seiyuu anime

Kalau kamu suka menonton anime pasti kamu akan disajikan dengan dialog epic dari para tokoh anime tersebut. Dialog yang disampaikan para tokoh anime menjadi salah satu komponen penting yang membuat anime menjadi seru untuk ditonton. Kamu juga bisa belajar bahasa Jepang dari menonton anime.

Dibalik dialog yang penuh emosi dan ekspresif dari karakter-karakter anime yang kita tonton, terdapat para professional yang bertugas mengisi suara tersebut yaitu dubber atau dalam istilah Jepang lebih dikenal degan seiyuu.

Profesi seiyuu memiliki sisi menarik tersendiri di dalam culture industry anime di Jepang. Para pengisi suara karakter di anime tersebut bertanggung jawab memastikan karakter-karakter di anime dapat terasa hidup dan lebih ekspresif.

Terdengar mudah?. Faktanya pekerjaan seorang seiyuu membutuhkan skill dan pengalaman yang tidak main-main. Selain itu, untuk menjad seorang seiyuu yang memiliki nama besar membutuhkan waktu dan pengalaman yang tidak sedikit, bahkan untuk memulai menjadi seorang seiyuu sekalipun.

Kalau kamu penasaran beikut kita bahas empat cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang seiyuu.

  1. Mendaftar Di Skolah Akting Suara

Cara paling formal dan jelas jika ingin mempelajari suatu keahlian tentunya dengan belajar di sekolah yang menyediakan sarana dan prasana yang mendukung keterampilan tersebut.

Di Jepang sendiri terdapat sekolah yang bernama Human Academy dan Yoyogi Animation Academy yang merupakan sekolah khusus mempelajari dunia anime. Disana juga menawarkan kursus dan pelatihan buat mereka yang tertarik untuk menjadi seorang pengisi suara anime atau seiyuu yang professional di masa mendatang.

Hebatnya lagi tidak ada batasan kamu lulusan dari sekolah apa dan tingkatan apa. Yang menjadi prioritas adalah mereka yang berhasil lulus ujian masuk penerimaan siswa baru.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seiyuu tidak ada salahnya kamu mencoba mengikuti ujian masuknya yang terkenal ketat juga jadi persiapkan dirimu dengan baik termasuk belajar bahasa Jepang dengan baik.

  1. Bergabung Ke Group Pertunjukkan Drama

Jika kamu sudah memiliki beberapa pengalaman ataupun pekerjaan yang masih berhubungan dengan industry acting suara. Kamu dapat mengasah keterampilan kamu dalam berakting suara dengan bergabung ke pertunjukkan drama.

Kelebihan dari kursus untuk berbicara di depan umum. Group pertunjukkan drama cenderung lebih baik dalam melatih acting suara daripada berlatih berbicara di depan umum. Karena biasanya anggota dari group pertunjukkan drama dilatih secara khusus dan dituntut untuk dapat berakting suara.

Cara ini juga merupakan cara yang cukup ampuh karena kamu dituntut agar pada pendengar dan penoton merasa terhibur dan dapat melihat reaksi mereka secara langsung. Pada akhirnya para penggemar yang secara tidak langsung mengantarkan kamu ke karir sebagai seorang seiyuu.

  1. Belajar di Sekolah Khusus Pelatihan Bakat

Salah satu pilihan lainnya yang bisa kamu pilih jika ingin menjadi seorang pengisi suara di anime adalah dengan mengikuti sekolah khusus untuk pelatihan bakat. Biasanya agensi pencarian bakan menyediakan sekolah khusus untuk pelatihan bakat yang eksklusif. Tujuanny adalah untuk melahirkan generasi penerus berikutnya.

Mereaka yang berhasil lulus dan diterima di sekolah khusus pelatihan bakat akan dilatih dan ditempa secara khusus dan intensif pada bidang acting suara. Namun tentu saja mereka yang berhasil bergabung bukanlah orang sembarangan karena berhasil lolos dari sekian banyak orang yang bersaing untuk terpilih.

  1. Mulai Seabagai Aktor Anak Di Group Teater

Tentunya cara ini bukan untuk kamu yang sudah di panggil bapak atau ibuk hehehe. Cara ini sangat cocok baik anak-anak yang sudah mengenal dunia entertain sejak dini, karena ini adalah salah satu rute yang mengarah langsung untuk menjadi seiyuu.

Memulai sejak usia anak-anak memungkinkan memiliki waktu lebih banyak untuk belajar seputar dubbing atau seiyuu dan memiliki kesempatan lebih lebar dalam membangun koneksi. Jika actor anak-anak berhasil bergabung ke dunia teater akan memiliki peluang yang besar mendapat pembinaan langsung oleh para professional yang bekerja di industry anime.

Perusahaan teater asal Jepang yang berhasil melahirkan seiyuu seiyuu berbakat bahkan dari usia anak-anak antara lain seperti Theatre Echo, Troupe Pleiades, Theatrical Group EN, Bungakuza Company, dan Seinenza Company.

 

Wah ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan bukan untuk bisa menjadi seroang seiyuu professional. Namun sebelum melalui itu semua hal terpenting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah belajar bahasa Jepang dengan baik dan benar.

Sebagai orang non-Jepang tentunya belajar bahasa Jepang untuk menjadi seorang seiyuu adalah hal yang wajib.

Tapi di mana ya bisa belajar bahasa Jepang yang baik dan benar?.

Kalau masalah itu kamu jangan khawatir, sekarang kan ada program belajar bahasa Jepang yang berama Pongo Exclusive. Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive kamu akan belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

5 Fakta Seiyuu Yang Harus Kamu Ketahui
7 Tips Belajar Menjadi Pengisi Suara Atau Seiyuu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *