berbicara dengan orang jepang

Pernah nggak sih kamu berpikir gimana cara berbicara dengan orang Jepang?.

Setiap negara dan bangsa pasti memilki adat dan adab yang berbeda. Apa yang kita anggap biasa dan sopan belum tentu untuk orang lain hal tersebut wajar. Seperti negara Jepang yang memiliki keunikan tersendiri dalam hal tata karma.

Hal ini juga tentang cara berbicara dengan orang Jepang. Walaupun tergolong negara maju seperti negara-negara di barat, Jepang tidak meninggalkan nilai-nilai kebudayaannya termasuk yang mengatur tata krama.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui tata cara berbicara dengan orang Jepang karena mereka masih sangat memperhatikan adab lawan bicara mereka.

Bukan hanya menghormati lawan bicara, tujuan kita mempelajari cara berbicara dengan orang Jepang adalah agar mengetahui apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berbicara dengan orang Jepang.

Berikut cara berbicara dengan orang Jepang dengan baik dan benar.

  1. Memberi Salam

Hal pertama yang kamu lakukan saat berbicara dengan lawan bicara tentunya dengan memberi salam khususnya saat pembicaarn itu bersifat formal.

Cara berbicara dengan orang Jepang yang benar saat memberi salam adalah kamu harus memberi salam secara langsung tanpa harus diwakilkan oleh orang lain.

Tujuannya adalah agar lawan bicara kamu lebih mengingatnya. Tips ini berguna jika kamu hadir dalam kegiatan formal seperti networking ataupun pekan karir.

  1. Budaya Membungkuk Orang Jepang

Kalau kamu bertemu orang lain selain memberi salam biasanya yang kamu lakukan adalah berjabat tangan, hal ini juga masih umum dibanyak daerah di seluruh dunia. Namun cara berbicara dengan orang Jepang yang benar saat memulainya adalah dengan membungkukkan badan.

Di Jepang istilah membungkuk ini dikenal dengan ‘ojigi’. Ojigi biasa dilakukan pada percakapan formal dan umum.

Ternyata untuk melakukan ojigi ini memiliki cara yang berbeda lho antara pria dan wanita. Adab ojigi yang dilakukan pria adalah dengan cara membungkuk sambil meletakkan tangkan di samping paha. Sedangkan wanita melakukan ojigi dengan meletakkan tangan diatas paha.

Uniknya lagi tata cara ojigi di Jepang memiliki beragam perbedaan derajat membungkuknya tergantung kondisi dan dengan siapa kamu membungkuk.

Misalnya saat berpapasan dengan orang yang kamu kenal di jalan atau di tempat umum lainnya, kamu cukup membungkuk dengan kemiringan 15 derajat. Nah saat dipertemuan formal beda lagi atau menyapa pelanggan, kamu biasasanya  akan membungkuk dengan derajat kemiringan 30 derajat.

Bahkan jika keadaan lebih formal lagi atau kamu dalam rangka mengucapkan terima kasih atau minta maaf kamu akan membungkuk dengan kemiringan 45 derajat.

Oh ya kamu harus membalas membungkuk jika seseorang lebih dulu membungkuk dihadapanmu. Jika kamu cuek maka akan dianggap tidak sopan.

  1. Cara Memperkenalkan Diri

Cara berbicara dengan orang Jepang umumnya seperti di Indonesia, saat kamu hadir dalam acara resmi atau bertemu dengan orang yang belum kamu kenali tata krama yang baik adalah memperkenalkan siapa dirimu. Tujuannya adalah agar orang lebih yakin dengan dirimu dan mau mendengar pembicaraanmu selanjutnya.

Kamu bisa mulai memperkenalkan nama kamu ke lawan bicara, lalu jabatan kamu atau profesi kamu sekarang.

Saat melakukan perkenalan hindari terlalu banyak memperkenalkan diri kamu. Usahakan hanya perkenalkan yang penting-penting saja. Orang Jepang tidak perlu mengetahui apa hobi atau makanan kesukaan kamu saat perkenalan.

  1. Jangan Menyerobot dan Memonopoli Pembicaraan

Ini penting untuk diketahui apalagi buat kamu yang punya sifat “ingin terlihat hebat”. Cara berbicara dengan orang Jepang yang baik adalah selalu memberikan kesempatan lawan bicara kamu untuk berbicara.

Sebenarnya adab ini pun sangat tidak baik jika kita laukukan di kehidupan sehari-hari di Indonesia. Namun orang Jepang sangat memperhatikan hal ini. Saat berbicara dengan orang Jepang pun mereka tidak suka jika lawan bicara pandangannya pergi kemana-mana, misalnya melihat jam dan hal lainnya. Mereka beranggapan berarti kamu tidak suka berbicara dengannya.

  1. Bertukar Kartu Nama

Jika kamu dalam pertemuan bisnis yang formal bertukar kartu nama atau kartu bisnis adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Saat memberi maupun menerima kartu nama kamu harus menggunakan kedua tangan kamu. Saat memberikan kartu nama tersebut posisikan kartu agar bisa langsung dibaca oleh penerima yaitu tulisan menghadap ke penerima.

 

Wah ternyata cara berbicara dengan orang Jepang lumayan ribet ya. Buat kamu yang punya cita-cita untuk kuliah di Jepang atau kerja di Jepang wajib banget buat tahu semua itu. Nggak pengen kan mau dapat masalah dengan dosen atau bos kamu karena kamu dianggap kurang beradab.

Selain hal-hal diatas, tentunya modal utama untuk berbicara dengan orang Jepang adalah bahasa Jepang yang baik. Makanya kamu harus belajar bahasa Jepang.

Sekarang kan belajar bahasa Jepang nggak pakai mahal dan ribet. Kamu bisa belajar bahasa Jepang di program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive yang super canggih dan keren.

Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

 

Ingin Liburan Ke Jepang ? Cari Tahu Dulu Tips Membuat Rencana Perjalanan Ke Jepang
5 Etika Buruk Di Jepang Yang Tidak Sesuai Dengan Tata Krama di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *