dubber anime

Apa yang membuat anime menjadi menarik untuk ditonton?. Alur ceritanya yang epic?, karakter-karakternya yang kerene?, music latar pengiringnya yang selalu terngiang-ngiang dikepala?, atau dialog antar karakternya yang sangat penuh emosional.

Semua unsur itu membuat kita betah berlama-lama menghabiskan waktu di depan layar hanya untuk melihat karakter-karakter anime kesayangan beraksi. Ntah itu hanya sekedar hobi atau sekalian kamu ingin belajar bahasa Jepang degan menonton anime.

Well… salah satu unsur-unsur yang disebutkan diatas, dialog antar tokoh di anime adalah salah satu yang paling penting.

Berterimakasih lah kamu kepada para pengisi suara atau seiyuu yang berhasil membuat karakter-karakter di anime kesayangan kamu menjadi lebih hidup.

Meskipun terdengar sepele, faktanya peran para seiyuu atau pengisi suara pada anime sangatlah penting. Bahkan bukan sembarang orang yang bisa menjadi seiyuu atau pengisi suara. Mereka yang berhasil menjadi seiyuu terkenal hingga sekarang ini telah banyak melalui perjuangan, termasuk bagaimana cara mereka bisa menjadi seiyuu atau pengisi suara yang terkenal seperti sekarang ini.

Apa kamu juga tertarik menjadi seorang pengisi suara di anime atau seiyuu?, atau kamu penasaran bagaimana mereka bisa mejadi seiyuu atau pengisi suara yang handal?.

Kalau gitu, berkikut kita  bahasa 7 tips menjadi pengisi suara atau seiyuu.

  1. Niat dan Tekad yang Kuat

Setiap sesuatu yang ingin kamu mulai harus disertai dengan pondasi yang kokoh, yaitu niat. Ntah itu belajar bahasa Jepang atau menjadi seiyuu.

Niat dan tekad yang kuat dan serius yang akan membuat kamu untuk terus maju dan pantang berhenti di tengah jalan. Jangan kamu niatkan menjadi seorang seiyuu hanya sekedar iseng, karena nggak mungkin orang yang hanya menganggap sesuatu pekerjaan itu hanya sekedar iseng akan konsisten dan serius terhadap pekerjaan itu.

  1. Melatih Cara Membaca dengan Berbagai Intonasi yang Berbeda

Senjata utama untuk mejadi seorang pengisi suara atau seiyuu adalah suara yang kamu miliki. Mulailah melatih suaramu salah satunya dengan cara melafalkan suatu kalimat dengan berbagai macam intonasi.

Tujuan dari berlatih suara dengan intonasi yang berbeda-beada adalah untuk mengetahui karakteristik atau warna dari suara yang kamu miliki.

Selain melatih suara dengan intonasi yang berbeda-beda, kamu juga perlu berlatih artikulasi suara agara suara yang kamu keluarkan enak dan jelas didengar oleh orang lain.

  1. Melatih Gerakan Wajah

Salah satu kunci dari suara yang dubbing yang enak didengar adalah bahwa kalimat yang diucapkan oleh seiyuu atau pengisi terdengar natural dan tidak terasa dibuat-buat. Cara agar bisa melakukan itu adalah pengisi suara atau seiyuu harus rileks dalam mengisi suara.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berlatih gerakan atau senam wajah. Dengan melakukan cara ini kamu akan melatih kemampuan dalam menguasai ekspresi dengan baik sehingga akan berpengaruh terhadap suara yang kamu hasilkan secara signifikan.

  1. Berlatih Mengenal Karakter dan Olah Rasa

Salah satu kunci lainnya untuk menjadi seoarng pengisi suara atau seiyuu yang handal adalah harus mendalami dan menghayati peran yang sedang dimainkan.

Cara berlatih olah rasa dapat dilakukan dengan konsentrasi dan fokus mengerahkan pikiran dan jiwa kamu terhadap karakter yang sedang dan akan diperankan. Tujuan dari mengolah rasa adalah agar emosi-emosi dikeluarkan secara maksima dan karakter yang kamu isi suaranya akan terasa lebih hidup.

  1. Melihat Langsung Proses Dubbing

Kita selalu belajar dari mencontoh yang telah ada. Saat itu belajar bahasa Jepang kita mendengar bagaimana orang-orang berdialog dengan menggunakan bahasa Jepan.

Tidak berbeda dengan belajar menjadi seorang pengisi suara, ada baiknya kamu melihat bagaimana proses pengisian suara dan para seiyuu beraksi dalam mengisi suara pada suatu karakter.

Dengan begitu wawasan kamu terhadap dunia dubbing atau seiyuu akan menjadi lebih lengkap. Tidak perlu ke Jepang, kamu dapat melihat proses pengisian suara tersebut di studio-studio dubbing di Indonesia, atau kamu bisa juga menonton praktiknya melalui YouTube.

  1. Ikut Komunitas Para Pengisi Suara

Dengan bergabung ke komunitas yang memiliki passion dan hobi yang sama akan mendapatkan teman-teman yang sangat memberi pengaruh positif terhadap perkembangan belajar kamu.

Dengan kamu berlatih dan belajar bersama juga, kamu akan mengetahui kelemahan dan kekurangan yang kamu miliki dan tentunya akan memperluas koneksi.

  1. Belajar Bahasa Jepang Dengan Baik

Kecuali jika kamu hanya ingin menjadi pengisi suara atau dubber di Indonesai maka cara ini bisa kamu skip.

Eh tapi jangan salah lho jika kamu ingin karir sebagai pengisi suara atau dubber melejit ya jadi seiyuu atau dubber anime Jepang disana. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh industri anime di Jepang yang memang sangat berkembang  pesat. Maka tidak ada salahnya kamu coba belajar bahasa Jepang.

Salah satu kunci belajar bahasa Jepang yang baik adalah belajar bahasa Jepang secara tersetruktur dan terpogram. Yang kamu butuhkan adalah program belajar bahasa Jepang yang pas memnuhi kebutuhan kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Program belajar bahasa Jepang nomor satu yang bisa kamu coba adalah program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive. Dengan belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive, kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat!.

Ingin Jadi Pengisi Suara Anime Di Jepang, Ini 4 Cara Yang Bisa Kamu Coba Untuk Menjadi Seiyuu
Ingin Jadi Penerjemah?. Ini 5 Cara Menjadi Penerjemah Yang Harus Kamu Coba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *