budaya jepang dan indonesia

Setiap negara pasti memiliki budaya dan kebiasaannya masing-masing. Budaya dan kebiasaan itu tidaklah mesti sama antara satu negara dan negara lainnnya dan memiliki keunikan masing-masing.

Contoh negara yang memiliki segudang budaya yang unik adalah negara Jepang. Negara yang terletak di asia pasifik ini memang terkenal dengan ragam budaya uniknya yang bahkan terkadang bisa membuat kita keheranan.

Banyak perbedaan budaya Jepang dan Indonesia yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Buat kita yang tidak terbiasa dengan perbedaan  budaya Jepang dan Indonesia mungkin akan merasa bingung, kagum, penasaran atau bahkan keheranan. Hal ini biasa disebut dengan shock culture.

Buat kamu yang ingin pergi ke Jepang biasanya akan merasakan culture shock jika dari awal belum mengetahui bagaimana perbedaan budaya Jepang dan Indonesia.

Untuk daripada penasaran, berikut 10 perbedaan budaya Jepang dan Indonesia yang wajib kamu ketahui.

  1. Budaya Makan Di Jepang

Siapa sih yang nggak butuh makan. Bukan hanya sekedar bertujuan menambah energi, kegiatan makan juga tentunya memiliki kebudayaan tersendiri di setiap daerah.

Perbedayaan budaya Jepang dan Indonesia juga dalam hal segi menyantap makanan lho. Kuliner di Jepang terkenal dengan kesegaran dan keaslian makanannnya, dengan kata lain makanan Jepang biasanya tidak diolah terlalu “serius” tidak seperti halnya makanan-makanan khas Indonesia yang memang pengolahannya yang terbilang rumit dan lama seperti rendang.

Maka tidak heran jika makanan-makanan khas Jepang terkenal dengan makanan tersehat di dunia karena kesegarannya.

Adapun kebiasaan orang Jepang saat hendak makan adalah mengucapkan kata “selamat makan” lalu mengambil sumpit yang telah tersedia di meja makan. Saat makan adapun beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan seperti menancapkan sumpit ke makanan secara vertikal (karena mirip dengan lidi yang biasanya digunakan saat upacara kematian), menyilangkan sumpit, mengaduk sup dengan sumpit, mengkorek-korek makanan, memakan sumpit untuk menunjuk orang, dan mungkin masih banyak lagi pantangan ketika makan di Jepang.

Uniknya jika di Indonesia makan sambil bersuara dianggap tidak sopan, Jika di jepang menyeruput kuah atau sup hingga terdengar suaranya adalah suatu bentuk rasa menikmati makanan dan sangat dianjurkan.

  1. Budaya Minum Di Jepang

Jika bicara perbedaan budaya Jepang dan Indoensia yang menyangkut minuman kita akan langsung berpikir ke minuman khas Jepang seperti teh dan minuman beralkohol Sake.

Ketika minum teh orang Jepang biasanya akan duduk dengan cara bersimpuh. Saat hendak meminumnya, cangkir teh akan diletakkan di tangan kiri dan diputar 180 derajat menggunakan tangan kanan orang yang hendak meminumnya. Jika salah dalam menerapkannya kamu akan dianggap kurang sopan.

Satu lagi minuman tradisional Jepang namun mengandung alkohol adalah sake. Biasanya sake diminum saat pulang kerja ataupun di malam hari. Salah satu kebiasaan minum sake orang Jepang adalah saat menuankan minuman ke gelas minuman kamu, hendaknya kamu menuangkannya juga untuk orang lain. Saat hendak minum pun kamu harus menunggu ada orang yang berseorak “kampai”.

Jika seandainya kamu sudah tidak sanggup minum jangan langsung menghabiskan semuanya, tapi habis minuman di gelas sampai acara selesai. Dan yang paling penting buat sobat muslim nggak perlu ikut-ikutan minum ya.

  1. Toilet Di Jepang Jarang Tersedia Air

Perbedaan budaya Jepang dan Indonesia berikutnya dapat kamu rasakan ketika hendak buang air di toilet umum.

Mungkin kamu selama ini beranggapan bahwa hanya orang-orang barat sana yang membersihkan diri setelah buang air yang mengenakan tisu. Namun sayangnya ternyata di Jepang juga sama.

Bagi orang kita ini tentu sangat tidak biasa dan kurang nyaman jika hanya bersuci dengan tisu. Jadi sangat disarankan jika ingin bepergian di Jepang membawa air sendiri.

  1. Kebersihan Di Jepang

Mungkin kamu pernah melihat berita saat musibah banjir melanda salah satu daerah di Jepang, air banjirnya sejernih kolam renang. Adapun berita lainnya ketika supporter sepak bola Jepang yang memungut sampah di stadiun pertandingan.

Salah satu budaya positif di Jepang adalah bagaimana sikap mereka dalam menjaga kebersihan. Bahkan bukan hanya petugas kebersihannya, masyarakatnya pun sangat bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

  1. Budaya Mentraktir

Kalau perbedaan budaya Jepang dan Indonesia yang satu ini pasti kamu sukai. Jika kamu kuliah dan jadi anak kost di Jepang. Salah satu budaya di Jepang adalah ketika kamu makan bersama orang yang telah memiliki pekerjaan mereka akan yang membayar makanannya. Jadi intinya orang yang telah berkerja di Jepang harus mentraktir orang yang masih sekolah.

 

Selain memahami bagaimana perbedaan budaya Jepang dan Indonesa agar dapat beradaptasi. Salah satu hal yang penting lainnya yang harus kamu persiapkan untuk pergi ke Jepang adalah dengan belajar bahasa Jepang.

Udah tahu belum kalau sekarang kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat hanya di Pongo Exclusive.

Bersambung ke PART 2

 

10 Perbedaan Budaya Jepang dan Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui (Part 2)
5 Wisata Musim Semi Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Ke Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *