masuk jurusan sastra jepang

Dengan banyaknya orang yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang, jangan heran sampai-sampai beberapa pergururan tinggi di Indonesa menghadirkan jurusan sastra Jepang masuk dalam daftar program studinya. Banyak orang mulai mencari tahu sayarat masuk jurusan sastra Jepang agar dapat diterima sebagai salah satu mahasiswa jurusan sastra Jepang tanpa ada kendala.

Sekarang ini jurusan sastra Jepang juga telah menjanjikan prospek yang cukup menggiurkan. Kalau kamu belum tahu prospek apa aja yang bisa kamu peroleh di jurusan sastra Jepang, kamu bisa cek di sini.

Apa kamu juga termasuk yang memiliki minat untuk bergabung menjadi salah satu mahasiswa jurusan sastra Jepang ?, udah tahu belum apa aja syarat masuk jurusan sastra Jepang ?. Kalau belum baca sampai selesai 5 syarat masuk jurusan sastra Jepang berikut ini.

  1. Mendapatkan Nilai Yang Bagus

Syarat masuk jurusan sastra Jepang yang pertama adalah memperoleh nilai yang baik. Yang namanya masuk ke pendidikan formal kamu harus memiliki kompetensi yang baik yang dibuktikan dengan perolehan nilai yang baik pula.

Syarat untuk memperoleh nilai yang baik tentunya bukan hanya menjadi syarat masuk jurusan sastra Jepang , namun semua jurusan juga berlaku demikian. Jika kamu berharap diterima di jurusan sastra Jepang dari jalur undangan, maka tentunya kamu harus memiliki nilai yang baik di tingkat sekolah menengah atas. Namun jika kamu berencana untuk masuk ke jurusan sastra Jepang melalui jalur ujian masuk maka kamu harus lulus ujian dengan nilai yang bagus pula.

  1. Lolos Melewati Seleksi Kampus

Syarat masuk jurusan sastra Jepang yang berikutnya tentunya adalah lolos melewati seleksi yang diterapkan pada perguruan tinggi yang ingin kamu tuju. Kamu bisa memilih mengikuti jalur undangan dengan mengirimkan nilai-nilai yang telah kamu capai semasa sekolah menengah atas ataupun dapat mengikuti jalur ujian yang biasanya diterapkan secara nasional maupun dari kampus itu sendiri.

Jadi harus kamu siapkan dengan matangnya agar bisa diterima di jurusan sastra Jepang.

  1. Memahami Secara Dasar Huruf Dalam Bahasa Jepang

Syarat masuk jurusan sastra Jepang yang satu ini mungkin bukan merupakan syarat mutlak dan ataupun formal. Akan tetapi jika kamu sudah memahami lebih awal dasar-dasar huruf dalam bahasa Jepang akan memberikanmu kemudahan dalam proses belajar nantinya.

Minimal kamu harus sudah akrab dengan huruf-huruf bahasa Jepang yang terdiri dari Hiragana, katakana, dan kanji. Hal itu karena yang namanya menimba ilmu di jurusan sastra Jepang, kamu pasti akan sering berhadapan dengan tulisan-tulisan dalam bahasa Jepang langsung. Jadi memahami huruf dalam bahasa Jepang wajib banget sebagai salah satu syarat masuk jurusan sastra Jepang.

  1. Tertarik Dengan Sejarah dan Kebudayaan Jepang

Syarat masuk jursan sastra Jepang yang satu ini berkaitan dengan ketertarikan dan minat kamu terhadap sesuatu yang berkaitan dengan jurusan sastra Jepang. Buat kamu yang belum tahu, selain akan mempelajari tentang bahasa Jepang dan tulisan Jepang, kamu juga akan banyak mempelajari sejarah, kebudayaan bahkan kebiasaan masyarakan Jepang.

Dengan sudah memilki modal rasa ketertarikan untuk mempelajari sejarah serta kebudayaan Jepang akan mendukung proses belajar nantinya secara internal diri kamu sendiri. Karena jika kamu menyukai sesuatu untuk dipelajari, biasanya sesuatu tersebut akan lebih mudah menyerap ke kepala kamu daripada kamu tidak memiliki rasa ketertarikan sama sekali.

  1. Harus Siap Yang Namanya Menghafal

Syarat masuk jurusan sastra Jepang yang satu ini termasuk ke syarat gaya belajar kamu nantinya. Nggak Cuma jurusan sastra Jepang jurusan sastra lainnya memang terkenal dengan daya ingat mahasiswanya yang bagus. Hal itu bisa terjadi karena mereka dituntut untuk mampu menghafal banyak jenis huruf serta susunan kalimat saat belajar di jurusan.

Jika kamu malas-malasan dan kurang akrab dengan yang namanya menghafal siap-siap aja nilaimu tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Apalagi jika sudah mau mendekati ujian karena salah sedikit saja pada pola kalimat saat menjawab suatu soal ujian maka jawabannya secara otomatis akan salah juga. Mau nggak mau kamu harus berhadapan sama yang namanya hafalan.

 

Wah ternyata cukup menantang juga ya syarat masuk jurusan sastra Jepang. Apa kamu tetap tertarik untuk kuliah di jurusan sastra Jepang?, semoga dimudahkan ya.

Buat kamu yang masih ragu atau belum waktunya kuliah, coba aja dulu belajar bahasa Jepang supaya lebih akrab dengan bahasa Jepang nantinya saat kuliah di jurusan sastra Jepang. Kalau urusan belajar bahasa Jepang kamu nggak perlu khawatir dan pusing bagaimana memulainya dan mau belajar bahasa Jepang di mana.

Sekarang kan udah ada program belajar bahasa Jepang yang namanya Pongo Exclusive. Masak hari gini belum tau yang namanya Pongo Exclusive.

Pongo Exclusive adalah program belajar bahasa Jepang yang anti ribet dan anti mahal yang sangat membantu kamu dalam menguasai bahasa Jepang bahkan 10x lebih cepat dai biasanya.

 

Ingin Mengenal Jurusan Sastra Jepang Lebih Dekat?, Berikut 3 Fakta Jurusan Sastra Jepang Yang Harus Kamu Ketahui
5 Kampus Dengan Jurusan Sastra Jepang Terbaik Di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *