belajar bahasa jepang otodidak

Belajar bahasa Jepang secara otodidak bukanlah hal yang mudah, hal yang menjadi tantangan pertama adalah bagaimana memulai belajar bahasa Jepang otodidak.

Berbeda dengan belajar bahasa Jepang dengan mengikuti kursus atau kelas khusus, jika kamu belajar bahasa Jepang otodidak kamu harus mampu menumbuhkan motivasi dan konsistensi secara mandiri,

Namun bukan berarti belajar bahasa Jepang otodidak adalah hal yang mustahil. Jika kamu tahu bagaiamana cara memulai belajar bahasa Jepang otodidak dan terus konsisten belajar bukan tidak mungkin kamu mampu menguasai bahasa Jepang dengan cepat.

Untuk itu berikut kamu kasih tahu ke kamu cara yang tepat dalam memulai belajar bahasa Jepang.

  1. Buat Dirimu Jatuh Cinta Dengan Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang otodidak berarti kamu membangun sendiri motivasi dari dalam diri kamu untuk mau belajar bahasa Jepang. Cara terbaik membangun motivasi tersebut tentunya dengan menyukai seseuatu yang ingin kamu lakukan dalam kasus ini belajar bahasa Jepang.

Untuk itu cara yang tepat dalam memulai belajar bahasa Jepang otodidak yang pertama adalah menumbukan rasa suka ke bahasa Jepang.

Jika kita mencintai suatu kegiatan pasti kita akan sepenuh hati dalam melakukannya dan efek positifnya kegiatan yang kamu lakukan dan hasil yang diharapkan menjadi jauh lebih maksimal daripada jika kamu tidak menyukai hal tersebut. Misalnya saat di Sekolah kamu membenci pelajaran matematika, akhirnya pas jam pelajaran matematika kamu malas-malasan untuk belajar, yakin deh nilai ulangan matematika kamu pasti nggak bagus-bagus amat hehehe.

Sama halnya dengan belajar bahasa Jepang otodidak, jika kamu mampu menumbuhkan rasa ketertarikanmu dengan bahasa Jepang, sesulit apapun akan kamu pelajar bahasa Jepang dan kamu akan memperoleh hasil yang kamu harapkan tentunya.

  1. Belajar Huruf Kana

Seperti yang kita ketahui huruf dalam bahasa Jepang ada beberapa jenis, yaitu hiragana, katakana, kanji, dan romaji. Namun ketika kamu ingin memulai belajar bahasa Jepang otodidak hal yang pertama harus kamu lakukan adalah belajar dasar system penulisan bahasa Jepang yaitu kana yang terdiri dari Hiragana dan Katakana.

Petama cobalah untuk melatih diri kamu dengan huruf hiragana yang jumlahnya terdapat 46 buah. Setelah berhasil menguasai hiragana dengan baik, hal selanjutnya tentunya mempelajari katakana. Karena sebelumnya kamu berhasil menguasai hiragana, seharusnya katakana tidak menjadi masalah yang serius buat kamu pelajari karena katakana memiliki banyak kemiripan dengan hiragana.

Untuk semakin memperkuat ingatan kamu tentang kana, jangan lupa untuk untuk berlatih menulis dan membaca kosakata dalam bentuk bahasa Jepang, selain itu tentunya ini bermanfaat dalam menambah kosakata yang kamu hafal.

  1. Melatih Melafalkan Bahasa Jepang

Cara memulai belajar bahasa Jepang otodidak yang berikutnya adalah berlatih untuk membiasakan lidahmu dengan kata-kata dalam bahasa Jepang.

Ketika kamu berbicara dalam bahasa Jepang, kamu perlu mencari tahu karakter dalam huruf, seperti vokal panjang atau konsonan ganda. Karena kamu telah belajar menulis dan membaca huruf Jepang (langkah sebelumnya), seharusnya hal itu  membuat belajar pengucapan akan lebih efektif.

Melatih pelafalan bahasa Jepang juga sangat membantu kamu untuk lebih akrab dan terbiasa dengan bahasa Jepang.

  1. Memahami Susunan Kalimat Atau Tata Bahasa

Belajar susunan kalimat atau tata bahasa adalah hal yang mutlak jika kamu mempelajari suatu bahasa tidak terkecuali dengan belajar bahasa Jepang. Untuk itu ini adalah langkah selanjutnya yang sangat tepat dalam memulai belajar bahasa Jepang otodidak.

Dengan mempelajari susunan kalimat kamu jadi mengetahui bagaimana membuat kalimat yang benar dalam bahasa Jepang dari kombinasi beberapa huruf dalam bahasa Jepang.

Susunan kalimat dalam bahasa Jepang sendiri cukup mudah untuk dipelajari karena sifatnya yang lebih fleksibel. Tidak seperti bahasa inggris, dalam bahasa Jepang kamu tidak akan menemukan perbedaan bentuk tunggal dan bentuk jamak dalam kata benda. Selain bentuk jumlahnya, dalam bahasa Jepang pun tidak mengenal perbedaan pada gender.

  1. Belajar Kanji

Yang terakhir dalam memulai belajar bahasa Jepang adalah mempelajari kanji. Belajar kanji merupakan hal yang cukup sulit dan melelahkan dalam belajar bahasa Jepang karena setidaknya ada 2000 sampai 3000 kanji yang umumnya digunakan oleh orang-orang Jepang dan sudah dipelajari oleh mereka bahkan sejak sekolah dasar hingga SMA, sedangkan kamu baru akan memulai mempelajarinya saat sudah dewasa.

Namun kamu jangan khawatir kanji dalam bahasa Jepang memiliki beberapa tingkatan yang dijadikan acuan dalam ujian JLPT yaitu level N1 sampai N5. Level N5 merupakan level termudah yang bisa kamu lakukan dalam memulai belajar bahasa Jepang otodidak. Hal ini tentu sangat membantu dalam menentukan target kamu dalam belajar bahasa Jepang.

 

Ternyata tidak terlalu sulitkan untuk memulai belajar bahasa Jepang otodidak , dengan kemauan yang tinggi dan disertai semangat belajar bahasa Jepang yang konsisten kamu pasti bisa belajar bahasa Jepang dan menguasainya dengan baik.

Jika kamu sudah merasa cukup yakin dengan belajar bahasa Jepang secara otodidak , tidak ada salahnya kamu mencoba mengikuti program belajar bahasa Jepang untuk mempercepat progress kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Kebetulan sekarang ada program belajar bahasa Jepang yang murah meriah yang anti ribet. Namanya Pongo Exclusive. Dengan belajar bahasa Jepang di Pongo Exclusive, kamu bisa belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat.

5 Cara Belajar Bahasa Jepang Otodidak Paling Efektif
Ingin Mengenal Jurusan Sastra Jepang Lebih Dekat?, Berikut 3 Fakta Jurusan Sastra Jepang Yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *