pengisi suara anime

Apa kamu gemar menonton anime?. Menonton anime memang sesuatu yang sangat menyenangkan selain untuk mengisi waktu luang, menonton anime juga bermanfaat untuk belajar bahasa Jepang. Apalagi jika anime tersebut mampu menyajikan adegan-adegan yang epic, alur yang seru, serta soundtrack yang mendukung keseluruhan setiap adegan yang ada di dalam anime tersebut.

Namun bukan cuma itu, dialog yang keren dan penuh emosional yang disajikan di dalam anime juga sangat mendukung keseruan kita dalam menonton anime tersebut dan membuat kita ogahan buat berhenti menonton

Tapi kamu pernah penasaran nggak sih sama pengisi suara di dalam anime kok bisa sekeren gitu. Jadi pengisi suara pada sebuah kartun biasanya disebut dubber dan kegiatannya disebut di Jepang.

Namun khusus di Jepang dan pengisi suara anime mereka punya sebutan khusus yaitu seiyuu. Seiyuu adalah sebuah panggilan khusus untuk orang yang bekerja sebagai pengisi suara karakter di anime.

Kalau kamu makin penasaran soal seiyuu, berikut 5 fakta seiyuu yang harus kamu ketahui kalau kamu cinta mati sama anime.

  1. Di Jepang Terdapat Kantor Agensi Khusus Seiyuu

Kalau kamu biasanya taunya cuman artis yang bekerja dibawah naungan agensi atau manajemen, maka kamu salah. Layaknya seoranga artis seorang seiyuu biasanya juga bekerja dibawah naungan agensi khusus.

Hal ini tentu snagat bermanfaat bagi seiyuu agar lebih mudah mendapatkan proyek dubbing dan lebih luas koneksinya. Pihak seiyuu juga yang bertugas menentukan dan memastikan kontrak  yang dilakukan antara pohak seiyuu dan pihak yang membutuhkan jasa seiyuu tersebut.

  1. Sering Terekspos Media

Jangan kamu kira seorang seiyuu yang hanya bekerja di balik layar tidak akan terkenal di media. Di Jepang sana justru seorang seiyuu biasanya sering terekspos media dan memiliki banyak penggemar yang pensaran dengan pengisi suara karakter anime kesayangan mereka.

Bahkan tidak jarang seorang seiyuu lebih dikenal oleh para penggemar dibandingkan animatornya sendiri. Tak jarang juga sebuah anime yang menggunakan Jasa seorang seiyuu yang terkenal dan memiliki banyak penggemar akan berpotensi meningkatkan rating anime tersebut.

Yang membuat seorang pengisi suara atau seiiyu di Jepang lebih terkenal dibandingkan negara lain adalah karena negara Jepang sendiri yang memiliki industry anime yang sangat berkembang pesat. Hal ini juga yang membuat profesi seorang seiyuu yang menjanjikan.

  1. Sering Mengadakan Acara Juma Fans

Emangnya artis aja yang boleh buat acara jumpa fans. Para seiyuu yang biasanya sudah memiliki basis fans yang besar juga sering melakukan acara-acara jumpa fans.

Biasanya acara-acara jumpa fans tersebut berisi agenda foto bersama, tanda tangan dan tidak jarang para seiyuu menunjukkan langsung kebolehannya di depan para fansnya.

  1. Memiliki Gaji Yang Tinggi

Sebagai profesi yang menjanjikan tentunya gaji seorang seiiyu tidaklah sembarangan. Seiiyu sendiri memiliki tingkatan yang menentukan gaji yang mereka terima.

Tingkatan itu sendiri dibagi menjadi tingkat F hingga tingkat A. Adapun tingkatan tertinggi yaitu no rank yang berhak menentukan sendiri bayaran yang akan ia terima. Sebagai gambaran seorang seiiyu tingka A berhak memperolah gaji 20.000 yen per episodenya. Jika seorang seiyuu mengikuti lebih dari satu program anime maka bisa dibayangkan penghasilannya dalam perbulan.

Perkembangan dari industry anime di Jepang yang sangat tinngi juga membuat gaji seiyuu bisa menyaingi gaji para artis di Jepang. Tidak jarang ada seiyuu yang mampu mengantongi uang 1 miliyar per tahun hanya bekerja sebagai seiiyuu (tentunya untuk sampai ke situ dibutuhkan usaha dan kerja keras yang tidak sebentar untuk membangun personal branding sebagai seiiyu).

  1. Sering Mengadakan Konser Khusus Seiyuu

Di Jepang yang sering ngadain konser bukan Cuma penyanyi lho, para seiiyu juga sering mengadakan konser yang biasanya dihadiri secara antusias oleh para fansnya. Selain para seiyuu menyanyikan lagu-lagu original soundtrack dari anime yang mereka isi suaranya tidak jarang para seiyuu mempraktikan langsung di depan para fansnya dubbing karakter yang mereka cintai.

Tidak jarang juga para seiyuu mengeluarkan single nya tersendiri dan mengadakan konser tunggal, namun tentunya hal ini dilakukan oleh para seiyuu yang sudah sangat popular dan memiliki basis fans yang besar.

 

Wah ternyata sangat menarik ya profesi seorang seiyuu, apa kamu juga tertartik untuk menjadi seorang seiyuu?.

Tentunya selain skill cara bicara dan berekpresi yang diperlukan untuk menjadi seorang seiyuu, kamu juga harus belajar bahasa Jepang dengan baik.

Terus dimana ya bisa belajar bahasa Jepang dengan benar, pengen banget bisa behasa Jepang dengan baik jadi seiyuu yang hebat.

Jika kamu ingin belajar bahasa Jepang dengan baik yang kamu butuhkan adalah program belajar bahasa Jepang yang mampu menunjang kebutuhan kamu semua dalam belajar bahasa Jepang.

Program belajar bahasa Jepang yang recommended ya Pongo Excluisive, belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat!.

Masih Ragu Belajar Bahasa Jepang?. Berikut 7 Pekerjaan Untuk Kamu Yang Mau Belajar Bahasa Jepang
Ingin Jadi Pengisi Suara Anime Di Jepang, Ini 4 Cara Yang Bisa Kamu Coba Untuk Menjadi Seiyuu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *