kerja part time di jepang

Apa kamu sedang kuliah di Jepang dan sedang ingin menambah penghasilan?. Atau hanya ingin sekedar memperoleh penghasilan sampingan di Jepang. Jawabannya ya kerja part time atau kerja paruh waktu.

Bagi orang yang memiliki kesibukan di Jepang baik kuliah di Jepang maupaun sedang menghadapi kesibukan lainnya dan tidak bisa bekerja full time biasanya akan memilih opsi kerja part time di Jepang untuk menambah penghasilan tambahan di Jepang.

Bagi yang kuliah di Jepang khususnya tanpa beasiswa kuliah di Jepang, pasti akan tahu bahwa biaya kuliah di Jepang sangat mahal. Hal itu belum lagi ditambah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, tempat tinggal dan lain-lain.

Mau tidak mau bagi mereka yang ingin menambah pemasukan saat kuliah di Jepang harus mengambil kerja part time di Jepang.

Cari kerja di negeri sendiri aja susah apalagi cari kerja di tempat orang. Hehe nggak usah khawatir. Buat kamu yang bingung giamana cara bisa kerja part time di Jepang, Berikut kamu kasih tips kerja paruh waktu di Jepang.

  1. Ketahui Alur Cara Memperoleh Kerja Part Time Di Jepang

Jika kamu sedang kuliah di Jepang dan sedang ingin kerja part time di Jepang, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi seputar lowongan kerja part time di Jepang. Tempat yang bisa kamu datangi adalah bagian Urusan Kehidupan, Kesejahteraan atau bisa juga di Koperasi Mahasiswa di kampus kamu belajar.

Kamu bisa menanyakan seputar lowongan kerja part time di Jepang kepada staff di kantor tersebut. Biasanya mereka memiliki rekomendasi lowongan kerja part time di Jepang bagi para mahasiswa asing yang ingin kerja part time di Jepang.

Setelah kamu mendapatkan informasi lowongan kerja part time di Jepang yang kamu butuhkan, pastikan kamu sudah mengantongi izin untuk melakukan magang kerja. Cara memperoleh izin tersebut dapat diajukan di departemen imigrasi setempat. Surat izin ini bernama “Izin Usaha di Luar Status Identitas”.

Jika kamu sekali mendapatkan izin tersebut kamu dapat menggunakannya walaupun sudah berpindah kerja dari tempat kerja lama kamu. Izin ini pun dapat kamu perpanjang kapanpun kamu mau

  1. Cari Tahu Aturan Kerja Part Time Di Jepang

Bagi pekerja asing tentunya akan berhadapan dengan aturan kerja yang berbeda jika dibandingkan dengan pekerja lokal. Oleh karena itu kamu harus mengetahui aturan kerja di Jeang bagi pekerja maupun mahasiswa asing.

Masalah waktu yang ditetapkan, bagi mahasiswa asing yang ingin kerja part time di Jepang harus mematuhi aturan jam kerja part time di Jepang. Bagi seorang mahasiswa asing yang ingin kerja part time di Jepang tidak boleh lebih dari 28 jem perminggu, artinya kamu hanya boleh kerja part time di Jepang 8 jam dalam sehari.

Selain aturan waktu, kamu juga harus mengetahui jenis pekerjaan yang ingin kamu ambil. Peraturan kerja di Jepang melarang kamu mahasiswa asing yang kuliah di Jepang untuk mengembil pekerjaan part time di tempat hiburan dewaas. Contoh tempat pelayanan hiburan dewasa itu seperti bar, tempat judi, atau menjadi seorang pelayan untuk menemani tamu di tempat hiburan dewasa.

Kebanyakan mahasiswa asing yang mengambil kerja part time di Jepang mengambil pekerjaan di bidang makanan dan minuman serta sales marketing

  1. Ketahui Syarat Kerja Part Time Di Jepang Secara Detail

Tips kerja part time di Jepang ini sangat penting. Sebelum kamu mulai kerja di suatu tempat termasuk kerja part time di Jepang jangan malas untuk membaca keseluruhan surat kontrak kerja dari perusahaan. Karena kebanyakan tempat kerja di Jepang tidak memiliki aturan seperti itu, maka kamu bisa menayakan hal-hal penting saat sesi wawancara penerimaan kerja.

Hal-hal yang kamu tanyakan bisa seputar jam kerja, kontrak kerja, gaji dan lain-lain. Oh ya jangan lupa untuk mencatatnya.

  1. Pahami Mengenai Jam Kerja Dan Gaji

Yang namanya kerja tujuan utama kamu tentunya ingin memperoleh penghasilan, namun disatu sisi alasan kamu mengambil kerja part time di Jepang karena kamu memiliki kesibukan lainnya yang tidak bisa diganggu seperti kuliah dan hal lainnya.

Perlu kamu ketahui untuk gaji kerja part time sangat bervariasi tergantung dari jam kerja dan jenis pekerjaan yang ingin kamu ambil. Rata-rata gaji kerja part time di Jepang yang bisa kamu peroleh 50.000 yen.

  1. Jangan Pernah Datang Terlambat

Jika kamu pernah mendengar atau membaca dari sebuah artikel pasti kamu tahu bahwa orang Jepang memiliki kebiasaan positif selalu menghargai waktu dan sangat anti yang namanya terlambat. Untuk itu agar pihak yang memberikanmu pekerjaan menaruh kepercayaan kepada kamu jangan pernah datang terlambat.

Namun tentunya terkadang pasti ada hal-hal penting yang membuat kamu datang terlambat atau tidak datang kerja sama sekali. Kalau sudah begini jangan sampai kamu tidak memberikan kabar.

 

Nah itu dia 5 tips kerja part time di Jepang. Jika kamu ingin kerja part time di Jepang jangan sampai terlewat tips-tips diatas ya.

Buat kamu yang ingin kerja di Jepang atau kuliah di Jepang namun bingung mau belajar bahasa Jepang di mana, kamu bisa ikutan program belajar bahasa Jepang dari Pocket Nihongo. Belajar bahasa Jepang di Pocket Nihongo dan rasakan belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat!.

 

5 Pekerjaan Part Time Di Jepang Yang Paling Favorit
Jangan Belajar Bahasa Jepang Kalau Gak Mau Dapat 5 Manfaat Belajar Bahasa Jepang Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *