jurusan sastra jepang

Sekarang ini untuk belajar bahasa Jepang tidaklah sulit, kamu dapat belajar di tempat kursus belajar bahasa Jepang yang sudah banyak bertebaran, atau belajar bahasa Jepang secara otodidak baik melalui buku maupun belajar bahasa Jepang melalui internet.

Bahkan bukan hanya itu saja, buat kamu yang ingin belajar bahasa Jepang melalui Pendidikan formal sekarang sudah ada lho beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang di dalamnya terdapat jurusan sastra Jepang.

Mungkin kamu baru mendengarnya atau belum mengenal jurusan sastra Jepang bukan?. Jurusan sastra Jepang hadir buat kamu yang memiliki minat yang sangat tinggi terhadap bahasa dan kebudayaan Jepang.

Sama halnya dengan jurusan sastra bahasa lainnya, jurusan sastra Jepang juga akan menuntut para mahasiswanya untuk mempelajari isi, keaslian teks, keindahan, serta ciri keindahan yang ada di dalam suatu teks. Bukan hanya itu saja, dalam jurusan sastra Jepang kamu akan banyak mempelajari tentang kebudayaan dan sejarah Jepang yang seru untuk diikuti.

Penasaran untuk mengenal lebih dalam tentang jurusan sastra Jepang ? Berikut 3 fakta jurusan sastra Jepang yang wajib kamu ketahui (siapa tahu habis baca artikel ini kamu jadi tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan sastra Jepang).

  1. Mata Kuliah Yang Dipelajari Di Kampus

Pasti yang mulai bikin penasara mengenai fakta jurusan sastra Jepang adalah mengenai apa aja yang akan kamu pelajari di jurusan sastra Jepang. Well kita akan bahasa mata kuliah yang menjadi intinya saja.

Yang pertama kamu harus pelajari pada jurusan sastra Jepang tentunya adalah mata kuliah bahasa Jepang. Tentu ini adalah hal yang sangat fundamental apalagi output yang diharapkan dari jurusan sastra Jepang adalah sastrawan Jepang. Setidaknya kamu akan menemukan tiga bagian dalam belajar bahasa Jepang di jurusan sastra Jepang, yaitu tata bahasa atau biasa yang disebut dengan bunpou, mendengar atau biasa dengan coukai, dan yang terakhir adalah kemampuan berbicara atau percakapan yang biasa disebut dengan Kaiwa.

Mata kuliah selanjutnya yang akan kamu pelajari adalah sejarah dan kebudayaan Jepang. Di mata kuliah ini kamu akan belajar kebudayaan Jepang dan sejarahnya mulai dari pakaian adatnya, kuliner, hasil kesenian, maupun kegiatan tradisi. Di mata kuliah ini kamu juga akan mengulas lebih dalam sejarah negeri sakura tersebut.

Ada pun mata kuliah selanjutnya di jurusan sastra Jepang adalah membaca dan menulis. Di mata kuliah ini biasanya kamu akan belajar materi yang bernama dokkai atau pemahaman bacaan, jadi selain membaca dan menulis kamu juga harus mampu memahami tulisan dalam bahasa Jepang dengan baik.

Nah ada satu mata kuliah ini yang akan kamu pelajari dalam jurusan sastra Jepang yang bernama Fukhushu. Mata kuliah ini terbilang unik karena kamu tidak akan mempelajari konsentrasi keilmuan tertentu karena isi dari mata kuliah ini adalah pengulangan dari materi-materi yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Mata kuliah yang terakhir adalah penerjemahan, kamu pasti sudah tahu lah apa yang akan dipelajari pada mata kuliah yang satu ini.

  1. Kamu Akan Menilai Negara Jepang Secara Objektif

Nah fakta jurusan sastra Jepang yang berikutnya adalah jika kamu belajar di jurusan ini, kamu akan menilai negeri matahari terbit tersebut secara objektif. Hal ini memang sangat memungkinkan karena di jurusan sastra Jepang kamu bukan hanya akan belajar bahasa Jepang, namun juga sekalian mempelajari sejarah, kebudayaan hingga kebiasaan masyarakat Jepang akan kamu pelajari.

Dengan mempelajari banyak hal tentang Jepang dengan dalam, kamu jadi lebih objektif dalam menilai negara Jepang yang walaupun sebagai negara maju, Jepang juga memiliki banyak kekurangan sama halnya dengan negara lain.

Dengan begitu sebagai mahasiswa jurusan sastra Jepang kamu juga dituntut meneladani segala sisi positif dari negara tersebut sekaligus mengkritisi sisi negatifnya. Mungkin kamu yang masih fanatik banget sama kebudayaan Jepang akan cocok dengan fakta jurusan sastra Jepang yang satu ini.

  1. Isinya Nggak Semuanya Wibu

Yang menarik dan menjadi fakta jurusan sastra Jepang selanjutnya adalah tidak semua mahasiswa jurusan sastra Jepang adalah seorang wibu. Iya memang mungkin kamu jika sudah menjadi mahasiswa di jurusan sastra Jepang akan mendapatkan sapaan dari anak jurusan lain seperti “Weh ada anak jurusan wibu nih” dan semisalnya.

Faktanya tidak semua mahasiswa jurusan sastra Jepang adalah seorang wibu. Wibu sendiri adalah sebutan untuk orang yang sangat terobsesi hingga fanatic terhadap kebudayaan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Jepang dan kebudayaannya.

Yang harus kamu ketahui adalah seseorang masuk ke jurusan sastra Jepang memilki banyak alasan yang berbeda-beda, bisa jadi karena ingin mempelajari bahasa Jepang, ingin bekerja di jepan, atau bahkan karena tidak diterima di jurusan lainnya,

 

Gimana, apa kamu semakin tertarik atau malah enggan untuk kuliah di jurusan sastra Jepang?. Nah jika kamu masih ragu kamu bisa mencoba belajar bahasa Jepang terlebih dahulu di program belajar bahasa Jepang nomor satu di Indonesia yaitu Pongo Exclusive.

Di Pongo Exclusive kamu akan belajar bahasa Jepang secara mendalam dengan materi dan metode yang sangat bagus. Cocok buat kamu yang masih ragu untuk kuliah di jurusan sastra Jepang dan tetap ingin belajar bahasa Jepang karena harganya juga murah kok.

 

Cara Yang Tepat Dalam Memulai Belajar Bahasa Jepang Otodidak
Ingin Masuk Jurusan Sastra Jepang ?. Ketahui Dulu Syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *