belajar bahasa jepang Buat kamu yang sudah pernah atau sedang belajar bahasa Jepang pasti tahu bahwa bahasa Jepang memiliki lebih dari satu jenis huruf. Jika kamu belajar bahasa Jepang setidaknya kamu akan belajar kosakata bahasa Jepang hiragana, katakana dan kanji. Wah ternyata ribet juga ya belajar bahasa Jepang. Eh jangan bilang ribet dulu, belajar bahasa Jepang itu mudah kok. Asal kamu tahu tips dan trik nya insya Allah kamu pasti bisa belajar bahasa Jepang dengan cepat. Salah satu tips dan trik yang harus kamu ketahui ketika belajar bahasa Jepang adalah bagaimana dalam menghafal kosakata-kosakata dalam bahasa Jepang. Nah mengingat bahasa Jepang terdiri lebih dari satu jenis huruf maka kali ini kita akan membahas bagaimana belajar kosakata bahasa Jepang Hiragana dan Katakana. Buat yang kamu yang belum tahu, hiragana dan kataka sendiri meurpakan symbol berbentuk yang setiap hurufnya mewakili sebuah suku kata, nah sedangkan Kanji sendiri merupakan ideogram yang berguna untuk menjelaskan makna dari suatu kata atau kalimat. Kamu juga bisa melihat artikel kami seputar tips bagaimana cara menghafal dan belajar Kanji dengan mudah.
  1. Mulailah Belajar Membaca Terlebih Dahulu Jangan Langsung Menulis!
Tips belajar kosakata bahasa Jepang Hiragana dan Kitakana yang pertama adalah jangan memulai belajar kosakata Hiragana dan Katakana dengan langsung menulis. Mengapa kamu harus memisahkan dahulu antara belajar membaca dan menulis dan mendahulukan belajar membaca dahlau?. Hal ini bertujuan agar kamu mulai terbiasa lebih dahulu dengan kosakata bahasa Jepang hiragana dan katakana. Ditambah jika kamu langsung belajar menulis, kamu akan kesulitan sendiri membaca tulisanmu yang tentunya akan jauh dari kata rapi di permulaan, namun berbeda ceritanya jika kamu sudah lebih akrab dengan huruf-huruf hiragana dan katakana terlebih dahulu. Kekurangan lainnya bagi seorang pemula yang baru belajar bahasa Jepang akan terasa berat jika belajar menulis dan menghafal kosakata hiragana dan katakana secara bersamaan.
  1. Ikuti Aturan Coretan Penulisan Hiragana dan Katakana
Jika kamu belajar kosakata Jepang hiragana dan katakana kamu akan mengetahui bahwa dalam penulisannya terdapat aturan arah coretannya. Contohnya saat akan membuat garis vertikal kamu harus menulisnya dari atas kebawah dan jika menulis garis horizontal harus memulainya dari kiri ke kanan. Pokoknya jangan suka menulis huruf-huruf hiragana dan katakana dengan suka-suka kamu seperti halnya menggambar. Jika kamu sembarangan dalam menulis huruf-huruf hiragana dan katakana maka kamu akan mengalami kesulitan sendiri nantinya saat belajar kanji yang notabene lebih sulit dari belajar hiragana dan katakana. Jadi intinya aturan ini justru dibuat untuk memudahkan kamu dalam belajar bahasa Jepang khususnya saat belajar kanji nantinya.
  1. Tulis Dengan Tangan Di Atas Kertas
Dengan kemajuan teknologi seperti ini seharus belajar bahasa Jepang akan lebih mudah termasuk belajar kosakata bahasa jepang hiragana dan katakana. Namun adalah kesalahan jika kamu belajar menulis huruf-huruf bahasa Jepang di computer atau gadget lainnya khususnya untuk kamu yang masih pemula dalam belajar bahasa Jepang. Bagi yang masih pemula belajar kosakata bahasa Jepang hiragana dan katakana menulis langsung di atas kertas menggunakan pensil atau pena sangatlah penting. Karena dengan cara ini tanpa kamu sadari kamu juga menyalin bentuk-bentuk huruf itu ke dalam otak secara langsung, atau dengan kata lain akan lebih cepat lengket ke kepala kamu jika langsung menulisnya dengan cara tradisional.
  1. Terapkan Hiragana dan Katakana yang Sudah Kamu Pelajari
Banyak orang yang bilang agar suatu ilmu dapat lengket kuat di kepala salah satu caranya adalah dengan cara mempraktikannya langsung apa yang telah dipelajari. Hal ini juga berlaku dalam belajar bahasa Jepang termasuk belajar kosakata bahasa Jepang hiragana dan Katakana. Jika kamu sudah selesau menghafal suatu huruf Hiragana dan Katakana langsung mulai kamu praktikan dan jangan menunda-nunda agar tidak lupa. Kamu bisa mulai mempraktikannya dengan menulis sebuah kosakata yang menurut kamu menarik agar tercipta motivasi untuk menulis kosakata-kosakata tersebut.
  1. Coba Latihan Menulis Tanpa Melihat Contoh Hurufnya
Jika kamu sudah cukup merasa yakin dan mulai menguasai hiragana dan katakana cobala untuk mulai latihan menulis huruf-huruf hiragana dan katakana tanpa melihat contohnya. Selain dapat melatih kemampuan menulis huruf-huruf hiragana dan katakana dengan baik, hal ini juga sangat berguna untuk semakin mengasah ingatan kamu dari apa yang sudah dipelajari. Jika sudah kamu coba untuk menulis contoh kata atau kalimat dengan menggunakan hiragana dan katakana tanpa melihat, sekarang coba kamu cocokkan dan koreksi hasil tulisan kamu dengan contoh hurufnya. Kamu juga bisa meminta koreksi hasil tulisan kamu itu kepada orang sudah ahli dan menguasai bahasa Jepang dengan baik dan benar.   Gimana nggak terlalu sulitkan buat belajar kosakata bahasa Jepang hiragana dan katakana?. Asal kamu tahu tips dan triks nya pasti bisa. Selain itu wajib banget kamu ikut program belajar bahasa Jepang agar kamu belajar lebih terstruktur mendapat bimbingan langsung oleh yang berpengalaman. Kalau gitu aku saranin program belajar bahasa Jepang yang dijamin ampuh untuk belajar bahasa Jepang 10x lebih cepat dari biasanya. Nama programnya adalah Pongo Excluisve. Kamu akan diajari oleh pembimbing yang berkompeten dengan materi dan metode yang ampuh di Pongo Exclusive.        
5 Tips Menghafal dan Belajar Kosakata Bahasa Jepang Dengan Cepat
7 Website Belajar Bahasa Jepang Gratis Namun Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *