belajar bahasa jepang otodidak

Dengan berkembang teknologi informasi seperti sekarang ini belajar dan mengetahui sesuatu tidaklah sesulit seperti zaman dahulu. Begitu juga dengan belajar bahasa Jepang, ada banyak cara belajar bahasa Jepang otodidak maupun tidak secara otodidak.

Secara otodidak kamu misalnya bias belajar melalui menonton anime, mendengarkan music Jepang, ataupun mengunjungi website yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang secara gratis.

Bukan Cuma belajar bahasa Jepang secara otodidak, dengan perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini kamu juga dapat belajar bahasa Jepang dengan mengikuti kelas online belajar bahasa Jepang seperti Pongo Exclusive.

Tapi yang namanya belajar bahasa Jepang secara otodidak kamu akan “membimbing” diri kamu sendiri sehingga harus mencari tahu sendiri langkah-langkah ataupun cara belajar bahasa Jepang otodidak yang paling efektif.

Biar kamu nggak bingung gimana cara belajar bahasa Jepang otodidak yang tepat berikut kami kasih 5 cara belajar bahasa Jepang otodidak paling efektif. Tenang, cara- cara belajar bahasa Jepang otodidak berikut ini sangat dianjurkan buat pemula yang baru mulai belajar bahasa Jepang

  1. Cari Sumber Belajar Yang Tepat dan Sesuai Dengan Kamu

Yang namanya belajar tentu harus merujuk pada suatu sumber. Maka dari itu cara belajar bahasa Jepang otodidak yang pertama ialah mencari dan memilih sumber belajar yang paling tepat dan sesuai dengan gaya belajar kamu.

Misalnya kamu adalah tipe yang biasa belajar sesuatu dari membaca, maka kamu harus menemukan website ataupun blog yang cocok buat kamu untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya website kamu juga bias mencari referensi dari buku maupun e-book belajar bahasa Jepang yang banyak bertebaran di Internet yang bisa kamu download secara gratis maupun berbayar.

Tapi jika kamu merasa membaca masih belum cukup, atau kamu tipe orang yang lebih suka mendengar dan melihar, maka kamu dapat belajar bahasa Jepang dengan meida audio visual denga  melihat video-video belajar bahasa Jepang yang banyak bertebaran di YouTube.

Jangan hanya puas pada satu sumber, dengan luasnya jangkauan informasi seperti sekarang sepertinya kamu akan banyak menjumpai sumber belajar bahasa Jepang yang menarik untuk diikuti.

  1. Belajar Secara Rutin Walau Hanya Sebentar

Kunci dari belajar agar terus menempel di kepala kita adalah rutin melakukannya setiap hari tidak terkecuali dalam belajar bahasa Jepang. Berebeda jika kamu belajar bahasa Jepang dengan pembimbing, kamu biasanya akan diberikan jadwal belajar rutin. Namun jika kamu belajar bahasa Jepang otodidak kamu harus menemukan sendiri waktu yang pas buat kamu belajar bahasa Jepang.

Usahakan agar kamu alokasikan waktu setiap hari walaupun hanya sebentar, hal ini sangat penting agar materi yang telah kamu pelajari tidak mudah kamu lupakan.

  1. Jangan Lupa Mencatat Hal-hal Yang Penting

Ada sebuah perkataan dari tokoh ulama islam yang bernama imam Syafi’I yang mengatakan bahwa ilmu ibarat hewan buruan, maka ikatlah buruan tersebut dengan tulisan. Menulis hal-hal apa saja yang penting adalah salah satu cara belajar bahasa Jepang otodidak yang tidak boleh kamu anggap sepele.

Jika kamu belajar bahasa Jepang otodidak kamu tidak mengetahui hal-hal apa yang harus kamu fokuskan karena tidak ada yang membimbingmu. Maka cara terbaik adalah dengan mencatatnya di buku catatan.

Ketika kamu mencatat apa yang kamu lihat di blog maupun apa yang kamu dengar di YouTube juga akan membuat kamu lebih aktif dalam belajar bahasa Jepang sehingga akan lebih kuat menempel diingatanmu.

  1. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Yang Ada Di Smartphone

Smartphone mungkin sudah menjadi benda yang selalu melekat dengan kita. Untuk itu tidak ada salahnya kamu coba download beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang baik yang tersedia di PlayStore unttuk android maupun AppStore untuk iPhone.

Di sana kamu akan menemukan banyak pilihan aplikasi belajar bahasa Jepang baik yang gratis maupun berbayar yang bisa menemani kamu belajar bahasa Jepang.

Karena smartphone selalu kamu bawa kemana-mana, maka akan sangat cocok untuk untuk kamu yang sering melakukan kegiatan di luar atau memiliki waktu yang cukup sempit.

  1. Jangan Bosa Praktek

Nggak mungkinkan kamu belajar bahasa Jepang hanya sekedar iseng dan kamu simpan di dalam kepalamu saja?, pasti tujuan kamu belajar bahasa Jepang agar bisa lancar ngomong Jepang ataupun menulis huruf-huruf Jepang.

Karena belajar  bahasa Jepang otodidak tidak ditemani oleh guru pembimbing maka kamu harus lebih aktif lagi dalam mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari. Cobalah untuk terus praktik menulis kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang tanpa harus melihat panduan penulisan hurufnya.

Tidak lupa pula untuk praktik berbicara bahasa Jepang dengan mencari teman yang juga sama-sama ingin belajar bahasa Jepang. Jangan lupa untuk minta koreksi dari teman kamu.

 

Ternyata cara belajar bahasa Jepang otodidak tidak sulit bukan?. Namun alangkah jauh lebih baiknya kamu belajar bahasa Jepang yang sudah terprogram bersama pembimbing yang kompeten.

Di mana lagi kalua bukan di Pongo Exclusive. Belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive kamu nggak usah khawatir ribet dan mahal, karena kamu bisa belajar bahasa Jepang hanya bermodalkan smartphone kamu ditambah biaya tidak bikin kantong menjerit.

4 Wisata Di Jepang Saat Musim Dingin Yang Sayang Buat Dilewatkan
Cara Yang Tepat Dalam Memulai Belajar Bahasa Jepang Otodidak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *