teman orang jepang

Bagaimana cara berteman dengan orang Jepang ?. Mungkin banyak beberapa dari kamu yang ingin punya teman beda ras dan beda negara. Tentunya dengan memiliki teman beda negara memberikan pengalaman pertemanan yang berbeda, kamu jadi bisa mengetahui cerita lebih detail bagaimana rasanya tumbuh besar di negara lain contohnya Jepang, atau pengalaman lainnya.

Mengetahui cara berteman dengan orang Jepang berarti kamu harus mengetahui tata krama di Jepang yang tentunya berbeda jika dibandingkan berteman dengan orang Indonesia. Termasuk tentang bagaimana cara berbicara yang baik dan benar dengan orang Jepang dan lain-lain.

Tentunya tujuan kamu mengetahui cara berteman dengan orang Jepang agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan teman Jepangmu hanya karena kamu tidak mengetahui bagaimana tata krama dalam pergaulan di Jepang. Akibatnya mereka malah menjauh dan enggan berteman denganmu

Apa kamu tertarik untuk mengetahui cara berteman dengan orang Jepang?. Kalau begitu berikut 5 tips dan cara berteman dengan orang Jepang dengan benar biar akrab.

  1. Jangan Sungkan Untuk Mengajak Berkenalan

Cara berteman dengan orang Jepang yang pertama adalah jangan ragu dan sungkan untuk berkenalan dengan orang Jepang jika kamu memiliki kesempatan satu forum dengan orang Jepang atau berkesempatan mengunjungi negeri sakura.

Perkenalan merupakan langkah pertama dalam menjalin pertemanan dengan siapapun. Dalam tahap perkenalan jugalah yang akan menentukan bagaimana respon dia selanjutnya. Untuk itu berikan first impression yang terbaik untuk calon temanmu.

Saat berkenalan hal pertama yang kamu kenalkan adalah nama serta asal negara atau kota. Ceritakan sesuatu yang menarik tentang negara kamu sehingga dia penasaran dan mau lebih kenal dengan kamu.

  1. Jangan Lupa Namanya dan Jangan Kepo

Cara berteman dengan orang Jepang yang kedua adalah usahan untuk tidak lupa namanya dan jangan terlalu ingin tahu tentang dirinya. Jika dia enggan menceritakan sesuatu saat kamu menanyakan ya sudah.

Orang Jepang memiliki kebiasaan membagikan kartu nama saat pertama kali berkenalan, khsusnya di acara yang sifatnya formal, tetapi jika kamu bertemu dalam keadaan yang tidak formal, tidak memberikan kartu nama seharusnya tidak menjadi masalah.

Cobalah untuk mengingat nama belakang yang mereka sebutkan. Kalau bisa ingat nama mereka, mereka akan sangat berterima kasih. Kalau tiba-tiba lupa, jangan sungkan untuk minta maaf dab bertanya lagi.

Perbedaan penting lainnya adalah jangan terlalu penasaran. Orang Jepang akan merasa kurang nyaman dan tabu jika kamu menanyakan usia, status pernikahan dan lain-lain. Namun jika kasusnya orang Jepang dahulu yang menanyakan, maka tidak ada salahnya kamu menanyakan balik ke mereka.

  1. Jika Ingin Berkunjung Jangan Lupa Untuk Membuat Janji

Jika kamu sudah berhasil menjalin pertemanan dengan orang Jepang dan berniat untuk berkunjung ke rumahnya jangan pernah lupa untuk membuat janji terlebih dahulu dan jangan datang secara tiba-tiba tanpa memberitahu terlebih dahulu.

Banyak orang asing yang datang ke kediaman teman Jepangnya tanpa mengetahui etika orang Jepang dalam bertamu. Kita mungkin merasa itu hal yang biasa jika sudah sangat akrab dengan teman kita.

Orang Jepang sangat memuliakan tamu dan sangat memegang norma kesopanan. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin dalam menyambut tamu seperti membersihkan kediaman agar nyaman bagi tamu serta tidak jarang menyiapkan makanan dan minuman.

Jika kamu datang tiba-tiba tanpa membuat janji sebelumnya tentu mereka tidak suka jika menyambut tamu dengan tidak maksimal tanpa ada persiapan. Lebih parahnya lagi kalau mereka sedang tidak ingin menerima tamu karena sedang istirahat atau hal penting lainnya.

  1. Usahakan Selalu Tepat Waktu

Jika kamu ingin tahu cara berteman dengan orang Jepang maka kamu harus tahu juga bahwa orang Jepang terkenal dengan kebiasaan tepat waktunya dan sangat menghargai waktu.

Jika kamu sudah membuat janji dengan orang Jepang maka kamu harus punya komitmen kuat untuk hadir tepat waktu (sebenarnya sama orang lain juga kamu tepat waku sih hehehe). Jangan sampai kamu dianggap sebagai orang yang tidak menghargai waku dan kehilangan simpati dari mereka.

Jika pun ada sesuatu yang membuat kamu terlambat atau tidak bisa hadir, segera hubungi teman Jepang mu itu untuk diberi tahu atau atur jadwal ulang. Kalau masalah ini pasti semua orang yang berprilaku baik bisa memaklumi.

  1. Jangan Lupa Untuk Memanggil Dengan Nama Keluarga

Cara berteman dengan orang yang Jepang yang terakhir adalah selalu membiasakan memanggil mereka dengan nama keluarga. Umumnya orang-orang di Jepang memiliki dua bagian dari nama mereka yaitu bagian nama keluarga dan nama kecilnya.

Misalnya nama Honda Soichiro. Honda merupakan nama keluarga sedangkan soichiro nama kecilnya. Dalam penggunaannya yang memanggil nama kecil mereka biasanya anggota keluarga atau orang yang sudah sangat dekat seperti sahabat karib maupun pacar.

Jangan sekali-kali memanggil nama kecil mereka tanpa seizin mereka.

 

Pasti menyenangkan punya teman orang Jepang bukan?. Tapi selain mengetahui etika diatas kamu harus belajar bahasa Jepang juga dong untuk mempermudah komunikasi.

Sekarang bukan jamannya lagi bingung belajar bahasa Jepang. Sekarang kan ada Pongo Exclusive, program belajar bahasa Jepang dengan metode yang efektif sehingga kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

 

5 Etika Buruk Di Jepang Yang Tidak Sesuai Dengan Tata Krama di Jepang
Berapa Biaya Hidup Di Jepang ? Yuk Cari Tahu Biaya Hidup Di Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *