Meletakkan Sumpit Pada Hidangan Secara Berdiri

Hal yang tidak boleh dilakukan di Jepang yang terakhir ini mungkin kamu anggap sepele, namun beginilah adanya tentang adab di Jepang.

Ketika kamu sedang makan atau menghidangkan makanan untuk sesorang, jangan menancapkan sumpitmu secara berdiri atau vertical. Walaupun kamu kira hal tersebut kamu anggap spele bagi warga Jepang hal tersebut mirip seperti katika melakukan upacara pemakaman.

Jika kamu memang ingin berhenti sejenak sebaiknya kamu meletakkan sumpitmu di samping piring atau mangkok makan kamu.

 

Wah ternyata apa yang kita anggap wajar belum tentu hal itu wajar di masyarakat Jepang. Cara terbaik untuk mempelajari kebiasaan dan kebudayaan khas Jepang adalah dengan belajar bahasa Jepang.

Sekarang kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan mudah dan murah. Yaitu dengan mengikuti program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive.

 

5 Kebiasaan Buruk Orang Jepang Yang Tidak Boleh Ditiru
5 Perbedaan Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia Yang Paling Fundamental

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *