penerjemah bahasa jepang

Bahasa Jepang marupakan salah satu bahasa yang sedang popular saat ini. Hal ini tentunya akibar dari pop-culture Jepang yang terus menjamur dan membuat banyak orang yang tertarik dengan bahasa Jepang dan tertarik untuk belajar bahasa Jepang.

Bukan hanya sekedar menjadi ketertarikan khusus, mereka yang belajar bahasa Jepang tidak jarang menjadikan modal bahasa Jepang mereka sebagai karir, karena prosepek bagi mereka yang belajar bahasa Jepang sendiri cukup beragam dan menjanjikan.

Salah satu prospek bagi orang yang menguasai bahasa Jepang adalah menjadi penerjemah bahasa Jepang. Dengan naiknya trend bahasa Jepang dan banyaknya perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia membuat penerjemah bahasa Jepang masih sangat dibutuhkan.

Penerjemah bahasa sendiri merupakan suatu profesi yang bertugas mengalihkan bahasa baik dari suatu dokumen, karya ilmiah atau yang lainnya ke bahasa lainnya.

Menjadi penerjemah bahasa Jepang bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang tertarik ingin menjadi penerjemah. Alasan menjadi penerjemah bahasa Jepang dibandingkan menjadi penerjemah bahasa inggris adalah, menjadi penerjemah bahasa Jepang tetap menjanjikan akan tetapi dengan persaingan yang labih sedikit jika dibandingkan menjadi penerjemah bahasa inggris.

Terus gimana sih agar menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal?, apa modal yang haru kita punya untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang?, apa belajar bahasa Jepang aja sudah cukup untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal?.

Daripada bingung, mending baca ulasan kami berikut tentang 4 modal yang harus kamu punya jika ingin menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal.

  1. Menguasai Dengan Baik Bahasa Asli dan Bahasa Yang Akan Menjadi Sasaran Terjemahkan

Cara menjadi penerjemah yang baik adalah kamu harus memahami dengan baik kedua bahasa baik bahasa sumber maupun bahasa sasaran yang ingin kamu alihkan. Hal ini juga tentunya berlaku mutlak jika kamu ingin menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal.

Jika kamu menjadi penerjemah bahasa Jepang setidaknya ada dua kemungkinan, jika tidak kamu menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jepang atau sebaliknya bahasa Jepang menjadi bahasa sumber.

Untuk itu penting untuk memahmi aspek bahasa sumber seperti bahasa Jepang. Aspek bahasa yang harus diperhatikan antara lain seperti jenis kata, frasa, bentuk kata harus mampu kamu pahami dengan baik agar saat dialihkan ke bahasa lain pesan dan konteks yang ingin disampaikan tetap “utuh”.

Kamu juga dituntut harus mampu menggayakan setiap kalimat yang ingin kamu alihkan ke bahasa sasaran dengan baik sehingga pembaca yang membaca dengan bahasa sasaran dapat menangkap pesan yang disampaikan sebaik jika orang lain yang membaca dengan bahasa aslinya.

  1. Mengusai Kosakata Sebanyak Mungkin

Kosakata merupakan komponen utama dari bahasa. Jika kamu belajar bahasa asing menghafal kosakata pastinya hal wajib kamu lakukan terlebih jika kamu ingin menjadi seoarang penjerjemah bahasa Jepang.

Walaupun tidak ada yang melarang seandainya kamu harus melihat kamus saat sedang menerjemahkan seuatu dokumen atau hal lainnya. Namun kebiasaan melihat kamus ini tentunya akan memperlambat dalam melakukan proses penerjemahan.

Untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang yang baik hafallah kosakata bahasa Jepang sebanyak mungkin, baik itu kosakata kanji, hiragana maupun koskata katakana. Dengan begitu kamu dapat melakukan proses penerjemahan dengan jauh lebih efektif dan efisien.

  1. Memahami Dengan Baik Isi Teks Yang Ingin Diterjemahkan

Cara menjadi penerjemah bahasa Jepang yang baik adalah harus memahami setiap kalimat yang disampaikan pada naskah tersebut. Jika kamu yang sebagai penerjemah bahasa Jepang nya sendiri tidak faham, bagaimana kamu bisa berharap yang membaca tulisan kamu nantinya akan memahami dengan baik.

Kembali lagi, skill yang harus ditekankan untuk penerjemah bahasa Jepang adalah penguasaan bahasa Jepang dengan baik serta memahami arti setiap kosakatanya. Penentuan keberhasilan kamu dalam menerjemahkan bahasa Jepang tergantung dari bagaimana kamu memahami bahasa Jepang dengan baik.

Jika penerjemah bahasa Jepang memhami dengan baik bahasa Jepang, maka pesan dan konteks naskah dapat tersampaikan dengan baik secara utuh pada hasil terjemahan.

  1. Memahami dan Menguasai Teknik Penerjemahan

Setiap profesi pasti memiliki teknik yang tepat guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi. Hal ini juga berlaku tetnunya jika kamu ingin menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal.

Menguasai tekni penerjemahaan dengan baik akan sangat berpegaruh pada kualitas hasil terjemahan nantinya. Jika si penerjemah bahasa Jepang tidak menguasai teknik penerjemahan dengan baik kemungkinan terburuknya antara lain akan banyak menemui kesulitan, membutuhkan waktu yang lebih lama, hasil terjemahan yang berbeda dengan naskah aslinya, kualitas terjemahan yang buruh atau bahkan membuat si penerjemah bahasa Jepang pusing sendiri.

Hasil terjemahan yang buruk tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Akibatnya mereka tidak ingin menggunakan jasa kamu lagi.

 

Ternyata cukup kompleks ya untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang yang handal. Apa kamu tertarik untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang?.

Kalau begitu persiapkan dirimu dengan baik dengan mulai belajar bahasa Jepang dari sekarang. Sekarang ada program belajar bahasa Jepang yang efektif dan efisien lho.

Nama program belajar bahasa Jepangnya Pongo Exclusive. Kalau kamu belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive, kamu akan belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat!.

Belajar Bahasa Jepang Otodidak Atau Ikut Kursus Belajar Bahasa Jepang?
Ingin Menjadi Interpreter Bahasa Jepang?. Kenali Dulu Modal Untuk Menjadi Interpreter Bahasa Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *