belajar bahasa jepang Apa kamu sedang dalam proses belajar bahasa Jepang?. Bagaimana proses yang kamu alami dalam belajar bahasa Jepang?, pasti ada enaknya dan ada nggak enaknya kan. Belajar bahasa Jepang memang memiliki tantangan tersendiri untuk dipelajari, hal itu karena bahasa Jepang tidak menggunakan huruf latin seperti bahasa inggris ataupun bahasa Indonesia melainkan menggunakan jenis tulisannya sendiri. Bahkan jika kamu belajar bahasa Jepang, setidaknya kamu akan belajar tiga jenis huruf. Huruf itu antara lain huruf Hiragana, Katakana, dan huruf Kanji. Dari huruf-huruf tersebut tentunya akan ada kosakata bahasa Jepang yang harus kamu pelajari dan hafal. Tapi banyak orang yang terkendala dalam menghafal dan belajar kosakata bahasa Jepang dan memilih menyerah untuk belajar bahasa Jepang. Padahal sayang banget kalau kamu sampai berhenti belajar bahasa Jepang hanya karena merasa sulit dalam menghafal dan belajar kosakata bahasa Jepang. Yang kamu perlukan adalah cara dan motode yang tepat dalam menghafal kosakata bahasa Jepang agar kamu dapa lebih cepat menguasai bahasa Jepang. Untuk itu berikut kami berikan tips menghafal dan belajar bahasa Jepang dengan cepat.
  1. Buat Kalimat Dari Kata Yang Baru Dipelajari
Tips menghafal dan belajar kosakata bahasa Jepang yang pertama kamu bisa berlatih dengan menciptakan contoh kalimat dari kata baru yang telah kamu pelajari, atau paling tidak kamu bisa menambahkan kata yang baru kamu pelajari tersebut pada suatu kalimat. Contohnya kamu sedang belajar bahasa Jepang atau iseng-iseng membaca sebuah buku atua artikel dalam bahasa Jepang, kamu menemukan suatu kata yang kamu belum ketahui artinya sama sekali. Selanjutnya kamu bisa cari arti dari kata tersebut dari dalam kamus, lalu kamu buat atau karang suatu kalimat dengan kata yang baru kamu ketahui. Jangan lupa juga untuk minta dikoreksi dengan orang yang lebih mahir bahasa Jepang apakah susunan kalimat dan penggunaan kata tersebut dalam kalimat kamu sudah tepat atau belum. Dengan cara ini akan lebih efektif dalam mengingat kata yang baru kamu pelajari, ditambah kamu akan belajar kapan dan di kondisi seperti apa kata tersebut dapat digunakan.
  1. Belajar Antonim, Sinonim Serta Kaitannya Dengan Kata Lainnya
Tips menghafal dan belajar kosakata bahasa Jepang yang kedua adalah setalah kamu menemukan kata yang baru kamu pahami dan ketahui artinya, kamu cari juga lawan kata, kata lainnya yang memiliki arti yang sama serta kata-kata yang berkaitan dengan kata tersebut. Tujuannya adalah selain untuk menguatkan ingatan kamu tentang kata tersebut, kamu dapat mendapatkan kata-kata baru sekaligus dalam perbendaharaan kosakata bahasa Jepang kamu. Mengapa hal ini sangat membantu?. Misalnya saat kamu lupa akan suatu kata, lalu yang kamu ingat adalah sinonimnya atau antonimnya maka otak kamu akan berfikir apa dari kata yang sedang kamu hafal.
  1. Pelajari Variasi Grammatical dari Kata Tersebut
Sama halnya ketika kamu belajar bahasa inggris. Dalam belajar bahasa Jepang biasanya kamu juga akan menemukan bahwa sebuah kata biasanya bukan hanya terdiri dari satu bentuk kata. Misalnya ketika kamu mempelajari sebuah kata kerja dalam bentuk aktifnya, maka kamu bisa cari juga bentuk pasifnya, kata sifatnya, kata bendanya dan beberapa variasi kosakata lainnya. Misalnya dalam kata  話/話し : hanashi : cerita, memiliki variasi antara lain 話し合う : hanashiau : saling berbicara、話せる : hanaseru : bisa berbicara、話される : hanasareru : dibicarakan、話させる.
  1. Bawa Selalu Catatan Kemana Pun Kamu Pergi
Adapun tips belajar kosakata bahasa Jepang yang keempat ini adalah kamu harus membuat kebiasaan baru dengan selalu membawa buku catatan kemanapun kamu pergi. Kalau kamu merasa ribet harus bawa buku kemana-kemana, tenang saja kan jaman sekarang sudah ada yang namanya smartphone. Pasti kemana pun kamu pergi selalu bawa smartphone. Setiap kali kamu menemukan kosakata baru yang menurut kamu itu penting kamu bisa cata kata-kata tersebut di smartphone. Setelah kamu ada waktu baru deh kamu pelajari kata-kata tersebut. Mudah bukan?.
  1. Gunakan Flash Card
Tips belajar kosakata bahasa Jepang yang terakhir ini denaan memanfaatkan penggunaan flash card. Metode flash memang sangat popular digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia yang ingin belajar bahasa asing. Caranya cukup buat beberapa kartu, dan kamu tulis kata-kata yang ingin kamu hafal dan pelajari. Buat kategori dari kartu-kartu tersebut berdasarkan temanya, misalkan tentang tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Jika kamu malas membuat flash card sendiri program belajar bahasa Jepang yang bernama Pongo Exclusive menyediakan item flash card dalam paketnya lho. Setiap kamu mengikuti program belajar bahasa Jepang Pongo Exclusive di dalamnya sudah terdapat paket flash card yang bernama N5 Easy Flash Card.  
Fakta Budaya Kerja Di Jepang Yang Bernama 5S
5 Tips Belajar Kosakata Bahasa Jepang Hiragana dan Katakana: Belajar Bahasa Jepang Anti Gagal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *